Contoh Surat Pribadi untuk Keluarga, Guru dan Sahabat

contoh surat pribadi

Apa yang terbersit dalam benak anda ketika mendengar surat pribadi? Mungkin bagi anak 90-an surat pribadi merupakan surat yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Ya karena surat pribadi pada era 90-an masih sangat sering dan layak untuk dipakai sebagia media komunikasi.

Seiring perkembangan jaman, surat-surat tidak resmi seperti surat pribadi ini sudah mulai ditinggalkan, karena semu sudah tergantikan oleh smartphone

Akan tetapi bagi anda yang tertarik membuar surat pribadi, jangan khawatir . Kali ini kami akan bahas mengenai surat pribadi untuk anda, dan tidak lupa kami akan berikan beberpa contoh surat pribadi yang umum digunakan.

Pengertian Surat Pribadi

pensil kayu

Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh individu dan dikirimkan kepada individu pula, misalkan seorang anak mengirimkan surat kepada orang tuanya. Surat pribadi merupakan kelompok salah satu jenis surat tidak resmi itu artinya surat pribadi tidak memiliki kekuata hukum.

Cara Membuat Surat Pribadi

Membuat surat pribadi merupakan sesuatu yang mudang mudah sekali karena dalam pembuatannya tidak ada aturan yang mengikat seperti pada surat resmi. Seperti kita tahu dalam surat resmi anda diminta mencantumkan ini dan itu sedangkan dalam surat pribadi anda bebas menggunkan format seperti apa.

Baca Juga : Surat Pemberitahuan

Gaya bahasa dalam surat pribadi juga tidak ada aturan yang terpenting surat anda menggunakan bahasa yuang sopan dan mudah untuk dimengerti.

Ciri-ciri Surat Pribadi

tumpukan buku
sumber:pixabay.com

Bagi anda yang belum bisa membedakan surat pribadi dengan surat-surat resmi lainnya berkikut kami berikan beberapa ciri-ciri surat pribadi

  1. Tidak ada format penulisan yang formal sepeerti Kop surat, No, Perihal dll
  2. Bahasa yang digunakan biasanya bahasa sehari-hari,ini bisa dilihat dengan bahasa sapaan kepada penerima surat sperti, mas, dik, bro, sob dll
  3. Lebih sering ditulis dengan tulisan tangan
  4. Kertas terserah artinya kertas yang digunakan bebas bisa mkenggunkan kertas bermotif atau kertas yang lain.
  5. Bertujuan untuk kepentingan yang pribadi atau tidak formal
  6. Biasanya isinya cuma memberi dan bertanya kabar berita kepada penerima.

Baca Juga : Contoh Surat Cinta untuk Kekasih

Contoh Surat Pribadi

pensil tulis
sumber:pixabay.com

Contoh surat pribadi sebenarnya sangat banyak sekali karena semua orang bebas menulis surat pribadi untuk siapa saja. Berikut adalah beberapa contoh surat pribadi yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

Contoh Surat Pribadi untuk Keluarga

keluarga
sumber:pixabay.com
Madiun 23 Januari 1998

 

Dear Kak Indra.

 

Assalamu-alaikum Wr Wb

Hai kak Indra, Selamat pagi. Semoga kabar kakak baik baik saja di sana. Oh ya kak disini ani mau kasih kabar keluarga dirumah kak. Alhamdulillah kak semua keluarga dalam keadaan baik dan sehat semua. Kabar kakak di situ bagaimana, lancar kan kerjanya?

Oh ya kak, Bapak sama Ibu juga sering nanyain kabar kak Indra, katanya beliau berdua sangat kangen kak Indara, Kapan pulang kak? Tahun baru pulang ya kak, ntar biar dimasakin gulai kambing kesukaan kakak.

Oh ya kak temen kakak sekolah si Wakhid kemring sore datang kerumah kak, dia nganterin undangan nikah kak, hayoo kak indra kapan nih nikah, semua temen kakak udah pada nikah tuh heheh. Oh ya kak itu undangannya tanggal 29 Desember kak, nah pas kan kalau kakak pulang sekalian tahun baruan dirumah. Kalau jadi   pulang jangan lupa bawain oleh oleh ani ya kak.

Oh ya kak minggu ini Ani udah mulai ulangans semester , minta doanya ya kak biar nilai Ani bisa bagus.

Udah ya kak sampai disini dulu ani tulis suratnya, kakak baik-baik ya disana jaga kesehatan, itu pesen ibuk kak.

