Cara Membuat Baglog Jamur Tiram

baglog jamur tiram

Seperti yang telah kami bahas pada artikel sebelumnya mengenai budidaya jamur tiram. Dalam tahap  budidaya jamur tiram tentunya mempersiapkan baglog yang baik adalah kewajiban. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat baglog jamur tiram sederhana yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

Sebenarnya jika anda tidak ingin repot membuat baglog jamur anda dapat membelinya pada penyedia baglog jamur. Namun jika anda membeli tentunya anda tidak bisa mendapatkan kualitas baglog sesuai yang anda inginkan, selain itu membeli baglog tentunya akan lebih mahal daripada anda membuatnya sendiri.

Baglog merupakan media yang digunakan untuk tumbuh jamur tiram, tanpa adanya baglog tentunya mustahil untuk melakukan budidaya jamur tiram. Bahan utama pembuatan baglog ini adalah serbuk gergaji dengan campuran bahan lainnya.

Cara Membuat Baglog Jamur

Persiapan Bahan

Jumlah bahan menggunakan perbandingan 100Kg untuk serbuk gergaji

  1. Serbuk Gergaji (100Kg)
    Dalam memilih serbuk gergaji tentunya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Yang pertama pilihlah serbuk gergaji dari kayu yang mudah hancur, hal tersebut dilakukan agar miselium dapat merambat cepat. Yang kedua pilihlah serbuk gergaji yang bersih, artinya bebas dari kotoran seperti oli, minyak dan sampah bekas gergajian lainnya. Dan yang terakhir hindari serbuk gergaji dari kayu yang memilki banyak getah. Intinya anda harus pandai memilih serbuk kayu yang akan anda gunakan sebagai baglog.
  2. Tepung Jagung (2 Kg)
  3. Bekatul (20Kg)
  4. Kapur Bangunan (2 Kg)
  5. Air ( -+ 70% )

Campur Bahan

Campurkan serbuk gergaji, tepung, bekatul dan kapur hingga merata pastikan serbuk gergaji dalam keadaan bersih tidak ada potongan kayu. Hal tersebut perlu diperhatikan karena banyak terjadi plastik pembungkus sobek karena tertusuk potongan kayu.

Setelah semua tercampur rata campurkan bahan tersebut dengan air secara merata, pastikan air merasuk merata. Bagaimana ukuran airnya? Jika anda genggam adonan dan menggumpal maka airnya sudah pas akan tetapi jika masih belum menggumpal maka perlu ditambah airnya. Ingat jangan juga kelebihan air hingga adonan menjadi benyek.

Setelah proses di atas selesai, langkah selanjutnya cukup diamkan bahan yang sudah diaduk tersebut 1 hingga 2 hari

Packing Dalam Plastik

Setelah anda mendiamkan adonan bahan selama kurang lebih dua hari maka sekarang waktunya untuk memasukkan adonan tersebut ke dalam plastik. Gunakan plastik tahan panas (plastik PP) biasanya ukuran pastik tersebut ( 18×30, 18×35, 20×30, 20x35x0,04). Kemudian padatkan adonan bahan dalam plastik tersebut menggunakan botol, atau mesin press baglog, semakin padat media akan semakin bagus.

Fermentasi

Dalam tahap ini hal yang anda lakukan hanya menunggu fermentasi hingga berjalan sempurna. Dalam tahap fermentasi media akan mengalami peningkatan suhu hinga kisaran 60 s/d 70 derajat Celcius. Proses fermentasi ini adalah proses pelapukan pada media dan juga merupakan proses pembunuhan jamur jahat yang dapat mengganggu jamur tiram anda nantinya. Proses fermentasi ini membutuhkan waktu kisaran 6 hingga 7 hari. Pastikan anda tetap melakukan kontrol setiap hari.

Sterilisasi

Tahap yang harus anda lakukan ada sterilisasi pada media tanam atau baglog anda. Proses sterilisasi ini tidak membutuhkan alat yang aneh anda cukup mengukus baglog anda pada suhu air 90 derajat celcius. Anda dapat menjadikan tong/drum sebagai pengukusnya, proses sterilisai cukup memakan wakyu yang lama yakni sekitar 7-9 jam, maka pastikan tungku anda tetap hidup. Setelah sekitar 7-9 jam anda dapat membuka tungku. Biarkan beberapa saat agar panas baglog anda berkurang hingga aman untuk anda keluarkan.

Inokulasi

Inokulasi merupakan tahapan yang paling membutuhkan konsetrasi dan ketepatan. Apabila ada kesalahan pada proses inokulasi, jamur tiram anda bisa terkontaminasi bahkan bisa tidak tumbuh sama sekali.

Apa itu Inokulasi? Inokulasi merupakan proses penanaman bibit jamur ke media tanam (baglog). Untuk meminimalisir kegagalan simak tahap-tahap inokulasi berikut.

  • Siapkan baglog atau media tanam yang sudah disterilisasi dengan suhu yang sudah dingin.
  • Siapkan ruang khusus untuk proses inokulasi, pastikan ruangan  tersebut dalam keadaan yang bersih dan steril dari polusi.
  • Siapkan alkohol.
  • Siapkan bibit jamur tiram anda

Langkah Inokulasi

  • Pastikan baglog yang akan diisi bibit jamur sudah di dalam ruangan.
  • Tutup semua pintu ruangan kemudian semprotkan alkohol ke seluruh ruangan, ini bertujuan agar ruangan menjadi steril.
  • Buka tutup baglog secukupnya kemudian masukkan bibit jamur anda ke dalam baglog. Anda dapat menggunakan sendok untuk memasukkan bibit jamur ke dalam baglog. Tentunya sendok juga yang anda gunakan harus disterilisasi dengan cara dipanaskan atau di cuci dengan alkohol.
  • usahakan bibit jamur anda tidak terecer ke lantai karena bibit jamur yang tercecer tersebut tidak bisa digunakan karena sudah tidak steril.
  • Pengisian bibit jamur dalam baglog biasanya 10gr/ Baglog.

Inkubasi

Setelah proses inokulasi selesai tahap selanjutnya adalah proses Inkubasi. Proses Inkubasi ini bertujuan untuk menumbuhkan bibit jamur pada baglog. Proses inkubasi biasanya berada dalam ruangan dengan suhu 23 s/d 28 derajat celcius dengan kelembaban 90 s/d 100% dan intensitas cahaya 500 s/d 1000 lux.

Proses inkubasi ini sedikit membutuhkan waktu yang cukup lama yakni kisaran 15 s/d 30 hari sesuai kondisi. Indikatornya adalah ketika miselium sudah tumbuh sekitar separuh baglog, anda dapat memindahkan baglog anda ke dalam kumbung jamur.

Perlu anda ketahui ada banyak jenis bibit jamur jamur tiram

  • P. Djamor warna ungu kemerahan.
  • P. Pulmonarius warna putih keabu-abuan.
  • P. Sajor-Caju warna kelabu.
  • Pleurotus Floridae berwarna putih bersih.
  • P. Eryngii berwarna kebiruan.
  • P. Euosmus berwarna kecoklatan.
  • P. Flabellatus berwarna merah jambu.
  • P. Ostreatus berwarna putih, dan putih kekuningan.
  • P. Cystidious berwarna putih, kemerahan.
  • P. Citrinopileatus berwarna kuning keemasan.

Demikian adalah cara membuat baglog jamur, memang cara membuat baglog jamur tidak semudah yang dibayangkan. Maka perlu adanya pelatihan secara langsung kepada ahlinya agar anda dapat memahami langkah dan juga hal terkait baglog jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like