9+ Contoh Surat Pengunduran Diri (Surat Resign)

Bagi anda yang sedang mencari informasi terkait surat pengunduran diri atau surat resign, saat ini anda membaca artikel yang tepat. Disini kami akan menyajikan informasi mengenai surat pengunduran diri atau surat resign. Meliputi cara membuat surat pengunduran diri, tujuan, dan juga contoh surat pengunduran diri.

Selamat membaca.

Apa itu Surat Pengunduran Diri?

Sebelum kita membahas tentang surat penguduran diri lebih jauh, baiknya kita harus tahu apa itu surat?

Menurut Wikipedia Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain.

resign, mengundurkan diri

Surat pengunduran diri atau surat resign adalah surat yang dibuat oleh karyawan yang ditujukan kepada instansi atau perusahaan tempat ia bekerja.

Seperti namanya, maksud surat pengunduran diri atau surat resign ini adalah untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatan atau pekerjaan sekarang dia geluti.

Tujuan Surat Pengunduran Diri

Semua orang punya hak untuk berhenti dari pekerjaan yang sedang dia jalani. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi seseorang untuk berhenti bekerja salah satunya karena merasa tidak nyaman di lingkungan kerja.

Oleh karena itu jika anda merasa tidak nyaman atau ingin berhenti dari tempat kerja anda sekarang, maka salah satu berkas yang anda butuhkan adalah surat pengunduran diri atau surat resign. Berikut adalah alasan atau tujuan mengapa anda harus membuat surat pengunduran diri ketika anda ingin berhenti bekerja

Agar Terlihat Profesional

Mungkin anda masih ingat ketika anda mau masuk di perusahaan tempat anda bekerja sekarang pastilah anda membuat surat lamaran kerja. Nah begitu pula ketika anda ingin berhenti bekerjapun seharunya anda juga membuat surat pengunduran diri untuk anda sampaikan ke pihak perusahaan atau instansi tempat anda bekerja sekarang.

Ketika anda dulu melamar pekerjaan dengan cara yang profesional maka ketika anda keluarpun juga baiknya dengan cara professional pula. Hal ini sebagai bentuk penghormatan kepada atasan maupun kepada perusahaan tempat anda bekerja.

Agar Perusahaan Tahu

Salah satu peribahasa yang sangata terkenal adalah ‘ Ketika anda memudahkan orang lain, anda akan dimudahkan Tuhan” itu bisa berarti pada kasus ini.

Ketika anda memberikan surat pengunduran diri atau surat resign kepada perusahaan anda maka kemungkinan perusahaan tidak akan langsung meng-approve akan tetapi memberi jangka waktu terlebih dahulu.

Biasanya perusahaan akan mencari karyawan pengganti posisi anda terlebih dahulu apalagi jika jabatan anda merupakan jabatan yang penting.

Maka dengan begitu anda memudahkan perusahaan anda. Lain cerita jika anda tiba tiba resign tanpa pemberitahuan maka bisa jadi perusahaan kebingungan karena belum ada karyawan yang menggantikan posisi anda.

Menentukan Status

Pada bagian ini tidak perlu dibahas panjang lebar karena intinya adalah agar perusahaan memiliki berkas mengenai status anda sebagai perusahaan tersebut secara jelas

Perlengkapan Administrasi

Hal ini merupakan bagian yang jarang dibahas mengapa kita perlu membuat surat pengunduran diri atau surat resign sebelum kita keluar dari perusahaan.

Bagi Perusahaan.

Jika anda pernah bekerja sebagia staff administrasi di suatu perusahaan pasti anda akan tahu seberapa penting surat keluar masuk perusahaan.

Bagaimana seorang staf administrasi harus menata dan menyimpan berkas-berkas perusahaan dengan rapi dan benar, agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan mudah untuk diakses.

Termasuk surat pengunduran diri atau surat resign ini sangat penting karena bekait dengan data karyawan. Seperti kita tahu bahwa melalui data karyawan ini perusahaan membayar hak-hak karyawan sperti BPJS, Gaji, bahkan asuransi. Jika data karyawan ini tidak valid maka bisa jadi perusahaan dirugikan.

