Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Mudah Berbunga

cara merawat anggrek
sumber:pixabay

Apakah anda sesorang yang memiliki hobi di bidang tanam- menanam ? Apakah salah satu hobi anda adalah menanam Anggrek? Tentu jika anda seseorang yang hobi dengan anggrek maka anda pasti ingin tahu cara merawat anggrek anda agar berbunga dengan sempurna.

Maka tepat sekali anda menmbaca artikel ini, karena kali ini kami akan sedikit berbagai tentang 7 cara merawat anggrek yang tepat agar mudah berbunga.

Cara Merawat Anggrek

anggrek
sumber:pixabay

Seperti yang sama sama kita ketahui bahwasannya anggrek yang tumbuh di indonesia hidup dengan epifit yang artinya menempel. Namun hal tersebut bukanlah masalah karena dengan menempel sekalipun anggrek tidak akan merugikan obyek yang ia tempeli.

Karena tumbuhan anggrek yang hidup secara epifit maka perlu perhatian khusus dala merawatnya agar dapt berbunga. Lalu apa saja yang perlu anda lakukan agar anggrek anda dapt berbunga dengan baik?

Pilih bibit Yang Tepat

Hal paling krusial yang pertama adalah anda harus menentukan terlebih dahulu bibit anggrek yang ingin anda tanam. Anda harus melakukan riset yang tepat bahwa jenis anggrek yang anda tanam merupakan anggrek yang dapat hidup di daerah anda. Anda harus bisa membedakan mana anggrek yang dapat hidup di dataran rendah dan mana yang dapat hidup di dataran tinggi. Berikut beberpa jenis anggrek yang dapat anda sesuaikan dengan daerah anda

  1. Miltonia Cymbidium dan juga Paphiopedilum adalah anggrek yang dapat hidup di dataran tinggi yang memiliki suhu 13-23 deratat celcius.
  2.  Dendrobium, Onchidium, Phalaenopsis, dan Cattleya adalah anggrek yang mampu hidup di daratan sedang yang memilki suhu 19-32 derajat celcius.
  3. Vanda, Arachnis, dan Renanthera adalah jenis anggrek yang mampu hidup di dataran rendah yang memiiki ketinggian kuarang lebih 500m diatas permukaa air laut. Anggrek ini mampu hidup di suhu 32-38 derajat celcius.

Tempat Yang Ideal

Tempat ideal adalah hal pertama yang harus anda penuhi agar anggrek anda dapat tumbuh dengan baik. Kriteria apa saja  tempat yang ideal tersebut?

  1. Bebas dari ganguan hewan
  2. Memiliki kelembabapan yang baik, hal ini berarti anda harus memperhatikan intensitas cahaya yang di terima anggrek anda. Jika anda menanam anggrek di area pekarangan tentunya anda harus memberikan atap yang dapat menahan cahaya secara langsung. Umumnya orang menggunakan paranat sebagai atap, mengapa harus paranet? Ya karena dengan anda membuat atap dari paranet cahaya yang masuk dapat terfilter dengan baik. Intensitas cahaya yang bagus adalah 50 hinggaa 70%.
  3. Keberishan tempat anda menanam selalu terjaga.

Media Tanam Yang Bagus

Hal terpenting selanjutnya adalah anda harus memperhatikan media tanam yang bagus untuk tanaman anggrek anda. Pada umumnya komposisinya media tanam yang ideal adalah 1/3 bagian bawah diisi dengan pecahan batu-bata dan 2/3 sisanya adalah pakis.

Anda harus memastikan bahwa media tanam anda dapat menyerap air dengan baik.

Air

Air merupakan elemen yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan makhluk hidup, sama halnya dengan anggrek. Dalam merawat anggrek melakukan penyiraman merupakan hal pokok yang yang tidak bisa anda tinggalkan. Dalam melakukan penyiraman anda juga harus memperhatikan banyak sedikitnya air. Agar anggrek anda cepat berbunga lakukan penyiraman 2 kali sehari yakni pagi antara jam 07.00-09.00 dan sore jam 15.00-17.00.

Dalam melakukan penyiraman sebaiknya anda gunakan semprotan yang lembut sehingga tidak merusak struktur tanaman. Selain itu hindari menyiram secara berlebihan karena dapat mempengaruhi kelembapan.

Pemupukan

Berikan pupuk pada tanaman anggrek anda secara berkala. Pemupukan ini anda dapat lakukan dengan cara penyemprotan ataupun melalui penyiraman. Gunakan pupuk dengan pupuk yang memilki kandungan unsur hara P yang tinggi.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hal terpenting selanjutnya agar tanaman anggrek anda agar mundah berbunga adalah pengendalian hama. Anda harus membersihkan area tanaman anggrek anda dari tumbuhan liar maupun gulma. Untuk mengatasi hama anda dapat menggunkan petisida dan apabila ada jamur maka anda perlu menggunakan fungisida.

Memberikan Nutrisi

Nutrisi merupakan asupan makanan. Semua makhluk hidup pasti membutuhkan nutrisi sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktiftas. Demikian pula pada tanaman anggrek maka perlu adanya nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya. Salah satu ciri kekurangan nutrisi adalah pertumbuhan yang lambat dan daun berwarna kuning.

Salah satu nutrisi yang dapat anda gunakan untuk mempercepat pertumbuhan anggrek anda agar mudah berbunga adalah dengan air kelapa. Dengan komposisi 150ml air kelapa dicampur dengan 1000ml air.

Anda perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek anda.

Unsur Makro (makanan yang dibutuhkan dalam jumlah besar)
– Nitrogen (N)
– Fosfor (P)
– Kalium (K)
– Kalsium (Ca)
– Magnesium (Mg)
Unsur Mikro (makanan yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit)
– Besi (Fe)
– Mangan (Mn)
– Tembaga (Cu)
– Seng (Zn)
– Molibden (Mo)
– Borium (Bo)
– Klorida (Cl)

Setidaknya harus ada 3 unsur yang paling dibutuhkan tanaman untuk tumbuh baik, unsur tersebut adalah unsur N (Nitrogen), F (Fosfor) dan K (Kalium). Setelah ketiga unsur tersebut dipenuhi baru unsur-unsur yang lain .

Perlu anda ketahui beberapa hal yang akan terjadi ketika beberapa unsur di atas tidak terpenuh dengan baik.

  • Kekurangan Nitrogen : Pertumbuhan lambat dan dan warna daun berwarna hijau kekuningan.
  • Kekurangan Fosfor : Pertumbuhan akar yang lambat dan bunga tidak optimal ( Sedikit dan mudah rontok)
  • Kekurangan Kalium : Tanaman kurus dan kerdil  dan pembentukan kuntum bunga lebih kecil.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara merawat tanaman anggrek anda agar mudah berbunga. Cintai hobi anda selama hobi anda memberi manfaat dan memberikan nilai positif kepada anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like