10 Contoh Surat Resmi Lengkap dan Menarik

surat resmi, contoh surat resmi

Pernahkah anda menerima surat dari sekolah, dari Kelurahan atau dari Instansi ? Itulah yang dinamakan dengan surat resmi baik itu berisi tentang undangan maupun sekedar informasi.

Memang pada masa sekarang rasanya sudah kurang efektif berkomunikasi menggunakan surat kertas yang dikirim secara manual. Pasalnya semua informasi maupun undangan dapat kita kirim menggunakan media elektronik seperti menggunakan aplikasi pesan di smarthphone.

Dengan menggunakan smarthphone semua pesan dapat kita kirim dan diterima dengan hitungan detik, hemat waktu dan hemat biaya juga.

@pixabay

Akan tetapi tahukah anda bahwa pada sebagian kalangan, surat resmi ini masih sangat digunakan dengan baik karena dinilai mempunyai nilai lebih dari sekedar mengirim pesan melalui ponsel. Surat resmi dinilai lebih memiliki nilai kesopanan dari segi bahasa dan penyampaian.

Biasanya surat resmi ini masih dipakai oleh Instansi pemerintahan, instansi pendidikan dan juga perusahaan swasta.

Apa itu Surat Resmi ?

Dari pemaparan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwasanya surat resmi adalah surat yang dikeluarkan untuk tujuan yang resmi baik dikeluarkan oleh perseorangan, Instansi taupun sebuah organisasi. ada beberapa jenis surat resmi seperti Undangan, Edaran , Informasi ataupun hanya sebuah Himbauan.

Fungsi Surat Resmi

Fungsi utama dari surat resmi adalah sebagai media komunikasi dari seseorang ke suatu instansi ataupun sebaliknya. Selain itu surat resmi ini juga juga sebagai dokumen yang bisa disimpan di arsip perusahaan, apalagi jika surat itu sangat penting maka surat resmi bisa menjadi sebuah bukti.

Bagian Surat Resmi

Ada beberpa bagian dalam surat resmi yang perlu anda ketahui sebelum membuatnya. Setidaknya ada 11 bagian yang tidak boleh terlewatkan, apa saja bagian tersebut? Berikut ulasannya

struktur surat resmi
@pexels

Kepala Surat

Kepala Surat atau kop surat merupakan bagian yang terletak di bagian atas pada surat resmi. Kepala surat atau kop surat ini mengandung informasi instansi pembuat surat tersebut meliputi nama instansi, alamat, nomor telpon bahkan alamat email. Pada beberpa surat resmi seperti surat dari instansi pemerintahan biasanya terdapat logo instansi yang berada di sbelah kiri bagian atas.

Nomor Surat

Nomor surat merupakan bagian yang sering sekali kita abaikan ketika kita menerima surat resmi. Lain cerita bagi si pembuat surat resmi, nomor surat ini merupakan bagian penting karena nomor itu harus selalu tercatat dan menjadi acuan untuk membuat surat resmi lagi setelahnya.

Staff adminstrasi ialah orang yang bertugas mencatat dan melakukan pencatatan terhadap keluar masuknya surat. Karena di sebuah perusahaan atau instansi surat resmi yang kelaur ataupun masuk merupakan salah satu berkas penting.

Tanggal Surat

Tak kalah penting tanggal surat harus ada di setiap surat resmi yang kita buat karena dengan tanggal kita bisa tahu kapan surat itu dibuat atau diterbitkan.

Hal/ Perihal

@pixabay

Setelah ada nomor surat biasanya aka ada bagian yang namanya Hal/Perihal. Hal/Perihal ini berfungsi untuk memberikan informasi singkat mengenai isi surat resmi tersebut. Dengan membaca bagian Hal/Perihal dengan sekilas kita bisa tahu apa maksud dan isi surat yang kita terima.

Lampiran

Jika terdapat bagian atau lembar lain maka bisa ditulis di bagian Lampiran ini. Jadi penerima bisa tahu berapa berkas surat yang seharusnya ia terima. Misalkan pada bagian lampiran dituliskan 3 Lembar maka seharusnya ada 3 lembar yang penerima terima.

Alamat Penerima

amplop
@pixabay

Bagian penting ini jangan sampai terlewatkan ketika membuat surat resmi. Karena jika alamat tidak dicantumkan bisa dipastikan surat anda tidak sampai kepada penerima. Alamat dan nama penerima harus ditulis dengan benar dan terperinci, karena biasanya di sebuah instansi banyak divisi dan tak jarang banyak nama orang yang sama di dalam sebuah instansi.

