Ketahui 5 Bahan Seragam Kerja Paling Banyak Direkomendasikan!

2 min read

Ketika kita bekerja di perusahaan yang besar dengan ratusan atau bahkan ribuan karyawan, biasanya akan tampak mereka mengenakan seragam khusus untuk bekerja. Bukan tanpa alasan, karena seragam itu nantinya akan memudahkan pihak security untuk identifikasi karyawan atau orang asing. Ada yang dirupakan menjadi kemeja, setelan atau wearpack sambungan. Selain itu, bahan seragam kerja pun ternyata juga ada banyak jenisnya.

Disamping menjadi identitas, seragam juga ditujukan untuk menjadi setelan yang sesuai untuk aktivitas para pekerja. Misalnya seperti setelan atau wearpack karyawan pabrik, yang biasanya disesuaikan dengan kondisi tempat kerja mereka dan mesin yang ditangani. Itulah mengapa memilih bahan seragam bukan persoalan yang mudah.

Untuk Anda yang saat ini sedang bingung menentukan bahan apa yang akan digunakan, simak 5 bahan seragam recommended di bawah ini!

Kain Drill

Kain satu ini termasuk paling sering dipakai untuk bahan seragam kerja. Karena karakternya yang nyaman dipakai untuk beragam cuaca, cocok untuk dipakai aktivitas kerja indoor maupun outdoor. Komposisi katun membuat kain ini termasuk mudah menyerap keringat. Sehingga tidak gerah meskipun dipakai saat hawa panas.

Kain drill juga terkenal kuat dan tahan lama, karenanya sangat disukai untuk dijadikan bahan baju kerja. Kekuatan itu diperoleh dari campuran polyester dalam proses pembuatan kain. Apalagi dengan asumsi benang yang dipakai juga cenderung lebih tebal seperti benang kain lain seperti Oxford.

Anda bisa menemukan beragam jenis kain drill di pasaran, seperti:

  1. Kain American Drill

Kain ini lumayan tebal dan serat kainnya juga sedang (tidak terlalu besar ataupun kecil). Beberapa merek yang banyak dikenal seperti Verlando, Unione dan Victoria.

  1. Kain Japan Drill

Sedangkan untuk kain ini relatif lebih tebal dibanding american. selain itu juga teksturnya lebih lentur, dibanding american yang cenderung kaku. Lebih banyak komposisi katun dibanding dengan polyesternya. Kain ini sangat banyak dipakai untuk bahan seragam kerja.

  1. Kain Taipan Tropical

Kain ini cukup banyak diminati karena halus dan warnanya awet. Selain itu bahannya juga nyaman dipakai dan tidak mudah kusam meskipun dipakai dalam jangka waktu yang lama. Itulah mengapa jenis ini cenderung lebih mahal di pasaran.

Kain Oxford

Kain kedua yang juga banyak direkomendasikan untuk bahan seragam adalah kain oxford. Jika dibandingkan dengan kain drill, kain ini cenderung lebih tipis dengan serat benang yang juga lebih kecil. Itulah yang membuat kain ini cenderung lebih ringan saat dibuat menjadi seragam kerja. Tapi hal itulah yang juga menjadi kelebihan kain ini karena akhirnya menjadi sejuk dan nyaman untuk dipakai beraktivitas.

Kain Kanvas

Jika dibandingkan dengan kain drill, memang kain ini cenderung lebih panas. Namun kain ini masih cukup banyak digemari sebagai bahan seragam kerja. Tentu saja jenis kanvas yang dipakai untuk kemeja, masih lebih banyak mengandung katun dibandingkan kain kanvas untuk pembuatan tas atau celana. Supaya tidak terlalu gerah saat dipakai beraktivitas di saat cuaca panas.

Kain Ripstop

Secara umum karakter kain satu ini mirip dengan kain kanvas, cukup tebal dan kuat. Jadi saat dibuat menjadi seragam kerja, akan awet untuk pemakaian jangka panjang. Tak mengherankan kain ini banyak dipakai untuk pembuatan seragam PDL dan kemeja untuk berpetualang. Perbedaannya terletak di bagian permukaan, dimana kain kanvas tidak memiliki motif, sedangkan kain ripstop memiliki motif kotak-kotak.

Kain Denim

Sebenarnya kain satu ini lebih banyak diminati untuk bahan seragam kerja yang lebih kasual. Bahan yang dipakai secara umum sama seperti kain denim yang dipakai untuk pembuatan celana, hanya saja lebih tipis. Serat kainnya lebih lentur jika dibandingkan dengan kain ripstop apalagi kain kanvas. Dengan karakter tekstur yang berbeda antara bagian dalam dengan bagian luar.

Sekarang, Anda sudah tahu 5 kain yang banyak direkomendasikan untuk bahan seragam kerja. Bahan mana yang paling tepat, tentu perlu disesuaikan lebih lanjut dengan karakter seragam kerja yang Anda butuhkan. Supaya benar-benar bisa memberikan kenyamanan dan manfaat yang optimal untuk aktivitas kerja. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *