Contoh Berita Acara Berbagai Kegiatan

berita acara
sumber:pixabay

Dalam dunia kerja, segala kegiatan atau apapun yang kita lakukan berkaitan dengan pekerjaan kita selayaknya rapih secara administratif. Ini ditujukan supaya pekerjaan kita terekam secara jelas di atas hitam putih. Seperti halnya satu dokumen yang penting dalam dunia pekerjaan, yaitu berita acara. Apa itu berita acara? Mari kita kupas tuntas semua yang menyangkut tentang berita acara.

Pengertian Berita Acara

Secara garis besar, berita acara merupakan sebuah dokumen dalam dunia pekerjaan yang sangat penting keberadaannya. Dokumen ini memuat pernyataan pengesahan mengenai suatu kegiatan; baik itu menyangkut rapat, kehilangan, kerusakan, serah terima barang, peristiwa, penyelesaian pekerjaan, perubahan status, dan masih banyak lagi lainnya.

Intinya, berita acara merupakan dokumen administrasi yang digunakan instansi atau perusahaan. Dalam penulisannya, berita acara tersebut harus memuat informasi yang jelas dan terperinci.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Berita Acara

microfon
pixabay

Membuat berita acara tidak boleh dianggap remeh dan malah asal-asalan. Ini menyangkut profesionalitas kerja. Maka, dalam pembuatnya, kita harus benar-benar memperhatikan poin-poin penting dalam berita acara tersebut.

  1. Pastikan untuk mencantumkan pihak-pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Jangan lupa untuk memperhatikan detail dari pihak-pihak yang bersangkutan; seperti nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, pekerjaan, jabatan dan lainnya yang harus tercantum pada berita acara tersebut. Jangan sampai detail ini terlewatkan, karena ini sangat penting.
  2. Dalam penyusunan berita acara serah terima sebuah barang, jenis barang yang diserah terimakan antara kedua belah pihak harus dijelaskan secara detail.
  3. Pastikan untuk mencantumkan waktu kejadian. Jelaskan secara detail jika memang diperlukan; seperti menjelaskan secara detail dengan mencantumkan jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun.
  4. Perhatikan dan pastikan lokasi tempat kegiatan dilaksanakan juga tercantum pada berita acara tersebut. Ini bisa berupa detail seperti alamat lengkap sampai dengan kode pos.
  5. Sebagai dokumen administrasi resmi, dokumen ini harus ditandatangani oleh pihak-pihak yang terlibat atau pihak-pihak yang berwenang yang terlibat dalam acara tersebut.
  6. Pastikan untuk mencantumkan saksi jika diperlukan. Ini sebagai tanda bukti bahwa dokumen tersebut sah dan benar.

Contoh Berita Acara

contoh berita acara rapat
pixabay

Dokumen ini tidak hanya terpaku atau terkhusus pada satu tujuan, melainkan diperuntukkan untuk bermacam tujuan. Berbeda jenis berita acara maka berbeda juga tujuannya. Ada bermacam-macam jenis berita acara yang memiliki fungsinya masing-masing, dan lima ini di antaranya.

Contoh Berita Acara Kegiatan

Dalam penyelenggaraan acara, berita acara kegiatan menjadi salah satu dokumen yang sangat penting keberadaanya. Ini digunakan sebagai laporan pertanggung jawaban suatu kegiatan yang telah berlangsung. Juga, sebagai dokumen tertulis untuk melengkapi dan merekam secara administratif.

Umumnya, berita acara kegiatan mencantumkan secara rinci segala sesuatu yang bersangkutan dengan acara yang diselenggarakan. Baik itu mengenai nama kegiatan, tanggal kegiatan, tempat berlangsungnya kegiatan, jumlah peserta, pihak-pihak yang terlibat, sampai dengan rangkaian acara.

[KOP SURAT]

BERITA ACARA KEGIATAN

NO:…………………………..

Pada hari ini, Selasa,21 Desember 2018, bertempat di Gedung Serbaguna Kita, Panitia Bina Desa Juara telah mengadakan rangkaian acara atau subkegiatan Bina Desa juara dengan hasil sebagai berikut:

NoKeterangan:
1Nama kegiatan:
2Tanggal Kegiatan
3Jumlah Peserta
4Nama Penyedia Akomodasi
5Alamat Penyedia Akomodasi
6Rangkaian Acara:
a. Pembukaan
b.Seminar
c. Pembekalan
d.Penutupan kegiatan

Kegiatan Bina Desa Juara ditutup pukul …….., pada hari dan tanggal tersebut di atas.