Pembuka

Pada bagian ini anda bisa menggunakan kata “ Assalamu’alaikum wr.wb” atau juga bisa menggunakan ucapan pembuka yang standart seperti, salam sejahtera, dengan hormat dll.

Isi

Bagian isi merupakan bagian yang juga tak kalah penting. Karena ini merupakan surat resmi maka bahasa yang harus anda gunakan juga merupakan bahasa baku dan sesuai dengan kaidah EYD. Hindari kata kata yang kurang baku seperti bahasa kekinian.

Di dalam bagian isi, surat resmi anda juga harus menyantumkan maksud dan tujuan surat secara jelas dan terperinci. Misalkan anda membuat surat undangan maka waktu ( hari, tanggal ,jam ) dan tempat harus anda cantumkan secara jelas dan terperinci.

Penutup

Tak jauh berbeda dengan pembuka anda bisa menggunakan kata penutup yang umum dugunakan seperti uncapan terima kasih atau dengan salam. Tujuan penutup sam juga dengan pembuka yakni menghormati si penerima.

Tanda Tangan dan Stempel

stempel
@pixabay

Setelah rangkaian di atas sudah anda penuhi dengan baik dalam membuat surat resmi. Bagian terakhir anda harus membubuhkan tanda tangan dan juga stempel. Stempel ini sangat perlu anda berikan guna meningkatkan kridibilitas surat resmi yang anda buat. Dengan adanya stempel instansi maka surat yang anda buat dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Tembusan

Tembusan merupakan bagian yang tidak wajib atau opsional. Tembusan ini merupakan orang atau instansi yang mendapat salinan surat resmi tersebut. misalkan tembusan kepada Kepala Bagian, Kepala Dinas, Kepala Instansi.

Tembusan ini berada di bagian paling bawah pada surat resmi yang anda buat.

 

Jenis Surat Resmi

materai
@pixabay

Ada berbagai macam jenis surat resmi di dunia ini, jenis surat resmi ini tergantung pada tujuannya. Berikut adalah beberapa jenis surat resmi

Surat Undangan

Mungkin kita semua pernah mendapatkan surat undangan, surat undangan ini sangat sering digunakan dan sangat mudah kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Tak jauh dari namanya tujuan utama diterbitkannya surat undangan ini adlah untuk mengundang seseoran untuk menghadiri seuatu acara misalkan undangan rapat, undangan sosialisai,undangan kegiatan di kelurahan dll.

Surat Perjanjian

Surat pernjanjian merupakan surat resmi yang digunakan untuk menetapkan keputusan antara kedua belah pihak. Misalkan antara perusahaan denga perusahaan lain. Surat pernjanjian juga bisa digunakan untuk kepentingan jual beli misalkan surat pernjajian jual beli tanah.

Surat Kuasa

tanda tangan
@pixabay

Menurut Wikipedia pengertian surat kuasa adalah “ Surat yang berisi pelimpahan wewenang dari seseorang atau pejabattertentu kepada seseorang atau pejabat lain. Pelimpahan wewenangdapat mewaklipihak yang memberi wewenang dalam utusan peribadi, bisnis, ataupun masalah hukum”

Jadi dapat kita simpulkan bahwa surat kusa ini merupakan surat yang sangat penting karena didalamnya kita dapat memberikan mandat atau wewenang kepada seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai isi surat kuasa tersebut

Surat Panggilan

Surat panggilan merupakan surat resmi yang dibuat suatu instansi dengan tujuan untuk memanggil seseorang untuk datang ke instansi tersebut karena ada keperluan yang penting, misalnya Surat Panggilan Polisi,Surat Panggilan Orang Tua, Surat Panggilan Sidang.

pergi ke sekolah
@pixabay

Di dalam surat panggilan ini semestinya harus mencntumkan secara lengkap tempat. tanggal dan waktu panggilan secara detail.

Surat Keputusan

Berbeda dengan Surat Panggilan, surat keputusan ini tidak meminta atau mengundang seseorang untuk datang ke sebuah instansi. Inti dari surat keputusan atau surat SK ini adalah memberikan informasi mengenai keputusan suatu insatansi kepada anggota atau dari instansi yang tingkatnya lebih tinggi kepada instansi yang lebih rendah. Contohnya surat peputusan mutasi pegawai, Surat keputusun pengangkatan jabatan karyawan.

Surat Penawaran

Jika anda pernah bekerja sebagai staf administrasi di sebuah toko elektronik yang besar maka surat penawaran sudah atak asing lagi bagi anda. Surat penawaran bermaksud memberikan penawaran baik berupa penawaran barang atau penawaran jasas kepada instansi lain atau calon customer.