 

Assalamu-alaikum

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Magetan 08 Februari 2000

 

Dear Fatimah

 

Gimana kabarmu ya Ukhti di Jogja? Semoga baik- baik saja ya Ukhti. Aisyah mau kasih kabar ke Ukhti kalau minggu lalu Aisyah dilamar oleh pemuda namanya Abdul Rohim. Alhamdulillah berkat dukungan dari Ukhti akhirnya Aisyah berani untuk nikah muda. Sedikit Aisyah ingin cerita ke Ukhti tentang lamaran kemarin.

Jadi sebernarnya tanpa rencana apapun tapi karena Allah telah menakdirkan pertemuan ini. Sore itu Aisyah nemenin Abi sama Umi belanja di Mall Madiun, eh waktu di kasih ternyata ada si Abul Rahim ini sama Ayah dia dan ternyata Ayah kami adalah teman lama waktu sekolah. Eh ternyata Abi sama Ayahnya Adbur Rahim ini ngobrol agak lama dan agak serius, Aku sama Umi akhirnya nunggu Abi di Mobil. Singkatnya Abi datang dan kami pulang menuju rumah, diperjalanan abi tanya ke Aisyah bagaimana kalau Aisyah dijodohin sama si Abdurrohim, Abi bilang kalau Abdur Rohim anak muda yang baik , dia baru saja lulus dari Pondok dari Magetan dan Sedang memulai bisnis Online. Ya Aisyah nurut nasihat Ukhti saat itu, untuk manut sama Orang tua. Akhirnya Aisyah mengiyakan tawaran dari Abi.

Eh Aisyah kira masih lama ternyata selang seminggu Abdur Rohim datang mnelamar. Akhirnya udah ketemu tanggal nikah pada tanggal 26 April 2000. Jadi sekalian Aisyah ngundang Ukhti Fatimah untuk bisa datang ke Magetan untuk harir di walimatul ursy pernikahan Aisyah.

Makasih ya Ukhti selama ini udah diberi nasihat soal pernikahan, minta doanya semoga semuanya lancar samapi akhir.

Demikian dulu ya Ukhti, Aisayah tunggu kedatangannya yaa…

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

 

Regard,

Aisyah Ramdahani

Baca Juga : Contoh Surat Dinas Sekolah

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris

Hi John

How are you? we haven’t met for a long time, hopefully you are doing well.

Do you still remember my promise? I once had an appointment if one day I would be successful. Just to give the news that now I have proven sir. At present, Alhamdulillah I am given the opportunity to become an entrepreneur. I still remember your advice on being an entrepreneur. thanks to your advice, I can achieve the success I want.

 

I really want to meet you to talk about my experience being an entrepreneur. Hope you are happy to be my friend

 

Regard,

Steve Job

Contoh Surat Pribadi untuk Guru

pensil warna
sumber:pixabay.com
Madiun 22 Juni 1999

Assalamu’alaikum Wr Wb

 

Salam Hormat Pak Nur Hadi, Apakah bapak masih ingat dengan saya pak? Saya Fahmi pak murid bapak di MAN 1 Madiun angkatan 1990 s/d 1993 pak. Saya murid di kelas IPS pak, semoga ingat ya pak hehehe.

Bagaimana kabar Pak Nur sekarang? Sudah hampir 7 tahun tidak ketemu pak Nur.

Saya mengirim surat ini bermaksud menanyakan kabar Pak Nur Hadi dan juga saya ingin berterima kasih kepada pak Nur atas ilmu Qur’an Hadits yang dijarkan dulu sekarang sangat berguna bagi saya. Saya juga masih ingat tentang nasihat pak Nur tentang menjdai orang cerdas dahulu. Dan sekarang atas izin Allah saya memperoleh banyak pengalaman karena mengamalkan nasihat dari pak Nur.

Baca Juga : Contoh Surat Resmi

Sekarang saya bekerja di sebuah perusahaan di Jakarta pak sebagai HRD. Saya berharap nanti ketika pulang ke Madiun bisa bertemu dan menyambung tali silaturahim dengan pak Nur.

Baik Pak mungkin samapi disini surat yang saya tulis, terima kasih sudah berkenan membaca surat ini. Semoga pak Nur selalu dalam lindungan Allah SWT, selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang.

