Cara Budidaya Anggrek Bulan Mudah & Tepat

Anggrek bulan
sumber: Pixabay

Beberapa waktu lalu kita telah belajar bagaimana menanam bunga angrek. Pada kesempatan kali ini kami ingin sedikit mengulas tentang bunga anggrek, tetapi sedikit berbeda karena kita akan lebih sepesifik mebahas mengenai budidaya bunga anggrek bulan. Anggrek bulan merupakan salah satu jenis anggrek yang sangat populer dari macam-macam anggrek yang lain. Anda tertarik bagaimana cara budidaya anggrek bulan yang mudah dan tepat? Simak ulasan berikut ya.

Cara Budidaya Anggrek Bulan

Cara Budidaya Anggrek Bulan
sumber: Pixabay

Menanam atau budidaya anggrek bulan tak jauh berbeda dengan menanam anggrek yang lain, berikut cara budidaya anggrek bulan yang dapat anda aplikasikan di rumah anda.

Siapkan bahan dan peralatan

Cara budidaya anggrek bulan dimulai dengan persiapan bahan dan media tanam dan metode penanaman misalnya ditanam dengan cara ditempel pada pohon tertentu atau pada pot biasa. Adapun jika Anda memilih untuk menanamnya pada pot biasa ada beberapa bahan dan media tanam yang harus disiapkan, diantaranya adalah:

  • Pot bunga baik yang transparan maupun tidak
  • Bibit anggrek bulan. Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian di sana akan ada banyak pilihan khususnya bibit yang berupa botolan dan bibit anggrek bulan muda yang lebih mudah untuk ditanam dan dipindahkan.
  • Tanah
  • Sabut kelapa
  • Pupuk kandang
  • Batu bata
  • Pecahan genteng
  • Arang
  • Kayu atau potongan pakis
  • Kawat atau bambu

Persiapan media tanam

Tahap pertama untuk membuat media tanam adalah siapkan pot ukuran sedang dan isilah dengan media tanam yang sudah Anda siapkan. Sebelumnya campurkan terlebih dahulu beberapa bahan yaitu tanah, pupuk kandang, arang, sabut kelapa, pecahan genteng atau pecahan bata lalu masukkan dalam pot.

anggrek bulan
sumber: Pixabay

Proses pencampuran bahan-bahan tersebut mempunya aturan dan susunan yaitu dimulai dari sabut kelapa untuk yang paling bawah, kemudian tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Lalu yang paling atas sendiri taburkan pecahan genteng atau bata serta arang agar saat penyiraman air tidak tergenang di dasar pot.

Proses penanaman pada pot bunga

Setelah media tanam siap, termasuk bibit anggrek bulan Anda bisa langsung menanamnya pada media pot sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda menyiapkan biji anggrek botolan, maka bisa langsung Anda pindahkan pada pot. Lakukan hal itu secara perlahan agar tidak mersak merusak setiap helai akar yang sudah tumbuh.

Oleh sebab, itu saat proses pengeluaran bibit anggrek dari botol dibutuhkan teknik dan cara khusus. Gunakan kawat bendrat yang sudah dibentuk melengkung untuk mengambilnya dari dalam botol.

Ada baiknya saat menanam bunga anggrek daam pot dilakukan pada pagi hari sebelum jam 8, ketika matahari belum begitu terik. Hal itu bertujuan agar bibit anggrek yang baru Anda tanam tidak mudah layu dan mempercepat pertumbuhan tanaman. Setelah Anda menanam bibit anggrek harus langsung disiram dengan air secukupnya untuk menjaga kelembapannya.

Proses penanaman dengan cara ditempel pada pohon tertentu

Cara budidaya anggrek bulan cukup mudah, jika Anda sudah mempunya beberapa dan tinggal mengembangkannya menjadi lebih banyak lagi. Bunga anggrek yang sudah tumbuh dengan baik dan besar, bisa Anda pindahkan dari pot ke suatu pohon. Hal itu bisa Anda lakukan hanya dengan menempelkannya saja.

Proses penempelan anggrek bulan pada pohon sebenarnya mempunya teknik khusus agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Caranya adalah ikat bunga anggrek bulan anda pada pohon tertentu dengan tali raffia atau tali ijuk secara kuat. Lama kelamaan anggrek bulan akan beradaptasi sendiri dengan pohon yang ditempelinya.