@pixabay

Sebagai contoh toko computer Mlaku Hardware memiliki praoduk computer terbaru maka untuk promosi produk baru tersebut toko Mlaku Hardware membuat surat penawaran. Surat penawaran yang dibuat oleh toko Mlaku Hardware ini ditujukan kepada perusahaan atau instansi – instansi di kota tersebut yang banyak menggunakan computer, sehingga harapannya produk yang dijual toko Mlaku Hardware bisa terjual.

Surat Perintah

Surat perintah merupakan surat yang dikeluarkan oleh instansi yang tingkatannya lebih tinggi kepada yang lebih bawah, atau bisa juga dikeluarkan oleh atasan kepada bawahan. Tujuan surat perintah ini sesuai dengan namanya yakni memberikan tugas kepada penerima untuk menjalankan tugas sesuai dengan apa yang ditulis di dalamnya.

Contoh Surat Resmi

Ada banyak contoh surat resmi yang bertebaran di internet. Setelah kita pelajari semua informasi terkait surat resmi di atas. Maka kali ini kami akan memberikan beberapa contoh surat resmi yang dapat anda gunaka sebagai bahan referensi.

Surat Resmi Undangan Rapat

PEMERINTAH KABUPATEN MADIUN
DINAS PENIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN
Jl. Raya Caruban No.45 Madiun 632556
Telp. (0351) [email protected]

Madiun, 20 Maret 2018

Nomor : A.034/RAKER/PKAB/III/2018
Perihal : Undangan Rapat
Lampiran : –

Kepada Yth.
Kep. Kelurahan Wungu
Tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan adanya surat edaran dari Pemerintah Pusat Jakarta terkait rencana kunjugan Presiden ke Kab. Madiun pada 14 April 2018. Maka Pemerintah Kab Madiun mengundang kepada Kep. Kelurahan Wungu untuk menghadiri rapat:

Hari/Tanggal : Rabu 25 Maret 2018
Jam : 08.30 – Selesai
Tempat : Gedung Berdikari Pemkab Madiun.Acara
Acara : Pembahsan persiapan kunjungan RI 1

Dengan demikian kami mengharapakan kehadiran para Bapak/Ibu untuk menghadiri undangan rapat ini.

Hormat Kami,
Kep.Pemerintah Kab Madiun

 

Andy Susilo.S. Sos
NIP: 14126 33009 765 xxx

 

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
MAN 1 KOTA MADIUN
Jl. Barito No 35 A Madiun 63855

 

Madiun 13 April 2017

No : 05/OSIS/MA/III/17
Lamp : –
Hal : Undangan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni)

Kepada Yth
Ketua Kelas
MAN 1 MADIUN

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakan PENSI (Pentas Seni) Yang akan dilaksnakan di MAN 1 Madiun pada awal bulan Mei 2017. Maka kami pengurus OSIS MAN 1 MADIUN mengundang seluruh semua ketua kelas dari kelas X, XI, XII guna membahas pengenai pembentukan panitia PENSI, rapat yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : 05 April 2017
Pukul : 14.00 WIB s/d Selesai
Tempat : Sanggar Pramuka MAN 1 MADIUN
Acara : Pembentukan Kepanitiaan PENSI

Mengingat pentingnya acara tersebut. Kami berharap semua ketua kelas dapat hadir demi lancarnya acara PENSI yang akan kita laksanakan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui

Ketua OSIS

 

M. Fahlan Subekti
NIM. 201507099

 

Surat Resmi Penawaran

MADIUN JAYA HARDWARE
Plaza Matahari Madiun lt 3,Jl.Pahlawan No. 38-40,Madiun

Telp. 0351 11223 Mobile. 08123123121xx
Site: www.mjhardware.com Email: [email protected]

Madiun, 22 Oktober 2016

Nomor                 : 0221/MJH/60/X/2016
Perihal                 : Penawaran Produk Elektronik
Lampiran            : –

 

Kepada
Bapak/ Ibu Calon Customer
Pemkot. Madiun
Di  Tempat

 

Dengan hormat,

Perkenalkan, kami Madiun Jaya Hardware , kami adalah toko elektronik dan computer yang sudah terpercaya di kota Madiun yang beralamatkan di Plaza Matahari lt 3 Jl. Pahlawan No 38-40 Madiun. Banyak instansi dan perusahaan telah menjadi customer kami. Kami juga melayani full service terhadap produk yang kami jual dengan teknisi yang profesinonal. Kami juga dapat membantu atau support penuh terhadap klaim garansi produk yang kami jual.

