10 Contoh Surat Izin Lengkap dan Menarik

contoh surat izin, surat izin

Jika anda sedang mencari informasi terkait surat izin, ya surat izin tidak masuk kerja, kuliah, atau sekolah anda sedang membaca artikel yang tepat. Pada kesempatan kali ini kami akan bahas secara tuntas mengenai surat izin. Mulai dari pengertian, cara membuat dan contoh surat izin yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

Apa Itu Surat Izin

Ketika menjadi anggota dalam suatu instansi pendidikan, pemerintahan atau perusahaan maka mentaati peraturan adalah kewajiban mutlak. Salah satu aturan yang pasti ada di semua instansi adalah kedisplinan masalah absensi atau kehadiran.

Lalu bagaimana jika kita tidak dapat masuk sekolah, kuliah atau kerja karena ada kepentingan? Tenang saja anda dapat membuat surat izin.

menulis
@pexels

Ya, anda dapat membuat surat izin yang dapat berikan kepada sekolah, kampus atau kantor anda ketika anda tidak dapat masuk ke kantor atau sekolah anda.

Baik di artikel ini kami akan bahas tuntas mengenai Pengertian, Cara membuat dan Contoh surat izin yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

Surat Izin merupakan surat yang dibuat individu atau instansi yang tujuannya sama dengan namanya yaitu meminta izin. Meminta izin apa? Ya meminta izin untuk tidak masuk sekolah, kuliah atau kerja.

Cara Membuat Surat Izin

menulis, Pena
@pexels

Sebenarnya membuat surat izin tidaklah begitu sulit, tak harus diketik dan di print out ,anda bisa membuat surat izin menggunakan tulisan tangan. Namun anda juga harus memperhatikan beberapa poin berikut dalam membuat surat izin.

Penerima

Penerima harus di ada di surat izin yang anda buat, penerima adalah orang yang mempunyai kapasitas untuk memberikan izin terhadap anda. Biasanya peneriam ini di awali dengang kalimat “ Yang Terhormat “ atau anda bisa menyingkatnya menjadi “Yth”. Setelah itu baru anda bisa mesukkan nama atau jabatan si penerima. Misalkan “Yth. Bapak Kusnadi” atau “ Yth. Kepala HRD”

Salam Pembuka

Salam pembuka adalah kalimat untuk mengawali isi surat yang anda. Anda dapat menggunakan kata” Assalamu’ alaikum” atau “ Dengan Hormat “ sebagai salam pembuka.

Isi Surat

surat
@pexels

Isi Surat merupakan bagian terpenting ada beberapa hal yang harus anda masukkan dalam isi berikut hal pokok yang wajib anda masukkan dalam isi surat izin yang anda buat

  1. Identitas Orang yang izin, yakni nama lengkap kelas atau bagian jika anda seorang pegawai.
  2. Tanggal Izin, nah ini juga harus anda cantumkan dengan benar. Berapa lama anda izin dan tanggal mulai izin hingga akhir.
  3. Penutup, Alangkah baiknya jika anda mengucap salam dan ucapan terima kasih dalam kalimat penutup surat izin anda.
  4. Tanda tangan. Tanda tangan pembuat surat merupakan hal wajib terakhir dalam mebuat surat. Jangan lupa memberikan nama anda di bagian bawah tangad tangan.
  5. Masukkan ke dalam amplop yang bersih dan rapi.

Contoh Surat Izin

Contoh Surat Izin tidak Masuk Sekolah

Surat Izin tidak Masuk Sekolah Karena sakit

Ada beberapa hal yang tidak bisa kita duga duga dalam dunia ini salah satunya adalah sakit. Salah satu hal yang bisa kita lakukan ketika anda atau anaka anda ketika sakit adalah dengan istirahat yang cukup dan minum obat. Maka jika anda atau anak anda ingin izin tidak masuk sekolah salah satu caranya adalah membuat surat izin sekolah.

amplop surat
@pixabay

Penting sekali memberikan surat izin kepada pihak sekolah atau pihak guru , selain karena memberikan informasi dan meminta izin hal ini juga berpengaruh pada nilai absensi.