Bagi Karywan yang Resign

Dalam dunia kerja ada banyak peraturan atau syarat dari perusahaan yang harus ditaati. Salah satunya ketika anda resign maka anda pasti berharap mendapatkan tunjangan atau pembayaran sisa gaji terakhir anda. Nah itulah pentinganya anda membuat surat pengunduran diri atau surat resign. Karena ada beberapa perusahaan yang mewajibkan memberikan surat pengunduran diri sebagai syarat untuk mencairkan sisa gaji dan tunjangan.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri / Surat Resign

Pada dasarnya membuat surat pengunduran diri bisa dikatan mudah, asalkan kita tahu kaidah-kaidah yang benar maka membuat surat pengunduran diri tak memakan waktu lama.

surat pengunduran diri

Yang terpenting dari sebuah surat yang kita buat adalah pesan didalamnya dapat tersampaikan dengan baik tanpa menyakiti siapapun. Lalu bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik? Berikut ulasannya.

Gunakan Kertas yang Baik

Pilhlah kertas yang putih dan bersih, ukuran yang umum dipakai adalah A4 hindari coretan yang tidak perlu pada kertas anda, jika anda ingin menulis dengan tangan ada baiknya anda menggunakan bolpoin warna hitam atau warna biru. Hindari dari penggunaan kertas yang bermotif dan bolpoin warna yang tak umum untuk menulis sesuatu yang penting.

Jika anda mampu membuat surat tersebut dengan format ketik, maka itu lebih baik.

Gunakan Bahasa Baku

Surat yang baik adalah surat yang mampu menyampaikan maksud dengan baik tanpa merugikan atau menyinggung perasaan orang lain.

Maka dari itu seharusnya dalam membuat surat pengunduran diri atau surat resign anda harus menggunakan bahasa baku yakni bahasa yang resmi. Hindari kata-kata yang tidak formal seperti bahasa kekinian. Tak lupa anda harus menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dalam surat yang anda buat agar terlihat rapi.

surat pengunduran diri
@pexels

Mengapa hal di atas harus dipenuhi? Karena tidak semua orang dapat menerima bahasa kita sehari-hari. Maka untuk menghidari dari menyinggung orang lain mestinya kita membuat surat tersebut dengan bahasa yang baku dan sopan.

To The Point

Setelah baian 1 dan 2 anda penuhi maka bagian ini merupakan bagian yang paling penting. Bagian ini menjadi ujung tombak dari surat pengunduran diri yang anda buat. Setelah salam pembuka anda buat,  maka sampaikanlah isi surat pengunduran diri anda dengan to the point dan jang betele-tele. Samapaikan bahsa anda inging mengundurkan diri dari perusahaan tersebut, anda bisa mencantumkan tanggal kapan anda ingin berhenti bekerja.

Sampaikan juga alasan mengapa anda mengundurkan diri dengan bahasa yang sopan tentunya.

Ucapan Terima Kasih dan Penutup

kerja
@pixabay

Setelah maksud anda tersampaikan pada bagian isi maka tutup surat pengunduran diri anda dengan ucapan terima kasih. Anda bisa mungucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan bekerja di perusahaan tersebut. Terakhir juga jangan lupa ucapkan permintaan maaf jika selama bekerja ada kesalah yang sengaja maupun tidak sengaja anda kerjakan.

Rapi

Ketika anda memberikan surat pengunduran diri anda kepada atasan anda berikan dalam keadaan rapi. Usahakan memakai amplop atau menggunakan stopmap yang baik agar anda dinliai tidak sembarangan dalam memperlakukan orang lain.