Dengan begitu, kami bermaksud menawarkan produk terbaru kami yakni computer desktop dan juga printer kepada pihak Pemkot kota Madiun. Untuk detail spesifikasi dan harga produk di atas kami lampirkan pada lembar ke 2. Khusus bulan ini ada beberapa penawaran khusus dari toko kami yakni jika anda melakukan pembelian di atas 10 juta akan ada cashback sebesar 10%.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan kepada anda, besar harapan kami anda dapat menjadi salah satu customer kami.

 

Kepala Marketing
Madiun Jaya Hardware

 

 Elin Yulia Sari

 

Surat Kuasa

 

SURAT KUASA

 

Saya yang bertanda ta:ngan dibawah ini :

Nama:Muhammad Rizqon
No KTP:334245415566654
Jabatan:Direktur PT INSAN SEJAHTERA
Alamat:Jl Sedayu No 34 Kota Surabaya

 

Dengan ini mewakili PT INSAN SEJAHTERA yang berkedudukan MH. Thamrin No 99 Kec. Wates Kota Sidoarjo.

Dengan ini memberi kuasa kepada :

Nama:Denny Cahya P
No KTP:354266651727787
Jabatan:Kepala Administrasi
Alamat:Jln. Urip Sumoharjo NO 87 Waru, Sidoarjo

Untuk :

  • Mengambil 1 (satu) buah BPKB No. _______________ dari mobil, dengan perincian sebagai berikut :
Type:TOYOTA AVANZA CGH H3-03
Tahun:2015
No Rangka:MHGCNHF08874RRUF05840
No Mesin:H067405
No. Polisi:S 4432 KR
BPKB Atas Nama:PT INSAN SEJAHTERA

Yang dileasekan di PT RADNA FINANCE sesuai dengan:

 

Perjanjian No:08.788.420.00.25675.05
Tertanggal:14 Maret 2015

 

  • Menandatangani semua surat keperluan administrasi di PT. RADNA FINANCE.

Jika pembayaran Uang Sewa Lease/Angsuran ditambah dengan denda keterlambatannya jika ada, sudah dibayar lunas keseluruhannya. Dan segala akibat yang timbul akan menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya.

Demikianlah Surat Kuasa ini saya buat dengan keadaan sepenuhnya sadar tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Sidoarjo, 30 Maret 2016

 

Pemberi KuasaPenerima Kuasa
PT.INSAN SEJAHTERA
Muhammad RizqonDenny Cahya P
Direktur PT INSAN SEJAHTERAKepala Administrasi

 

Lampiran :

  1. KTP Asli pemberi kuasa
  2. KTP Asli penerima kuasa

Surat Panggilan

SMA NEGERI 7 KOTA MADIUN

Jln. Sikatan No 23, Kartoharjo

MADIUN

 

Nomor   : 15/BP/XI/12                                                                        07 November 2015

Hal        : Panggilan II

Sifat      : Penting

 

Yth. Orang Tua/ Wali dari Donny WA

di tempat

 

Dengan hormat,

 

Kami bermaksud untuk memanggil orang tua dari :

Nama              :  Donny Wahyu Aji

Kelas              : XI IPS 2

NIS                  : 012013

 

Untuk hadir pada di SMA 7 Madiun :

Hari                  : Jumat

Tanggal            : 10 November 2015

Waktu              : 09.00 WIB

Tempat             : Ruang BP SMA 7 Madiun

Untuk membahas mengenai prestasi Sdr Donny Wahyu Aji yang semakin menurun yang berimbas pada nilai raport yang belum memenuhi standart dan Absensi yang tinggi.

Demikian surat panggilan ini disampaikan untuk mendapat perhatian.

 

 Madiun, 07 November 2015

 Ka. Bid. Kesiswaan SMA 7 Madiun

 

 

Drs. Agus Sugianto

NIP. 99.800.xxx

 

Tembusan :

Kepala Sekolah SMA 7 Madiun

 

PT. HARMONI JATIM
Jln. Serikat No 33 Kav. 8 Blok C SurabayaTelp 031-334 xxx.