Biasanya pihak Sekolah/ Guru akan memberikan keterangan alfa jika seorang murid tidak masuk sekolah tanpa ada keterangan atau surat izin sekolah. Seperti kita sama sama tahu semakin tinggi nilai alfa maka akan semakin buruk pula nilai absensi.

Untuk itu kita perlu mengirikan surat izin guru atau pihak sekolah, lalu bagaimana contoh surat izin sekolah karena sakit yang baika dan benar ? Berikut kami bebrikan contohnya.

Madiun, 2 September 2018

Kepada:
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 9
Madrasah Tsanawiah Darul Ulum
Di tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua/wali murid dari :

Nama         : Muhammad Sirajul Munir A
Kelas         : 9 C
No. Absen : 23

Dengan ini ingin memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar pada hari ini tanggal 2 September 2018 dikerenakan sakit. Bersama surat ini kami juga memohon izin agar anak kami M. Sirajul Munir dapat diberikan izin untuk dapat beristitahat dirumah sampai kesehatannya kembali pulih.

Sebagai bukti bahwa anak kami benar benar sakit, saya lampirkan Surat Dokter

Demikian surat ini, atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Hormat saya,

 

Muhammad Rizqon

 

Magetan 13 Juni 2018

Yth
Wali Kelas 5

SDN Kawedanan

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

 

Bersama surat ini kami selaku orang tua dari :

Nama: Andika Rahmad

Kelas: 5 B

Tanggal : 13 Juni 2018

Tidak dapat mengikuti pelajaran disekolah pada hari ini karena sedang sakit. Dan kami mohon izin agar anak kami diizinkan untuk bisa istirah di rumah sampai kondisinya membaik.

 

Demikian surat izin ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami sampaikan byak terima kasih.

Hormat saya,

Didik Setiawan

Surat Izin tidak Masuk Sekolah karena Keperluan Keluarga

@pexels

Selain karena sakit anda juga dapat membuat surat izin kepada pihak guru atau sekolah karena ada keperluan entah itu keperluan keluarga atau keperluan yang lain. Berikut adalah beberapa contoh surat izin karena ada keperluan

Ngawi 14 Juni 21018

 

Yth. Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas 6

SDN Kwadungan 1 Ngawi

Di Tempat

 

Dengan Hormat

Dengan ini memberitahukan kepada Bapak/Ibu Guru atau Wali kelas 6 SDN Kwadungan Ngawi bahwasanya anak kami

Nama : Andrik Musthofa

Kelas : 6 B

Aalamat: Jln. Raya Dungus no 433 Ngawi

Dengan ini memberitahukan kepada kepada Bapak/Ibu Guru hari ini tidak dapat mengikuti pelajaran seperti hari biasanya, dikerenakan ada keperluan keluarga yang mengharuskan anak kami ikut ke kampung halaman di Blitar.

Demikian surat izin ini kami sampaikan harap dijadikan maklum. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami

 

Budi Cahyono

Orang tua / Wali

 

Magetan, 09 Maret 2015

 

Yang terhormat,
Bapak/Ibu Wali Kelas XI OTO

SMK Yosonegoro Magetan
Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama           : Angga Putra W
Kelas            : XI OTO
No. Presensi : 014098

Dengan ini bermaksud memohon izin kepada Bapak/Ibu Guru Wali kelas XI bahwasannya pada hari ini Senin 09 Maret 2015 hingga Kamis 09 Maret 2015 tidak dapata mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dikarenakan saya terpilih menjadi salah satu peserta lomba PEMUDA BERKARYA yang dia selenggarakan oleh pemerintah Kab. Magetan untuk seluruh desa diKab. Magetan, disini saya mewakili desa saya sehingga mengharuskan saya mengikuti kegiatan selam 3 hari di Gedung Pemkab Magetan.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sungguh-sungguh. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Angga Putra W

 

Contoh Surat Izin tidak Masuk Kuliah

Semua kampus memilki aturan absensi yang berbeda beda, ada beberapa kampus yang sangat ketat masalah absensi mahasiswa ada juga yang tidak terlalu ketat. Jika kebetulan anda berada di kampus yang ketat maka anda harus patuh jika ingin izin tidak masuk kuliah.