 

Assalamu’alaikum Wr Wb

Setelah anda membaca pembahasan di atas tentunya anda telah paham mengenai surat pribadi, Nantikan artikel menarik lainnya hanya di Fahmipeda.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Apa yang terbersit dalam benak anda ketika mendengar surat pribadi? Mungkin bagi anak 90-an surat pribadi merupakan surat yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Ya karena surat pribadi pada era 90-an masih sangat sering dan layak untuk dipakai sebagia media komunikasi. Seiring perkembangan jaman, surat-surat tidak resmi seperti surat pribadi ini sudah mulai ditinggalkan, karena semu sudah tergantikan oleh smartphone Akan tetapi bagi anda yang tertarik membuar surat pribadi, jangan khawatir . Kali ini kami akan bahas mengenai surat pribadi untuk anda, dan tidak lupa kami akan berikan beberpa contoh surat pribadi yang umum digunakan.

Pengertian Surat Pribadi

pensil kayu Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh individu dan dikirimkan kepada individu pula, misalkan seorang anak mengirimkan surat kepada orang tuanya. Surat pribadi merupakan kelompok salah satu jenis surat tidak resmi itu artinya surat pribadi tidak memiliki kekuata hukum.

Cara Membuat Surat Pribadi

Membuat surat pribadi merupakan sesuatu yang mudang mudah sekali karena dalam pembuatannya tidak ada aturan yang mengikat seperti pada surat resmi. Seperti kita tahu dalam surat resmi anda diminta mencantumkan ini dan itu sedangkan dalam surat pribadi anda bebas menggunkan format seperti apa. Baca Juga : Surat Pemberitahuan Gaya bahasa dalam surat pribadi juga tidak ada aturan yang terpenting surat anda menggunakan bahasa yuang sopan dan mudah untuk dimengerti.

Ciri-ciri Surat Pribadi

[caption id="attachment_650" align="alignnone" width="800"]tumpukan buku sumber:pixabay.com[/caption] Bagi anda yang belum bisa membedakan surat pribadi dengan surat-surat resmi lainnya berkikut kami berikan beberapa ciri-ciri surat pribadi
  1. Tidak ada format penulisan yang formal sepeerti Kop surat, No, Perihal dll
  2. Bahasa yang digunakan biasanya bahasa sehari-hari,ini bisa dilihat dengan bahasa sapaan kepada penerima surat sperti, mas, dik, bro, sob dll
  3. Lebih sering ditulis dengan tulisan tangan
  4. Kertas terserah artinya kertas yang digunakan bebas bisa mkenggunkan kertas bermotif atau kertas yang lain.
  5. Bertujuan untuk kepentingan yang pribadi atau tidak formal
  6. Biasanya isinya cuma memberi dan bertanya kabar berita kepada penerima.
Baca Juga : Contoh Surat Cinta untuk Kekasih

Contoh Surat Pribadi

[caption id="attachment_648" align="alignnone" width="800"]pensil tulis sumber:pixabay.com[/caption] Contoh surat pribadi sebenarnya sangat banyak sekali karena semua orang bebas menulis surat pribadi untuk siapa saja. Berikut adalah beberapa contoh surat pribadi yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

Contoh Surat Pribadi untuk Keluarga

[caption id="attachment_649" align="alignnone" width="800"]keluarga sumber:pixabay.com[/caption]
Madiun 23 Januari 1998   Dear Kak Indra.   Assalamu-alaikum Wr Wb Hai kak Indra, Selamat pagi. Semoga kabar kakak baik baik saja di sana. Oh ya kak disini ani mau kasih kabar keluarga dirumah kak. Alhamdulillah kak semua keluarga dalam keadaan baik dan sehat semua. Kabar kakak di situ bagaimana, lancar kan kerjanya? Oh ya kak, Bapak sama Ibu juga sering nanyain kabar kak Indra, katanya beliau berdua sangat kangen kak Indara, Kapan pulang kak? Tahun baru pulang ya kak, ntar biar dimasakin gulai kambing kesukaan kakak. Oh ya kak temen kakak sekolah si Wakhid kemring sore datang kerumah kak, dia nganterin undangan nikah kak, hayoo kak indra kapan nih nikah, semua temen kakak udah pada nikah tuh heheh. Oh ya kak itu undangannya tanggal 29 Desember kak, nah pas kan kalau kakak pulang sekalian tahun baruan dirumah. Kalau jadi   pulang jangan lupa bawain oleh oleh ani ya kak. Oh ya kak minggu ini Ani udah mulai ulangans semester , minta doanya ya kak biar nilai Ani bisa bagus. Udah ya kak sampai disini dulu ani tulis suratnya, kakak baik-baik ya disana jaga kesehatan, itu pesen ibuk kak.   Assalamu-alaikum