SURAT PANGGILAN
Nomor: 0897/HJ-PT/VII/2018

Kepada:
Saudari Winda Damayanti
di –
Tempat

Bersama dengan ini diminta dengan hormat kehadiran Saudari :

Nama   : Winda Damayanti
Jabatan : Staf Akuntan
Alamat  : Jln. Korlap No 44 Surabaya

Pada :

Hari      : Sabtu
Tanggal : 30 Januari 2018
Pukul     : 09.15 WIB
Tempat  : Ruang HRD PT HARMONI JATIM

Guna meminta keterangan terkait pelanggaran kedisiplinan
Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Surabaya, 27 Januari 2018

PT. Harmoni Jatim

Siswanto
Kepala HRD

Contoh Surat Perintah

Surat Perintah

PT. MATRAMAJA INDO SUKSES
Jl. Rengga Jati No. 123 Blok C Surabaya
Telp. 031. 223xx Fax. 031.54321x Email. [email protected]

SURAT PERINTAH KERJA (SPK)
No. 331/SPK-MIS/3/2018

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Umar Husni
No. Induk:990988123
Jabatan:Branch Manager PT.MIS

Memberikan perintah kerja kepada :

Nama:Zainal Ishaq
No. Induk:07762534111
Jabatan:Staf Mekanik

Untuk melakukan perbaikan mesin CNC yang rusak dan tune up seluruh mesin produksi dengan kriteria sebagai berikut :

1.   Melakukan tugas dengan benar dan mengutamakan keselamatan kerja.

2.   Waktu pengerjaan service dan tune up selama 1 bulan dimulai pada 23 Maret 2018 hingga 22 April 2018.

3.   Jika waktu yang diberikan ternyata kurang, maka wajib memberikan laporan kepada Atasan.

4.   Wajib mengisi checklist kondisi mesin setiap hari.

Demikian surat perintah ini kami sampaikan kepada suadara agar dapat dilaksanankan dengan penuh tanggung jawab.

Surabaya, 18 Maret 2018
PT. Matramaja Indo Sukses,

 

Umar Husni

Branch Manager

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Pernahkah anda menerima surat dari sekolah, dari Kelurahan atau dari Instansi ? Itulah yang dinamakan dengan surat resmi baik itu berisi tentang undangan maupun sekedar informasi. Memang pada masa sekarang rasanya sudah kurang efektif berkomunikasi menggunakan surat kertas yang dikirim secara manual. Pasalnya semua informasi maupun undangan dapat kita kirim menggunakan media elektronik seperti menggunakan aplikasi pesan di smarthphone. Dengan menggunakan smarthphone semua pesan dapat kita kirim dan diterima dengan hitungan detik, hemat waktu dan hemat biaya juga. [caption id="attachment_279" align="alignnone" width="800"] @pixabay[/caption] Akan tetapi tahukah anda bahwa pada sebagian kalangan, surat resmi ini masih sangat digunakan dengan baik karena dinilai mempunyai nilai lebih dari sekedar mengirim pesan melalui ponsel. Surat resmi dinilai lebih memiliki nilai kesopanan dari segi bahasa dan penyampaian. Biasanya surat resmi ini masih dipakai oleh Instansi pemerintahan, instansi pendidikan dan juga perusahaan swasta.

Apa itu Surat Resmi ?

Dari pemaparan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwasanya surat resmi adalah surat yang dikeluarkan untuk tujuan yang resmi baik dikeluarkan oleh perseorangan, Instansi taupun sebuah organisasi. ada beberapa jenis surat resmi seperti Undangan, Edaran , Informasi ataupun hanya sebuah Himbauan.

Fungsi Surat Resmi

Fungsi utama dari surat resmi adalah sebagai media komunikasi dari seseorang ke suatu instansi ataupun sebaliknya. Selain itu surat resmi ini juga juga sebagai dokumen yang bisa disimpan di arsip perusahaan, apalagi jika surat itu sangat penting maka surat resmi bisa menjadi sebuah bukti.

Bagian Surat Resmi

Ada beberpa bagian dalam surat resmi yang perlu anda ketahui sebelum membuatnya. Setidaknya ada 11 bagian yang tidak boleh terlewatkan, apa saja bagian tersebut? Berikut ulasannya [caption id="attachment_275" align="alignnone" width="800"]struktur surat resmi @pexels[/caption]

Kepala Surat

Kepala Surat atau kop surat merupakan bagian yang terletak di bagian atas pada surat resmi. Kepala surat atau kop surat ini mengandung informasi instansi pembuat surat tersebut meliputi nama instansi, alamat, nomor telpon bahkan alamat email. Pada beberpa surat resmi seperti surat dari instansi pemerintahan biasanya terdapat logo instansi yang berada di sbelah kiri bagian atas.

Nomor Surat

Nomor surat merupakan bagian yang sering sekali kita abaikan ketika kita menerima surat resmi. Lain cerita bagi si pembuat surat resmi, nomor surat ini merupakan bagian penting karena nomor itu harus selalu tercatat dan menjadi acuan untuk membuat surat resmi lagi setelahnya. Staff adminstrasi ialah orang yang bertugas mencatat dan melakukan pencatatan terhadap keluar masuknya surat. Karena di sebuah perusahaan atau instansi surat resmi yang kelaur ataupun masuk merupakan salah satu berkas penting.