@pexels

Seperti kami terangkan di atas tingkat absensi anda sangat mempengaruhi prestasi anda selama kuliah. Jangan sampai gara-gara banyak absensi anda yang alfa menjadikan prestasi anda turun.

Berikut kami sajikan beberapa contoh surat izin tidak masuk kuliah yang dapat anda jadikan sebagai referensi

Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Sakit

Tidak semua dosen gampang percaya jika anda beralasan sakit jika tidak masuk kuliah, maka dari itu anda membuat percaya sang dosen dengan memberikan surat izin tidak masuk kuliah karena sakit agar sang dosen perrcaya.

sakit
@pexels

Akan tetapi ada beberapa kampus mewajibkan menyertakan surat keterangan dokter sebagai bukti bahwa anda benar benar sakit.

Berikut adalah beberapa contoh yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

Madiun 17 Juli 2018

Yang terhormat,

Bapak Djoko Susilo S. Kom
Wearnes Eduction Center Madiun
Jl. MH. Thamrin No 35 A, Madiun

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

 

Nama Lengkap:Denny Chicarito
NIM:201306098
Program Studi:Informatika
Fakultas:Teknik Informasi dan Komunikasi

Dengan ini saya ingin memberitahukan bahwa pada hari ini Jumat 17 Juli 2018 tidak dapt mengkiuti mata kuliah dikarenakan sakit. Sebagai bukti berikut saya lampirkan Surat Keterangan Pemeriksaan Dokter. Saya akan mulai mengikuti kegiatan belajar mengajar lagi di kampus setelah kondisi kesehatan saya membaik.

traveling, pergi
@pexels

Demikian surat izin saya buat dengan kesungguhan dan sebenar-benarnya. Atas kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Denny Chicarito

 

Madiun 17 Juli 2018

Yang terhormat,

Ibu Yulin Yulina M.Pdi
Universitas Jaya Karta
Jl. Cut Nyak Dien No 22D , Karangrejo, Nganjuk

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap:Dyah Yulia W.S
NIM:201408799
Program Studi:Pendidikan Manajemen Perkantoran
Fakultas:Pendidikan Ekonomi dan Bisnis

Dengan ini ingin menyampaikan kepada Ibu Yulin Yulina M.Pdi Bahwasannya pada hari ini 17 Juli 2018 saya tidak dapat mengikuti beberapa pelajaran dikampus dikarenakan sakit. Bersama ini saya juga lampirkan Surat Keretangan Pemeriksaan Dokter sebagai bukti.

Demikian surat izin saya buat dengan kesungguhan dan sebenar-benarnya. Atas kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dyah Yulia W.S

Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Ada Acara

@pixabay

Terkadang ada beberapa hal atau beberapa kegiatan diluar kampus yang tidak dapat kita tinggalkan. Apabila anda tergabung di beberapa organisasi di luar kampus maka hal ini pasti sering alami yakni jadwal mata perkuliahan di kampus bertabrakan dengan jadwal kegiatan organisasi

Jika anda rasa kegitan diluar kampus lebih penting maka anda dapat membuat surat izin tidak masuk kuliah karena keperluan diluar.

Surat izin ini juga dapat anda gunakan jika anda memiliki keperluan keluarga yang juga urgen.

Berikut beberapa contoh surat izin tidak kuliah yang dapat anda jadikan referensi

Bekasi 21 Desember 2017

Yang terhormat,

Bapak. Adi Hidayat Lc Ma
Universitas Sunan Muria
Jl. Bekasi Raya No. 77 Blok C Bekasi

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap:Zulklifli Hasan
NIM:080887898
Program Studi:Studi Ekonomi Islam.
Fakultas:Fakultas Agama Islam

Dengan ini ingin menyampaikan kepada Bapak Adi Hiyata Lc. Ma bahwasannya pada hari ini Senin 22 Desember 2017 saya tidak dapat mengikuti beberapa materi kuliah di kampus Universitas Sunan Muria dikarenkan ada kegiatan lain di luar kampus yang sangat penting. Yakni saya terpilih menjadi salah satu peserta yang mengkuti Pelatihan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) di Gedung Gatot Kaca Bekasi selama satu hari.