Perawatan bunga anggrek

Hal yang tidak kalah penting dalam budidaya anggrek bulan adalah proses perawatan. Bunga anggrek yang sudah tumbuh membutuhkan perawatan yang maksimal agar bisa berbunga degan bagus dan bahkan nantinya bisa dikembangbiakkan lagi. Perawatan anggrek bulan sebenarnya cukup mudah yang meliputi beberapa hal, diantaranya adalah:

Pemindahan anggrek bulan muda ke pot yang lebih besar

Anggrek bulan dalam pot kecil yang sudah tumbuh besar, harus Anda pindahkan ke dalam pot yang lebih besar. Hal itu bertujuan agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa bagus dan akar bisa lebih leluasa menjalar. Begitu pula untuk menjaga kualitas anggrek bulan agar tumbuh dan berbunga dengan indah.

Pemupukan

Pemupukan ini sangat penting untuk membantu pertumbuhan anggrek bulan. Selain itu juga bisa mempercepat berkembangan anggrek bulan anda. Pupuk sendiri berfungsi sebagai nutrisi untuk tanaman anggrek bulan selain air.

Pemupukan yang baik sebaiknya diarahkan pada bagian daun anggrek, mengingat daun lebih banyak bisa menyerap nutrisi daripada akar. Gunakan pupuk dekastar yang dapat mempercepat pertumbuhan bibit anggrek bulan anda. Selain itu pupuk tersebut juga dapat merangsang pertumbuhan cabang dan menyuburkan tanaman.

budidaya anggrek bulan
sumber: Pixabay

Jika memang Anda tidak mendapatkan jenis pupuk di atas, bisa menggunakan pupuk NPK atau pupuk namira, khusus untuk anggrek. Pada dasarnya keduanya sama-sama berguna bermanfaat untuk menyuburkan tanaman.

Adapun cara melakukan pemupukan adalah dengan langsung menyemprotkan cairan pupuk ke arah daun anggrek bulan. Penyemprotan sebaiknya dilakukan menyesuaikan kebutuhan dan idealnya dilakukan dua kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Penyiraman

Sebagaimana tanaman lain pada umumnya, anggrek bulan juga membutuhkan siraman air. Hanya saja anggrek bulan tidak menyukai banyak air karena dapat merusak pertumbuhan akar dan membuat media tanamnya menjadi penuh air dan becek. Jika sudah kebanyakan air, maka bisa jadi tunas atau tanaman anggrek akan busuk dan rontok.

Anda bisa menggunakan sprayer saat melakukan penyiraman. Gunakan air biasa yang mengandung Ph netral dan bersih. Teknik penyiraman yang baik dan benar akan mempengaruhi terhadap pertumbuhan anggrek. Selain itu juga membuat anggrek bulan tetap lembab dan segar.

Pengaturan intensitas cahaya

anggrek bulan
sumber: Pixabay

Paparan sinar matahari penting untuk fotositesis dan perkembangan anggrek bulan. Tanaman anggrek bulan tetap membutuhkan pancaran sinar matahari langsung, hanya saja tidak begitu banyak. Rata-rata anggrek bulan hanya membutuhkan sekitar 20 hingga 30 persen kapasitas cahaya yang dibutuhkan.

Cahaya matahari pada pagi hari lebih bagus bagi pertumbuhan bunga anggrek bulan karena memang masih sangat segar dan sehat. Sementara itu sinar matahari siang tidak cukup baik untuk anggrek karena bisa membuat tanaman tampak layu dan tidak sehat, terlebih terlalu banyak terkena paparan sinar matahari.

Alangkah baiknya Anda menaruh tanaman bunga anggrek bulan di tempat yang teduh, jika memang itu berada di media pot. Anggrek bulan yang ditanam di pot memang lebih mudah untuk dipindah-pindah tempat bahkan itu bisa Anda taruh dalam ruangan, namun harus Anda beri lampu khusus dalam ruangan untuk menjaga pertumbuhan anggrek bulan anda.

Sementara itu, untuk anggrek bulan yang ditempel pada pohon, sebaiknya Anda mencari media pohon yang lebih besar dan rindang untuk melindungi anggrek bulan anda dari pancaran matahari yang terlalu banyak. Anda bisa menempelkannya ke arah timur yaitu tempat terbitnya matahari.

Pembersihan gulma

anggrek jakarta
sumber: Pixabay

Anggek bulan yang ditanam dalam pot lebih beresiko untuk ditumbuhi beberapa tanaman liar yang mengganggu pertumbuhannya. Sehingga, Anda harus memantau pertumbuhannya dan jika ada gulma yang tumbuh di sekitarnya bisa langsung dicabut dan dibersihkan sesegara mungkin.

Sementara itu, anggrek bulan yang ditanam pada batang pohon tertentu biasanya juga beresiko ditumbuhi benalu, sehingga Anda harus memperhatikannya. Jika tampak benalu yang tumbuh bersama anggrek bulan segera potong habis dan buang. Sebab hal itu pasti mengganggu perkembangan anggrek bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like