Alasan Mengundurkan diri

Pada bagian isi anda diwajibkan memberikan alasan yang tepat tentang mengapa anda mengundurkan diri atau resign. Berikut adalah alasan yang dapat anda gunakan untuk surat resign anda :

pusing, kerja kantor, surat pengunduran diri
@pexels
  • Gaji yang kurang mencukupi
  • Harus pulang ke kampung halaman
  • Masalah kesehatan yang mengahruskan anda berhenti bekerja
  • Ingin wirausaha
  • Lingkungan kerja yang kurang mendukung
  • Sulit melakukan kewajiban ibadah
  • Jam kerja yang tidak sesuai kontrak kerja
  • Ingin menikah dan pindah kota
  • Mempunyai anak kecil dan tidak bisa ditinggal
  • Hamil

Dan berikut beberapa alasan yang sebaiknya anda hindari dalam membuat surat pengunduran diri :

  • Putus cinta dengan teman sekantor
  • Cinta ditolak
  • Ada perselisihan dengan teman satu kantor
  • Jabatan yang tidak kunjung naik
  • Sakit sariawan
  • dll

Contoh Surat Pengundururan Diri

kerja, kantor
@pexels

Setelah kita membahas panjang lebar mengenai surat pengunduran diri atau surat resign di atas. Maka berikut kami berikan beberapa contoh surat pengunduruan diri yang dapat anda gunakan sebagai bahan referensi.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari OSIS

Madiun, 20 April 2016

Kepada Yth,
Pembina dan Ketua OSIS
SMA Negeri 7 Madiun

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini ;

Nama:Ika Dwi Ananda
Kelas:XI IPS
Jabatan:Bendahara 2

Dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari keanggotaan OSIS SMA 7 Madiun. Berikut adalah beberapa alasan saya mengundurkan diri :

1.   Tidak mendapat izin dari Orang tua

2.   Jadwal kegiatan OSIS yang saya rasa mengurangi waktu efektif saya dalam belajar.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada OSIS SMA 7 Madiun. Karena selama ini sudah diterima dengan baik menjadi salah satu anggota. Selain itu banyak pengalaman yang saya dapat selama saya menjadi anggota.

Dan saya juga mengucapkan permintaan maaf. Jika selama saya menjadi anggota OSIS SMA 7 Madiun saya pernah melakukan kesalahan baik yang sengaja maupun tidak.

Besar harapan saya surat pengunduran diri saya dapat diterima dan dipertimbangkan.

Hormat Saya,

Ika Dwi Ananda

 

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank

Madiun, 22 Mei 2015

 

Kepada Yth.

Direktur. PT.Bank Mandiri Persero
Jl. Pahlawan No 35a Madiun

 

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai pegawai Bank Mandiri KCU Madiun atas:

 

Nama     : Teguh Aprilianto

Jabatan : Customer Service

Alamat   : Jl. Imam Bonjol No 66 Madiun

 

Dengan ini saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada PT. Bank Mandiri Persero KCU Madiun atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja selama 5 tahun. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada semua jajaran karyawan atas bimbingan dan support kepada saya selama ini.

Permohonan maaf saya sampaikan kepada semua pihak yang ada di PT Bank Mandiri KCU Madiun. Apabila ada kesalahan atau khilaf yang pernah saya lakukan selama menjadi karyawan.

Semoga PT.Bank Mandiri KCU Madiun semakin maju dan menjadi yang terdepan.

 

Hormat Saya,

 

Teguh Aprilianto

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Madiun 22 Januari 2018

Kepada:

Kepala Personalia

PT. Panca Mitra Sukses

 

Dengan Hormat,

Bersama surat ini saya Abdurrahman Hakim bermaksud mengundurkan diri sebagai Staf Administrasi di PT. Panca Mitra Sukses, terhitung mulai 03 Maret 2018.

Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada PT. Panca Mitra Sukses karena telah memberikan kesempatan kepada saya untuk bekerja selama kurang lebih 2 tahun sebagai Staf Administrasi. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Panca Mitra Sukses atas dukungan dan bimbingan kepada saya selama ini.

Semoga kedepannya PT Panca Mitra Sukses semakin maju dan berkembang.

 

Hormat saya,

Abdurrahman Hakim

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Dari Sekolah

Madiun, 30 Maret 2018

 

Kepada Yth.