Demikian surat izin saya buat dengan kesungguhan dan sebenar-benarnya. Atas kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Zulkifli Hasan

 

Surakarta, 08 Agustus 2018

Yang terhormat,

Bapak Darmadi S. Sos
Universitas Negeri Surakarta
Jl. Hasanuddin No 73 Surakarta

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap:Nur Wakhid
NIM:08014998
Program Studi:Teknik Perkapalan
Fakultas:Fakultas Tekhnik

Dengan ini saya ingin menyampaikan permohonan izin bahwasannya pada hari ini 08 Agustus 2018 saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan seperti hari biasanya dikarenakan sakit flu. Bersama surat ini saya lampirkan surat dokter sebagai bukti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

 

Hormat saya,

 

Zulkifli Hasan

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Surat Izin tidak masuk kerja ini sangat penting bagi para pegawai atau karyawan yang tidak bisa masuk kerja. Ada banyak hal salah satunya karena sakit atau karena ada keperluan keluarga yang tak dapat ditinggal.

@pixabay

Mengapa surat izin ini sangat penting bagi karyawan yang tidak masuk kerja, alasannya adalah karena jika anda seenaknya sendiri tidak masuk kerja tanpa memberitahu atasan maka secara otomatis anda akan dimarahi atasan anda parahnya jika gaji anda bisa dipotong dan yang lebih parah lagi anda bisa dipecat gara-gara itu.

Maka dari itu sudah sewajibnya anda mematuhi peraturan kantor tempat anda bekerja. Berikut ini kami berikan beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dapat anda pakai jika suatu saat anda ingin izin.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Yang terhormat,
Kepala Personalia
PT. Madiun Jaya Meuble
Jln. Parkesit No.45 MadiunDengan hormatSaya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama   : Nursalim
Alamat : Jln. Mayjen Sungkono Gg. Emprit No 21
Jabatan : Driver

Dengan ini saya ingin menyampaikan informasi dan meminta izin bahwasannya pada hari ini 21 Februari 2018 saya tidak dapat masuk kerja dikarenakan sakit radang dan harus berobat ke dokter. Bersama surat izin ini saya lampirkan surat keterangan pemeriksaan dokter sebgai bukti bahwa saya benar-benar sakit.Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.Madiun, 21 Februari 2018

Hormat saya,

 

(Nursalim)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Ada Keperluan

Kepada
Kepala HRD
PT. Bank Perserikatan
Jln. Mangunharjo No 22 MadiunAssalamu’alaikum
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :Nama   : Dinda Kanya Dewi
Alamat : Jln. Merbabu No 45, Taman, Madiun
Jabatan : Customer ServiceBersama surat yang saya kirim ini say mohon izin tidak dapat masuk kerja pada hari ini   10 Mei 2018 hingga 14 Mei 2018 dikarenakan harus pulang ke kampung halam karena ada saudara yang menikah. Untuk beberapa berkas yang terkait pekerjaan saya.Demikian permohonan izin ini saya sampaikan, atas izin yang diberikan saya ucapkan terim kasih.Wasslamu’alaikum wr. WbMadiun, 21 Februari 2018Hormat saya,Dinda Kanya Dewi

Kesimpulan

sakit, anak kecil
@pixabay

Setelah kita melihat pemaparan tentang surat izin di atas mulai dai Surat izin tidak masuk sekolah ,surat Izin tidak masuk kuliah, surat izin tidak masuk kerja dan juga cara membuat surat izin tersebut dapat disimpulkan bahwa surat izin sangatlah penting. Melalui surat izin kita dapat terhindar dari beberapa hal yang kita tidak inginkan seperti absensi yang buruk, terkena sanksi perusahaan dll.

Maka dari itu sudah selayaknya membuat surat izin harus dengan kesungguhan dan juga tidak dipergunakan untuk mencari-cari alasan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like