Tanggal Surat

Tak kalah penting tanggal surat harus ada di setiap surat resmi yang kita buat karena dengan tanggal kita bisa tahu kapan surat itu dibuat atau diterbitkan.

Hal/ Perihal

[caption id="attachment_282" align="alignnone" width="800"] @pixabay[/caption] Setelah ada nomor surat biasanya aka ada bagian yang namanya Hal/Perihal. Hal/Perihal ini berfungsi untuk memberikan informasi singkat mengenai isi surat resmi tersebut. Dengan membaca bagian Hal/Perihal dengan sekilas kita bisa tahu apa maksud dan isi surat yang kita terima.

Lampiran

Jika terdapat bagian atau lembar lain maka bisa ditulis di bagian Lampiran ini. Jadi penerima bisa tahu berapa berkas surat yang seharusnya ia terima. Misalkan pada bagian lampiran dituliskan 3 Lembar maka seharusnya ada 3 lembar yang penerima terima.

Alamat Penerima

[caption id="attachment_286" align="alignnone" width="800"]amplop @pixabay[/caption] Bagian penting ini jangan sampai terlewatkan ketika membuat surat resmi. Karena jika alamat tidak dicantumkan bisa dipastikan surat anda tidak sampai kepada penerima. Alamat dan nama penerima harus ditulis dengan benar dan terperinci, karena biasanya di sebuah instansi banyak divisi dan tak jarang banyak nama orang yang sama di dalam sebuah instansi.

Pembuka

Pada bagian ini anda bisa menggunakan kata “ Assalamu’alaikum wr.wb” atau juga bisa menggunakan ucapan pembuka yang standart seperti, salam sejahtera, dengan hormat dll.

Isi

Bagian isi merupakan bagian yang juga tak kalah penting. Karena ini merupakan surat resmi maka bahasa yang harus anda gunakan juga merupakan bahasa baku dan sesuai dengan kaidah EYD. Hindari kata kata yang kurang baku seperti bahasa kekinian. Di dalam bagian isi, surat resmi anda juga harus menyantumkan maksud dan tujuan surat secara jelas dan terperinci. Misalkan anda membuat surat undangan maka waktu ( hari, tanggal ,jam ) dan tempat harus anda cantumkan secara jelas dan terperinci.

Penutup

Tak jauh berbeda dengan pembuka anda bisa menggunakan kata penutup yang umum dugunakan seperti uncapan terima kasih atau dengan salam. Tujuan penutup sam juga dengan pembuka yakni menghormati si penerima.

Tanda Tangan dan Stempel

[caption id="attachment_274" align="alignnone" width="800"]stempel @pixabay[/caption] Setelah rangkaian di atas sudah anda penuhi dengan baik dalam membuat surat resmi. Bagian terakhir anda harus membubuhkan tanda tangan dan juga stempel. Stempel ini sangat perlu anda berikan guna meningkatkan kridibilitas surat resmi yang anda buat. Dengan adanya stempel instansi maka surat yang anda buat dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Tembusan

Tembusan merupakan bagian yang tidak wajib atau opsional. Tembusan ini merupakan orang atau instansi yang mendapat salinan surat resmi tersebut. misalkan tembusan kepada Kepala Bagian, Kepala Dinas, Kepala Instansi. Tembusan ini berada di bagian paling bawah pada surat resmi yang anda buat.  

Jenis Surat Resmi

[caption id="attachment_273" align="alignnone" width="800"]materai @pixabay[/caption] Ada berbagai macam jenis surat resmi di dunia ini, jenis surat resmi ini tergantung pada tujuannya. Berikut adalah beberapa jenis surat resmi

Surat Undangan

Mungkin kita semua pernah mendapatkan surat undangan, surat undangan ini sangat sering digunakan dan sangat mudah kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Tak jauh dari namanya tujuan utama diterbitkannya surat undangan ini adlah untuk mengundang seseoran untuk menghadiri seuatu acara misalkan undangan rapat, undangan sosialisai,undangan kegiatan di kelurahan dll.

Surat Perjanjian

Surat pernjanjian merupakan surat resmi yang digunakan untuk menetapkan keputusan antara kedua belah pihak. Misalkan antara perusahaan denga perusahaan lain. Surat pernjanjian juga bisa digunakan untuk kepentingan jual beli misalkan surat pernjajian jual beli tanah.

