Seputar Cerpen dan Penjelasannya Lengkap

cerpen
Seputar Cerpen dan Penjelasannya Lengkap

Cerita pendek atau yang biasa disebut dengan cerpen merupan salah satu naratif fiktif yang merupakan suatu bentuk prosa. Cerpen sendiri cenderung memiliki bentuk yang lebih singkat, padat, dan juga langsung untuk menjelaskan tujuannya dibandingkan dengan karya fiksi lainnya seperti novel atau novella. Berikut ini adalah penjelasan dan berbagai contoh cerpen yang dapat anda ketahui.

Struktur Cerpen

pensil kayu warna
Seputar Cerpen dan Penjelasannya Lengkap

Dalam pembuatan suatu cerpen, tentunya ada beberapa hal yang harus kita ketahui yaitu salah satunya struktur cerpen. Struktur atau kerangka dalam pembuatan cerpen meliputi berbagai hal yang mana menjadi dasar dalam pembuatan cerpen. Kerangka atau struktur tersebut meliputi:

1. Abstrak

Dalam pembuatan cerpen, kerangka pertama yang harus ada yaitu Abstrak. Dalam hal ini, abstrak merupakan suatu ringkasan yang hadir dalam sebuah cerita. Abstrak ini juga dijadikan sebagai inti dari sebuah cerita yang nantinya akan dan dapat di kembangkan menjadi beberapa rangkaian kegiatan. Bahkan seringkali abstrak juga dikatakan sebagai suatu gambaran awal.

2. Orientasi

Orientasi adalah hal-hal yang memiliki hubungan dan berhubungan erat dengan sebuah tempat, waktu dan juga suasana yang digambarkan dalam cerpen yang akan dibuat. Namun biasanya orientasi tidak hanya terfokus kepada satu tempat, waktu dan suasana saja namun di berbagai tempat, berbagai waktu dan dalam beberapa suasana yang digambarkan dalam cerpen.

3. Komplikasi

Kerangka cerpen yang selanjutnya adalah rangkaian suatu kegiatan-kegiatan atau bisa dibilang peristiwa-peristiwa yang memiliki hubungan dan memiliki cerita tentang bagaimana sebab dan akibat kejadian dari sebuah cerita tersebut. Dalam struktur yang satu ini biasanya mulai ditentukan bagaimana karakter atau juga watak yang ada pada tokoh cerita yang ada.

4. Evaluasi

Jika membicarakan sebuah evaluasi, evaluasi ini merupakan berbagai struktur yang terbuat dari konflik-konflik yang terjadi dalam sebuah cerita. Konflik ini memiliki arah ke titik klimaks ataupun puncak permasalahan dan pada tahapan ini mulailah muncul bagaimana gambaran untuk menyelesaikan sebuah masalah yang ada pada konflik tersebut.

5.Resolusi

Jika evaluasi merupakan bagaimana konflik dapat berperan penting dalam cerpen, resolusi merupakan salah satu hal yang digunakan untuk menyelesaikan evaluasi. Dalam hal ini resolusi biasanya merupakan salah satu hal yang dinantikan oleh pembaca yang sudah penasaran mengenai bagaimana kelanjutan dari cerpen yang dibuat.

6.Koda

Koda ini adalah bagaimana dan nilai apa yang dapat diambil dari sebuah cerita di cerpen tersebut. koda juga dapat berarti hikmah apa yang sekiranya terkandung dalam cerita. Koda ini dapat diketahui oleh pembaca saat pembaca sudah selesai membaca keseluruhan dari semua cerita dari awal hingga akhir cerita.

Contoh Cerpen

lihat
Sumber: Pixabay

Menemukan Dompet

Sudah sebulan lamanya aku menunggu panggilan kerja. Hariku semakin pilu karena hanya luntang-lantung tanpa arah di rumah tanpa adanya pekerjaan. Aku pun bingung harus berbuat apa. Ingin membuka sebuah usaha, namun aku tidak memiliki modal yang cukup. Akhirnya ku niatkan untuk bertemu dengan teman-temanku, hanya untuk sekedar berbagi tentang masalahku ini.