Kepala Sekolah. MTs Kembang Sawit

Jalan Budi utomo No 80 Madiun

 

 

Assalamu’alaikum wr.wb

 

Dengan hormat,

 

Yang bertanda tangan di bawah ini saya:

Nama: Muhammad Abdul Rozak

Alamat: Jln Pemuda No 11 A Blok C Perumnas Madiun

Jabatan: Guru TIK ( Teknik Informasi dan Komunikasi )

 

Dengan ini saya ingin mnegajukan surat permohonan pengunduran kepada MTs. Kembang Sawit sebagai guru / pengajar pelajaran TIK ( Teknik Informasi dan Komunikasi ) terhitung mulai tanggal 4 April 2018.

Alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya ingin memulai wirausaha di tempat tinggal saya. Sehingga sangan tidak memungkinkan jika saya tetap mengajar di MTs. Kembang Sawit.

Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada MTs. Kembang Sawit dan para guru atas dukungan dan kerjasamanya selama saya mengajar di TIK ( Teknik Informasi dan Komunikasi ) di Mts. Kembang Sawit.

Dan tak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada semua pihak jika ada kesalahan atau perilaku saya yang kurang baik selama ini.

Semoga MTs. Kembang Sawit semakin maju dan mampu mencetak murid-murid yang sukses.

Wassalamu ’alaikum wr. Wb.

 

 

Hormat Saya

 

Muhammad Abdul Rozak

Contoh Surat Pengunduran diri Sebagai Mahasiswa

Ponorogo, 22 Januari 2018

Kepad Yth.

Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Indonesia

Di Tempat

 

Dengan Hormat

Saya yang bertada tangan di bawah ini:

Nama: Adi Nur Fadli
NIM: 0042241511
Fakultas: Agama Islam
Jurusan: Tarbiyah
Kelas: FAI 2

 

Dengan ini saya mengajukan permohan pengunduruan diri sebagai mahasiswa Kelas FAI 2 Fakultas Agama Islam Jurusan Tarbiyah Universitas Islam Indonesia tahun akdemik 2017. Alasan saya mengundurkan diri karena saya dan keluarga harus pindah domisili ke luar pulau mengikuti tugas dinas orang tua.

 

Atas perhatian dan kebijasanaanya kami saya ucapkan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum wr.wb

 

Hormat saya

PemohonOrang Tua/Wali

 

 

Adi Nur Fadli       Kusnandar

 

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pabrik

Mojokerto, 9 November 2014

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Ngoro Huidin Plastic
Ngoro Industrial Persada Kav Berikat Bloc C No 35,
Ngoro- Mojokerto

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya Ahmad Fahmi Rozaki bermaksud mengundurkan diri dari PT. Ngoro Huiding Plastik sebagai Operator mesin produksi. Terhitung mulai tanggal 12 November 2014. Adapun alasan mengapa saya resign adalah karena saya mendapatkan tawaran pekerjaan di Madiun.

Ucapan maaf saya haturkan kepada semua jajaran managemen, para karyawan PT. Ngoro Huiding Plastic dan juga kepada rekan-rekan saya satu team. Apabila ada kesalahan dari saya baik yang saya sengaja maupun tidak saya mohon di maafkan.

Semoga kedepannya PT. Ngoro Huiding Plastic semakin sukses dan maju. Tak lupa saya berterima kasih karena selama ini sudah diterima dengan baik selama 1 tahun karyawan di PT. Ngoro Huiding Plastic.

Hormat Saya,

 

Ahmad Fahmi R

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan

Madiun, 09 November 2017

Kepada Yth,
Personalia
Hotel Aston Madiun
Jl. Hayam Wuruk No 22 Mangunharjo
Madiun

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini saya

Nama: Wiwik Indah Sari

Alamat: Perumnas Rejomulyo RT 22 RW 03 Madiun

Denag Hormat,

Dengan ini saya bermaksud mengundurkan diri sebagai Resepsionis di Hotel Aston Madiun.  Karena pada bulan Desember 2017 saya akan menikah dan akan ikut domisili suami saya di Surabaya.

