Budidaya Jamur Tiram Cepat, Tepat dan Efisien

jamur tiram
sumber:pixabay

Siapa yang tak kenal jamur tiram, jamur tiram adalah makanan yang sudah menjamur di Indonesia, hehehe jamur yang menjamur. Jamur tiram sangat digemari banyak orang selain karena rasanya yang enak, jenis bahan makanan ini mudah sekali didapat. Anda dapat membeli jamur tiram yang masih fresh  di pasar , supermarket bahkan di tukang sayur keliling juga tersedia.

Hal lain yang membuat jamur tiram digemari adalah karena dapat diolah menjadi berbagai makanan yang tentunya mampu memanjakan lidah anda. Anda dapat memasak jamur tiram ini menjadi Jamur Crispy, Capcai Jamur, Sate Jamur dan lain sebagainya. Bahkan digoreng dengan tepung saja, jamur tiram ini juga sudah terasa nikmat untuk disantap.

Baiklah, tentunya kali ini kami bukan ingin membahas mengenai olahan makan dari jamur tiram. Sesuai judul di atas kami akan sedikit mengulas bagimana budidaya jamur tiram untuk pemula yang baik dan benar.

Langkah Budidaya Jamur Tiram

jamur tiram
sumber:pixabay

Mungkin sebagian dari anda masih bingung bagaimana cara budidaya jamur tiram, atau ingin memulai usaha budidaya jamur tiram akan tetapi belum tahu harus memulai dari mana. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda tempuh untuk melakukan budidaya jamur yang baik dan benar.

Rumah atau Kumbung Jamur

kumbung jamur

Hal pertama yang harus anda persiapkan matang-matang adalah Rumah atau Kumbung Jamur. Kumbung jamur ini merupakan tempat dimana nanti anda akan menaruh baglog jamur anda. Kumbung ini besarnya fariatif sesuai dengan jumlah baglog jamur yang anda ingin budidayakan. Semakin banyak baglog jamur anda tentunya semakin luas juga kumbung yang mesti anda persiapkan.

Kumbung jamur ini di disain berisi rak-rak yang bersusun dengan rapi. Rak tersebut nantinya akan menjadi tempat anda menyusun baglog jamur anda. Mengapa harus di bentuk rak? Jawabannya tentu agar rapi, hemat tempat, memudahkan proses panen dan juga agar jamur dapat tumbuh dengan baik.

kumbung baglog
Bagian dalam dari Kumbung Jamur

Hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam mempersiapkan kumbung jamur

  • Lokasi
    Lokasi kumbung anda sangatlah penting diperhatikan demi memperlancar kegiatan budidaya jamur tiram anda. Kandang jamur anda bisa berada di dekat rumah anda akan tetapi disarankan tidak menjadi satu bangunan dengan rumah anda. Kumbung jamur ini tentunya harus dalam keadaan bersih dan juga jauh dari ancaman hewan seperti ayam dan lain sebagainya.
  • Suhu Ruangan
    Hal lain yang perlu diperhatikan dalam Rumah atau Kumbung jamur tiram anda adalah suhunya. Kumbung jamur harus dalam keadaan suhu dingin atau dalam keadaan lembab untuk mempercepat pertumbuhan jamur. Jika lokasi anda terbilang panas maka perlu penyiraman pada kumbung jamur anda secara berkala sehingga suhu tetap terjaga dengan baik.
  • Luas
    Seperti yang telah disinggung di atas bahwasannya semakin banyak baglog jamur anda tentunya membutuhkan ruangan yang luas. untuk menghemat tempat mangkanya perlu ada rak-rak yang berfungsi untuk menata baglog jamur anda. Membuat rak pun juga tidak bisa sembarangan anda mesti memberikan ruang atau space antar tumpukan jamur sehingga pertumbuhan jamur bisa bagus.

Baglog

baglog jamur

Baglog merupakan media yang digunakan untuk menanam bibit jamur tiram anda. Baglog ini terbuat dari serbuk gergaji yang telah diolah secara khusus sehingga dapat digunakan sebagai media tanam jamur tiram anda. Untuk informasi dan cara pembuatan baglog anda bisa membaca artikel kami, Cara membuat Baglog Jamur Tiram.

Untuk anda yang baru memulai usaha budidaya jamur tiram anda dapat membeli baglog jamur tiram. Namun jika usaha jamur tiram anda sudah besar maka membuat baglog jamur tiram merupakan pilihan yang tepat, selain dapat menghemat biaya anda juga dapat mengkur kualitas baglog jamur anda sendiri.

Tentunya memilih baglog yang bagus adalah menjadi prioritas anda dalam memulai budibaya jamur tiram. Anda dapat mencari referensi tempat penjualan jamur tiram yang bagus kepada petani-petani jamur di sekitr anda. Mengapa hal tersebut menjadi prioritas? Pasalnya banyak terjadi baglog dengan kualitas buruk tidak mampu memberikan hasil jamur yang bagus bahkan jamurnya tidak dapat tumbuh sama sekali.

Perawatan

Berikut adalah hal yang harus anda lakukan dalam melakukan perawatan budidaya jamur tiram anda.

  • Lakukan penyusunan baglog pada rak yang ada di kumbung jamur anda dengan rapi.
  • Buka tutup baglog anda untuk memberikan ruang tumbuh jamur tiram anda dan diamkan kurang lebih 5 hari
  • Lakukan penyiraman menggunakan semprotan lembut dengan mode kabut. untuk hasil maksimal gunakan nosel nozzle spuyer pada ujung selang pompa anda untuk mendapatkan siraman air yang lembut. Berikut adalah gambar nosel nozzle spuyer
    Anda dapat membeli nosel nozzle spuyer di Toko Online di Indonesia seperti Bukalapak dan Tokopedia
  • Lakukan penyiraman 2 s/d 3 kali sehari. Jaga suhu ruangan di kisaran 15 s/d 23 derajat celcius.
  • Selanjutnya jika ada baglog anda yang penyakit atau ganguan, pisahkan segera dari baglog yang lain agar tidak menular.

Panen

jamur tiram segar

Panen adalah fase yang paling ditunggu, biasanya jamur tiram dapat dipanen 7 hingga 14 Hari setelah  pembukaan baglog yang sudah tertutup sempurna oleh misellium. Dalam melakukan pemanenan silahkan pilih jamur yang sudah berukuran optimal untuk ambil. Jangan memanen jamur yang masih kecil dan juga jamur terlanjur tua dan layu. Umumnya setiap masa budidaya jamur dapat dipanen hingga 10 kali.

Demikian adalah pembahasan singkat mengenai tata cara budidaya jamur tiram untuk pemula. Tentunya masih banyak teknik lain yang bisa dipakai untuk memaksimalkan hasil dari budidaya jamur. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk melakukan budidaya jamur dirumah?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like