Saat di jalan menuju ke rumah temanku, di samping jalan sedikit ujung dekat trotoar aku melihat dompet berwarna hitam. Tanpa ragu aku mendatangi dompet tersebut dan kubuka dengan melihat isinya KTP, SIM A, dan juga beberapa surat-surat penting dan tabungan yang isinya sungguh fantastis, hingga kartu kredit. Dalam pikiranku sempat terlintas untuk menggunakan isi di dalam dompet tersebut.

Namun tetap bahwa aku berfikir harus mengembalikan dompet ini kepada si pemiliknya. Tidak selang beberapa lama dari rumah temanku, aku mengembalikan dompet temuanku. Hanya bermodalkan alamat yang tertera di KTP, aku menemukan rumahnya yang memang elit dekat dengan hotel Grand Palace. Ku tekan bel dan tiba-tiba tukang kebun membukanan pintu rumah tersebut.

Tanpa berpikir panjang, aku langsung bertanya kepada bapak itu, “permisi, Pak. Apakah benar ini alamat kediaman Pak Budi?”.

“Oh,iya benar. Anda temannya?” Tanya tukang kebun tersebut.

“Oh bukan Pak, Saya Adi. Ada urusan penting yang ingin saya beritahu kepada Pak Budi”.

“Oh begitu, silahkan masuk. Pak Budi kebetulan sedang di dalam”.

Aku pun masuk dengan malu-malu ke dalam rumah yang mewah pemilik dompet yang kutemukan tadi.

“Siapa kamu? Ada keperluan apa ya?” Tanya pemilik rumah dengan bingung kepadaku.

“Perkenalkan, saya Adi. Mohon maaf sebelumnya, saya menemukan dompet milik Bapak di dekat hotel yang jatuh di trotoar. Pak.”

“Yaampun, sini silakan duduk, Nak!”

Aku pun duduk dekat dengan belian sambil menyerahkan dompet yang aku temukan.

Bapak tersebut dengan penasaran langsung menanyakan rumah dan pekerjaanku.

“Di kompleks Asri Cempaka, Pak. Saya masih ngganggur kira-kira sudah berbulan – bulan melamar tapi sampai saat ini belum dapat panggilan.” Tambahku.

“Kamu lulus sarjana apa?” Tanyanya.

“Ekonomi Manajemen, Pak.” Jawabku.

“Wah kebetulan sekali, Nak. Saat ini di perusahaan Bapak sedang membutuhkan staff untuk bagian administrasi. Mungkin jika kamu tertarik, kamu bisa hadir besok jam 9 pagi. Ini kartu nama saya..” Sambung Pak Adi sambil menyodorkan kartu namanya padaku.

“Sungguh, Pak?” tanyaku tidak percaya

“Sungguh, Nak. Saya ingin mencari karyawan yang memiliki dedikasi penuh dan jujur seperti dirimu. Saya rasa kamu pantas utnuk bekerja dengan saya”.

“ Terima kasih banyak, Pak.” Kataku tidak percaya, ini seperti keajaiban.

Cerpen Singkat

Cerpen singkat adalah cerpen yang memiliki tulisan dengan jumlah kata yang singkat seperti dibawah dari 10.000 kata. Dalam hal ini juga biasanya cerpen singkat dibuat hanya 10 halaman saja, namun ada beberapa cerpen yang memiliki kurang dari 10 halaman. Dalam hal ini juga sifat cerita langsung tertuju pada pokok yang dimiliki oleh cerita tanpa menggunakan banyak basa-basi atau kata pengantar.

Cerpen P

tinta tulis
Sumber: Pixabay

ersahabatan

 

Cerpen persahabatan tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan cerpen singkat yang ada, namun memiliki latar belakang di sekolahan dengan cerita yang singkat dan juga menarik.