Besar rasa terima kasih saya kepada Hotel Aston Madiun karena selama tiga tahun saya menjadi karyawan saya diterima dengan baik. Tak lupa saya ucapkan terima kasih tak terhingga kepada jajaran karywan dan managemen. Karena sudah membimbing dan men support saya selama saya menjadi karywan Hotel Aston.

Permohonan maaf saya sampaikan melalui surat ini kepada semua pihak baik karyawan maupun rekan kerja . Apabila selama ini saya pernah melakukan kekhilafan dan kesalahan baik yang sengaja maupun yang tidak saya lakukan.

Saya berharap Hotel Aston Madiun semakin maju dan semakin sukses kedepannya.

Hormat Saya,

Wiwik Indah Sari

Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Alasan

Salatiga, 14 Januari 2017

Kepada
Yth. Kepala PT. Indah Sukses Abadi
Jln. Moringa No 22 Blok A
Makassar

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, Saya sebagai Karyawan PT. Indah Sukses Abadi Merujuk pada Surat Kontrak Kerja yang saya terima pada bulan juni 2016 bahwasannya;

Nama             : Wahyu Santoso
Departemen   : Logistik
Jabatan           : Staf Admin Logistik
No. Karyawan : ISA 20162304
Masa Kontrak Kerja : 21 Juni 2016 s/d 21 Januari 2017

Menunjukkan bahwa 21 Januari 2017 kontrak kerja saya dengan PT Indah Sukses Abadi telah berakhir. Oleh karena itu terhitung mulai 21 Januari 2017, saya berharap tidak ada perpanjangan kontrak kerja saya. Dan saya bermaksud mengundurkan diri dari PT. Indah Sukses Abadi sebagai karyawan.

Adapun alasan mengapa saya mengundurkan diri adalah karena saya ingin focus pada usaha yang sedang saya rintis.

Demikan surat pengunduran diri ini saya buat dengan kesadaran dan tanpa ada paksaaan dari pihak manapun.

Hormat Saya

 

Wahyu Santoso

Contoh Surat Pengundran Diri yang Baik dan Benar

Pacitan 12 Sepetember 2018

Kepada Yth,
Bapak. Didik Setiyadi
Personalia PT. WEES WUSS
Di tempat

Perihal : Surat Resign

Dengan hormat, yang bertanda tangan di bawa ini saya :

Nama:Nurdiansyah Saputra
Jabatan:Kepala Gudang

Bersama surat ini saya ingin mengajukan permohonan diri untuk resign dari PT. WEES WUSS sebagai Kepala Gudang karena bebera hak saya tidak dipenuhi oleh perusahaan seperti gaji dan tunjangan.

Saya ucapkan banyak terima kasih telah diberikan kesempatan selama ini untuk dapat bergabung menjadi salah satu bagian dari PT. WEES WUSS.

Saya berharapa kedepannya PT. WEES WUSS menjadi lebih baik lagi

Atas kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Nurdiansyah Saputra

 Kesimpulan

kesimpulan

Kita mempunyai hak untuk menentukan jalan hidup termasuk menentukan pekerjaan yang kita suka. Jika dalam suatu pekerjaan ada hal-hal yang tidak kita suka dan kita tidak bisa menyelesaikannya. Maka kita bisa mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai solusi terakhir.

Dalam membuat surat resign atau surat pengunduran hal yang perlu kita perhatikan adalah kita mampu menyampaikan maksud dan tujuan. Jangan sampai kita harus menyakiti orang atau pihak lain.

Selain hal di atas surat resign atau surat pengunduran diri yang kita buat haruslah benar yang kita sampaikan dengan kenyataannya. Hindari kebohongan dalam hal apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
surat tidak resmi untuk guru, sahabat, dan keluarga
Read More

Contoh Surat Tidak Resmi

Table of Contents Seputar Surat Tidak ResmiPengertian Surat Tidak ResmiCiri- Ciri Surat Tidak ResmiContoh Surat Tidak ResmiSurat Tidak…