Surat Kuasa

[caption id="attachment_276" align="alignnone" width="800"]tanda tangan @pixabay[/caption] Menurut Wikipedia pengertian surat kuasa adalah “ Surat yang berisi pelimpahan wewenang dari seseorang atau pejabattertentu kepada seseorang atau pejabat lain. Pelimpahan wewenangdapat mewaklipihak yang memberi wewenang dalam utusan peribadi, bisnis, ataupun masalah hukum” Jadi dapat kita simpulkan bahwa surat kusa ini merupakan surat yang sangat penting karena didalamnya kita dapat memberikan mandat atau wewenang kepada seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai isi surat kuasa tersebut

Surat Panggilan

Surat panggilan merupakan surat resmi yang dibuat suatu instansi dengan tujuan untuk memanggil seseorang untuk datang ke instansi tersebut karena ada keperluan yang penting, misalnya Surat Panggilan Polisi,Surat Panggilan Orang Tua, Surat Panggilan Sidang. [caption id="attachment_278" align="alignnone" width="800"]pergi ke sekolah @pixabay[/caption] Di dalam surat panggilan ini semestinya harus mencntumkan secara lengkap tempat. tanggal dan waktu panggilan secara detail.

Surat Keputusan

Berbeda dengan Surat Panggilan, surat keputusan ini tidak meminta atau mengundang seseorang untuk datang ke sebuah instansi. Inti dari surat keputusan atau surat SK ini adalah memberikan informasi mengenai keputusan suatu insatansi kepada anggota atau dari instansi yang tingkatnya lebih tinggi kepada instansi yang lebih rendah. Contohnya surat peputusan mutasi pegawai, Surat keputusun pengangkatan jabatan karyawan.

Surat Penawaran

Jika anda pernah bekerja sebagai staf administrasi di sebuah toko elektronik yang besar maka surat penawaran sudah atak asing lagi bagi anda. Surat penawaran bermaksud memberikan penawaran baik berupa penawaran barang atau penawaran jasas kepada instansi lain atau calon customer. [caption id="attachment_254" align="alignnone" width="800"] @pixabay[/caption] Sebagai contoh toko computer Mlaku Hardware memiliki praoduk computer terbaru maka untuk promosi produk baru tersebut toko Mlaku Hardware membuat surat penawaran. Surat penawaran yang dibuat oleh toko Mlaku Hardware ini ditujukan kepada perusahaan atau instansi – instansi di kota tersebut yang banyak menggunakan computer, sehingga harapannya produk yang dijual toko Mlaku Hardware bisa terjual.

Surat Perintah

Surat perintah merupakan surat yang dikeluarkan oleh instansi yang tingkatannya lebih tinggi kepada yang lebih bawah, atau bisa juga dikeluarkan oleh atasan kepada bawahan. Tujuan surat perintah ini sesuai dengan namanya yakni memberikan tugas kepada penerima untuk menjalankan tugas sesuai dengan apa yang ditulis di dalamnya.

Contoh Surat Resmi

Ada banyak contoh surat resmi yang bertebaran di internet. Setelah kita pelajari semua informasi terkait surat resmi di atas. Maka kali ini kami akan memberikan beberapa contoh surat resmi yang dapat anda gunaka sebagai bahan referensi.

Surat Resmi Undangan Rapat

PEMERINTAH KABUPATEN MADIUN DINAS PENIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN Jl. Raya Caruban No.45 Madiun 632556 Telp. (0351) [email protected]

Madiun, 20 Maret 2018 Nomor : A.034/RAKER/PKAB/III/2018 Perihal : Undangan Rapat Lampiran : – Kepada Yth. Kep. Kelurahan Wungu Tempat Dengan Hormat, Sehubungan dengan adanya surat edaran dari Pemerintah Pusat Jakarta terkait rencana kunjugan Presiden ke Kab. Madiun pada 14 April 2018. Maka Pemerintah Kab Madiun mengundang kepada Kep. Kelurahan Wungu untuk menghadiri rapat: Hari/Tanggal : Rabu 25 Maret 2018 Jam : 08.30 – Selesai Tempat : Gedung Berdikari Pemkab Madiun.Acara Acara : Pembahsan persiapan kunjungan RI 1 Dengan demikian kami mengharapakan kehadiran para Bapak/Ibu untuk menghadiri undangan rapat ini. Hormat Kami, Kep.Pemerintah Kab Madiun   Andy Susilo.S. Sos NIP: 14126 33009 765 xxx
 

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) MAN 1 KOTA MADIUN Jl. Barito No 35 A Madiun 63855