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Magetan 08 Februari 2000   Dear Fatimah   Gimana kabarmu ya Ukhti di Jogja? Semoga baik- baik saja ya Ukhti. Aisyah mau kasih kabar ke Ukhti kalau minggu lalu Aisyah dilamar oleh pemuda namanya Abdul Rohim. Alhamdulillah berkat dukungan dari Ukhti akhirnya Aisyah berani untuk nikah muda. Sedikit Aisyah ingin cerita ke Ukhti tentang lamaran kemarin. Jadi sebernarnya tanpa rencana apapun tapi karena Allah telah menakdirkan pertemuan ini. Sore itu Aisyah nemenin Abi sama Umi belanja di Mall Madiun, eh waktu di kasih ternyata ada si Abul Rahim ini sama Ayah dia dan ternyata Ayah kami adalah teman lama waktu sekolah. Eh ternyata Abi sama Ayahnya Adbur Rahim ini ngobrol agak lama dan agak serius, Aku sama Umi akhirnya nunggu Abi di Mobil. Singkatnya Abi datang dan kami pulang menuju rumah, diperjalanan abi tanya ke Aisyah bagaimana kalau Aisyah dijodohin sama si Abdurrohim, Abi bilang kalau Abdur Rohim anak muda yang baik , dia baru saja lulus dari Pondok dari Magetan dan Sedang memulai bisnis Online. Ya Aisyah nurut nasihat Ukhti saat itu, untuk manut sama Orang tua. Akhirnya Aisyah mengiyakan tawaran dari Abi. Eh Aisyah kira masih lama ternyata selang seminggu Abdur Rohim datang mnelamar. Akhirnya udah ketemu tanggal nikah pada tanggal 26 April 2000. Jadi sekalian Aisyah ngundang Ukhti Fatimah untuk bisa datang ke Magetan untuk harir di walimatul ursy pernikahan Aisyah. Makasih ya Ukhti selama ini udah diberi nasihat soal pernikahan, minta doanya semoga semuanya lancar samapi akhir. Demikian dulu ya Ukhti, Aisayah tunggu kedatangannya yaa…   Wassalamu’alaikum Wr. Wb   Regard, Aisyah Ramdahani
Baca Juga : Contoh Surat Dinas Sekolah

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris

Hi John How are you? we haven't met for a long time, hopefully you are doing well. Do you still remember my promise? I once had an appointment if one day I would be successful. Just to give the news that now I have proven sir. At present, Alhamdulillah I am given the opportunity to become an entrepreneur. I still remember your advice on being an entrepreneur. thanks to your advice, I can achieve the success I want.   I really want to meet you to talk about my experience being an entrepreneur. Hope you are happy to be my friend   Regard, Steve Job

Contoh Surat Pribadi untuk Guru

[caption id="attachment_647" align="alignnone" width="800"]pensil warna sumber:pixabay.com[/caption]
Madiun 22 Juni 1999 Assalamu’alaikum Wr Wb   Salam Hormat Pak Nur Hadi, Apakah bapak masih ingat dengan saya pak? Saya Fahmi pak murid bapak di MAN 1 Madiun angkatan 1990 s/d 1993 pak. Saya murid di kelas IPS pak, semoga ingat ya pak hehehe. Bagaimana kabar Pak Nur sekarang? Sudah hampir 7 tahun tidak ketemu pak Nur. Saya mengirim surat ini bermaksud menanyakan kabar Pak Nur Hadi dan juga saya ingin berterima kasih kepada pak Nur atas ilmu Qur’an Hadits yang dijarkan dulu sekarang sangat berguna bagi saya. Saya juga masih ingat tentang nasihat pak Nur tentang menjdai orang cerdas dahulu. Dan sekarang atas izin Allah saya memperoleh banyak pengalaman karena mengamalkan nasihat dari pak Nur.
Baca Juga : Contoh Surat Resmi
Sekarang saya bekerja di sebuah perusahaan di Jakarta pak sebagai HRD. Saya berharap nanti ketika pulang ke Madiun bisa bertemu dan menyambung tali silaturahim dengan pak Nur. Baik Pak mungkin samapi disini surat yang saya tulis, terima kasih sudah berkenan membaca surat ini. Semoga pak Nur selalu dalam lindungan Allah SWT, selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang.   Assalamu’alaikum Wr Wb
Setelah anda membaca pembahasan di atas tentunya anda telah paham mengenai surat pribadi, Nantikan artikel menarik lainnya hanya di Fahmipeda.com