Hari yang kami berempat nantikan pun akhirnya datang, kami berempat menerima hasil ujian dan menerima kabar baik perihal hasil yang kami dapatkan. Kami berempat lulus. Kami dengan cepat langsung pergi berlari ke bawah pohon yang pernah kami datangi dan menggali tempat dimana letak botol yang kami kubur pada waktu itu. Kami pernah menulis sesuatu di dalam botol itu

Tulisan yang kami tulis bersama adalah bahwa, “kami berjanji untuk selalu bersama selamanya”. Keesokan harinya, salah satu sahabat kami Anis pun mengajak kami untuk merayakan kelulusan bersama. Pada malam harinya, kami ber-4 pergi bersama-sama ke suatu tempat dan pada saat itulah saat-saat yang tidak bisa aku lupakan karena Anis memiliki rencana untuk menyatakan perasaannya kepadaku.

Karena aku juga memiliki perasaan yang sama, akhirnya aku dan Anis resmi berpacaran. Bukan hanya aku, melainkan Andri juga berpacaran dengan Ana. Malam itu adalah malam yang sangat istimewa untuk kami berempat. Lalu kami pun bergegas untuk pulang. Namun, saat dijalan pulang aku merasakan perasaanku yang kurang enak.

“Kenapa perasaanku nggak enak banget ya?” tanyaku dengan penuh kecemasan.

Andri dengan santai menjawab pertanyaan ku,” enggakpapa ndi, santai aja..kita gak akan kenapa-napa kok,”

Tidak selang beberapa lama setelah hal itu, hal yang terus di khawatirkan oleh Nindi pun terjadi.

“Arissss awasss! di depan ada juang!” Teriak nindi.

“Aaaaaaaaaa!!!”

Bruuuukkk. Mobil yang kami kendarai sudah masuk ke dalam jurang. Air mataku tidak dapat tertahankan dan terus mengalir hingga aku tidak tersadarkan diri. Namun secara perlahan aku berusaha untuk membuka mataku sedikit demi sedikit, dan aku melihat ibu yang sudah berada di sampingku.

“Nindi, Alhamdulillah kamu sudah sadar nak? Tanya ibuku dengan penuh rasa cemas.

Aku terbangun, namun tidak melihat dimana ketiga sahabatku yang lain, “Dimana ini bu? Dimana Andri, Ana dan juga Aris?”

“Kamu dirumah sakit sekarang, kamu yang tabah ya sayang. Andri dan Aris tidak tertolong saat berada di lokasi kecelakaan”. Dengan berlinang air mata, ibu menceritakan kejadian yang menimpa kedua sahabatku.

Tidak banyak bicara, aku hanya bisa menangis tiada henti saat mendengar pernyataan ibu mengenai kedua sahabatku.

“Aris, mengapa kamu tinggalkan aku secepat ini, aku benar-benar sayang banget ke kamu, aku cinta kamu, tapi kenapa kamu ninggalin aku begitu cepat, kenapa semua pergi ninggalin aku.” Tangisku di dalam hati”.

2 hari berlalu setelah kejadian kecelakaan tersebut, aku mengunjungi makam mereka dan berharap bahwa waktu dapat terulang kembali dan kami dapat menghabiskan waktu bersama-sama hingga tua nanti. Namun semua itu hanya angan-angan yang sudah menjadi kenangan. Aku tidak akan pernah lupa pernah memiliki teman yang sangat baik seperti mereka.

Itulah beberapa cerpen yang dapat anda jadikan inspirasi untuk karya sastra anda. Masih banyak lagi cerpen yang dapat anda jadikan inspirasi dengan berbagai tema dan gaya bahasa yang beragam. Cerita cerpen saat ini semakin beragam dan semakin disajikan dengan jalan cerita yang seru. selamat membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
surat tidak resmi untuk guru, sahabat, dan keluarga
Read More

Contoh Surat Tidak Resmi

Table of Contents Seputar Surat Tidak ResmiPengertian Surat Tidak ResmiCiri- Ciri Surat Tidak ResmiContoh Surat Tidak ResmiSurat Tidak…