Demikian Berita Acara ini dibuat dalam rangkap secukupnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Ketua Panitia

BIna Desa Juara

Madiun, 21 Desember 2018

Yang mengadakan kegiatan

SEKRETARIS

Joko SusiloMuhammad Rizqon

Mengetahui

Penyedia Akomodasi

Desa Sukamaju, Wonogiri

 

Dzulqarnain

Contoh Berita Acara Kejadian

Berita acara kejadian merupakan dokumen yang menjelaskan mengenai terjadinya suatu peristiwa yang melibatkan beberapa pihak. Umumnya dokumen ini terdiri dari pelaku, korban, dan saksi. Dokumen ini juga mencantumkan kronologi peristiwa, penjelasan mengenai tindakan yang telah diambil, dan juga barang bukti.

BERITA ACARA KEJADIAN
Nomor : – / II /BAK /01/ 2018

Padahari Jumat Tanggal 12 Januari 2018 sekitar pukul 21.00 Wib saya :

Jabatan …… setelah menerima laporan tentang …………………………………………………………………..
Membuat berita acara kejadian sebagai berikut :

Saya telah menerima laporan dari seorang :
Pekerjaan : Penjual emas

Yang melaporkan bahwa telah terjadinya : Perampokan dan Penjarahan

Saya dengan di bantu oleh :——————————–telah menangani kasus tersebut dengan meminta keterangan / memeriksa korban / pelapor , keterangan yang diperoleh sbb :

a. Korban :

Nama : Sulastri
Umur : 30 tahun
Alamat : Jl Manggis No 345G Kota Tua Kab Muda

b. Pelaku :

Nama : Mr Suhu

Umur : 38 tahun
Alamat : Jalan Gulai Ayam gang Rawon No 88 Kota Bakso

c. Saksi :

Nama : Tn Gogon
Umur : 43
Alamat : Jalan Aspan No 23 Keamatan Ciplukan Kota Semangka

d. Kerugian :  Emas 50Gram dan uang tunai 12 Juta

e. Barang Bukti :  Kunci T, Senjata Api, KTP

f. Kronologis Kejadian : Ketika Toko Emas korban akan tutup sekita jam 21.30 tiba tiba muncul pria yakni pelaku dengan mengendarai sepda motor kemudian menghampiri korban dengan menodongkan senjata api. Kemudai mengambil sejumlah emas yang ada di etalase kemudian pelaku mengambil uang di brankas kasir. Kemuda pelaku melarikan diri.

g. Tindakan yang diambil : 1. Penangkapan pelaku 2. Pelaporan 3. persidangan

Demikian berita acara pemeriksaan kejadian ini saya buat dengan sebenarnya serta dapat dipertanggungjawabkan atas kebenarannya , kemudian ditutup dan ditanda tangani pada hari dan tanggal serta tempat seperti tersebut diatas.

Pembuat Berita Acara

Lukman Hakim

Mengetahui 

Rosimin

Dalam kepolisian kita pasti mengenal apa itu yang disebut BAP, singkatan dari berita acara pemeriksaan. Dokumen ini umumnya digunakan oleh pihak kepolisian dalam setiap pemeriksaan kepada tersangka, korban, dan juga saksi yang terlibat. BAP umumnya juga mencantumkan nama-nama yang terlibat, penyidik, dan daftar pertanyaan beserta jawaban dari pertanyaan tersebut.

Selain itu, BAP berperan sebagai dokumen penting yang digunakan oleh pihak kepolisian dan pengadilan untuk menjerat dan menjatuhkan hukuman kepada tersangka.

Berita Acara Serah Terima Jabatan

PT. SEGER WARAS JAMU INDO

JLN. Roy Suryo No 34K Kecamatan Gadung Raya Kab. Sumedang

Telp. 021-778787879x Fax. 021-9090909x

Web: Segerwaras*com Email: [email protected]*com

SURAT SERAH TERIMA

No. 88/PTSGW/02/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Wisnu Tholib Wicaksono
Jabatan : Manager PT. SEGER WARAS JAMU INDO
NIP : 90908890
Alamat : Jalan Primnggodani No 456 Kecamtatan Sukamaju, Sumedang
No. KT : 35256635662736

Pada hari ini 22 Desember 2108 telah melakukan serah terima jabatan selaku Manager PT. SEGER WARAS JAMU INDO kepada :

Nama : Dina Laurenzia
Jabatan : Kepala. Personalia PT. SEGER WARAS JAMU INDO
NIP : 635647726
Alamat : Jalan Kulit Manggis No 212 Kecamatan Rambutan, Sukoharjo

No. KTP/SIM : 7876676566389977

Demikian berita serah terima jabatan ini agar dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab

Contoh Berita Acara Penukaran Barang Rusak

Dokumen ini berperan sebagai laporan yang menyangkut tentang barang yang rusak saat diterima. Dokumen ini umumnya berisi tentang jenis barang, nama barang, dan detail mengenai kerusakan tersebut. Tujuan utamanya adalah permintaan untuk menukar barang tersebut dengan yang baru.

Contoh Berita Acara Penukaran Barang Rusak
sumber:scibd.com

Contoh Berita Acara Rapat

Dalam rapat, khususnya rapat resmi, umunya menyusun berita acara rapat sebagai laporan mengenai keputusan yang diperoleh dari rapat tersebut. Umumnya, dokumen ini berisi detail tentang rapat yang diselenggarakan yang meliputi tanggal pelaksanaan rapat, tempat pelaksanaan, jumlah anggota rapat, dan hasil dari rapat tersebut.

contoh berita acara rapat
sumber:scribd.com

Selain lima jenis berita acara tersebut, ada dua lagi berita acara yang juga sangat sering digunakan dalam dunia kerja. Dua berita acara tersebut adalah berita acara penyelesaian proyek dan berita acara serah terima barang yang memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing.

Contoh Berita Acara Penyelesaian Proyek

Dokumen ini juga berperan sebagai laporan pertanggung jawaban yang disusun oleh penerima pekerjaan dan pemberi pekerjaan. Umumnya, dokumen ini mencantumkan pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam pekerjaan tersebut, serta penjelasan mengenai apa yang telah dikerjakan. Tak lupa, dokumen ini harus ditandatangani kedua belah pihak sebagai tanda sah.

contoh berita acara penyelesaian
sumber:scribd.com

Contoh Berita Acara Serah Terima Barang

Dokumen ini merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pihak pengirim dan penerima barang. Umumnya, dokumen ini mencantumkan penjelasan mengenai barang yang bersangkutan, siapa penerima dan pengirimnya, tanggal barang tersebut diterima, serta detail lain mengenai barang tersebut. Tak lupa, surat ini juga harus ditandatangani kedua belah pihak.

Mau tidak mau, dalam dunia pekerjaan kita harus melengkapi dan merekam kegiatan yang telah kita lakukan di atas hitam putih—tertulis. Tujuannya jelas, kebutuhan administrasi yang juga untuk menjaga kerapihan pekerjaan. Tanpa adanya berita acara, pekerjaan yang telah kita laksanakan tidak akan tercatat jelas karena berita acar berfungsi sebagai dokumen laporan pertanggung jawaban atas pekerjaan atau kegiatan yang telah terlaksana.

BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG

Kami yang bertanda tangan dibawah ini,  Pada hari ini Jumat 21 Desember 2018
Nama                    : Thomas Adi Sucipto
Jabatan                 : Manager PT. Sinar Jaya Telekomunindo
Alamat                   : Jalan Majapahit No 667 Keraton Solo, Surakarta
Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama                    : Dindi Muslimin S.Kom
Jabatan                 : Staff IT PT. Sinar Jaya Telekomunindo
Alamat                   : Jalan Joyoboyo No 898 Kec. Sukosari Sukoharjo

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

PIHAK PERTAMA menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa daftar terlampir :

No.Nama BarangJumlah
1Laptop ASUS ROG GTX-750Ti1 Unit

 

Demikianlah berita acara serah terima barang ini di perbuat oleh kedua belah pihak, adapun barang-barang tersebut dalam keadaan baik, sejak penandatanganan berita acara ini, maka barang tersebut, menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA, merawat dengan baik serta untuk dipergunakan untuk keperluan Maintenance Server dan Jaringan komunikasi di PT Sinar Jaya Telekomunindo.

Yang Menyerahkan :

PIHAK PERTAMA

Yang Menerima

PIHAK KEDUA

Thomas Adi SuciptoDindi Muslimin
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
surat tidak resmi untuk guru, sahabat, dan keluarga
Read More

Contoh Surat Tidak Resmi

Table of Contents Seputar Surat Tidak ResmiPengertian Surat Tidak ResmiCiri- Ciri Surat Tidak ResmiContoh Surat Tidak ResmiSurat Tidak…
Read More

Contoh Invoice

Table of Contents Pengertian InvoiceCara Membuat InvoiceContoh InvoiceContoh Invoice Penjualan SederhanaContoh Invoice PenagihanContoh Invoice BarangContoh Invoice JasaContoh Invoice…