  Madiun 13 April 2017 No : 05/OSIS/MA/III/17 Lamp : – Hal : Undangan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni) Kepada Yth Ketua Kelas MAN 1 MADIUN Dengan Hormat, Sehubungan dengan akan dilaksanakan PENSI (Pentas Seni) Yang akan dilaksnakan di MAN 1 Madiun pada awal bulan Mei 2017. Maka kami pengurus OSIS MAN 1 MADIUN mengundang seluruh semua ketua kelas dari kelas X, XI, XII guna membahas pengenai pembentukan panitia PENSI, rapat yang akan dilaksanakan pada : Hari/Tanggal : 05 April 2017 Pukul : 14.00 WIB s/d Selesai Tempat : Sanggar Pramuka MAN 1 MADIUN Acara : Pembentukan Kepanitiaan PENSI Mengingat pentingnya acara tersebut. Kami berharap semua ketua kelas dapat hadir demi lancarnya acara PENSI yang akan kita laksanakan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Mengetahui Ketua OSIS   M. Fahlan Subekti NIM. 201507099
 

Surat Resmi Penawaran

MADIUN JAYA HARDWARE Plaza Matahari Madiun lt 3,Jl.Pahlawan No. 38-40,Madiun

Telp. 0351 11223 Mobile. 08123123121xx Site: www.mjhardware.com Email: [email protected]

Madiun, 22 Oktober 2016 Nomor                 : 0221/MJH/60/X/2016 Perihal                 : Penawaran Produk Elektronik Lampiran            : –   Kepada Bapak/ Ibu Calon Customer Pemkot. Madiun Di  Tempat   Dengan hormat, Perkenalkan, kami Madiun Jaya Hardware , kami adalah toko elektronik dan computer yang sudah terpercaya di kota Madiun yang beralamatkan di Plaza Matahari lt 3 Jl. Pahlawan No 38-40 Madiun. Banyak instansi dan perusahaan telah menjadi customer kami. Kami juga melayani full service terhadap produk yang kami jual dengan teknisi yang profesinonal. Kami juga dapat membantu atau support penuh terhadap klaim garansi produk yang kami jual. Dengan begitu, kami bermaksud menawarkan produk terbaru kami yakni computer desktop dan juga printer kepada pihak Pemkot kota Madiun. Untuk detail spesifikasi dan harga produk di atas kami lampirkan pada lembar ke 2. Khusus bulan ini ada beberapa penawaran khusus dari toko kami yakni jika anda melakukan pembelian di atas 10 juta akan ada cashback sebesar 10%. Demikian surat penawaran ini kami sampaikan kepada anda, besar harapan kami anda dapat menjadi salah satu customer kami.   Kepala Marketing Madiun Jaya Hardware    Elin Yulia Sari
 

Surat Kuasa

 

SURAT KUASA

  Saya yang bertanda ta:ngan dibawah ini :
Nama:Muhammad Rizqon
No KTP:334245415566654
Jabatan:Direktur PT INSAN SEJAHTERA
Alamat:Jl Sedayu No 34 Kota Surabaya
  Dengan ini mewakili PT INSAN SEJAHTERA yang berkedudukan MH. Thamrin No 99 Kec. Wates Kota Sidoarjo. Dengan ini memberi kuasa kepada :
Nama:Denny Cahya P
No KTP:354266651727787
Jabatan:Kepala Administrasi
Alamat:Jln. Urip Sumoharjo NO 87 Waru, Sidoarjo
Untuk :
  • Mengambil 1 (satu) buah BPKB No. _______________ dari mobil, dengan perincian sebagai berikut :
Type:TOYOTA AVANZA CGH H3-03
Tahun:2015
No Rangka:MHGCNHF08874RRUF05840
No Mesin:H067405
No. Polisi:S 4432 KR
BPKB Atas Nama:PT INSAN SEJAHTERA
Yang dileasekan di PT RADNA FINANCE sesuai dengan:  
Perjanjian No:08.788.420.00.25675.05
Tertanggal:14 Maret 2015
 
  • Menandatangani semua surat keperluan administrasi di PT. RADNA FINANCE.
Jika pembayaran Uang Sewa Lease/Angsuran ditambah dengan denda keterlambatannya jika ada, sudah dibayar lunas keseluruhannya. Dan segala akibat yang timbul akan menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya. Demikianlah Surat Kuasa ini saya buat dengan keadaan sepenuhnya sadar tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Sidoarjo, 30 Maret 2016  
Pemberi KuasaPenerima Kuasa
PT.INSAN SEJAHTERA
Muhammad RizqonDenny Cahya P
Direktur PT INSAN SEJAHTERAKepala Administrasi
  Lampiran :
  1. KTP Asli pemberi kuasa
  2. KTP Asli penerima kuasa

Surat Panggilan

SMA NEGERI 7 KOTA MADIUN

Jln. Sikatan No 23, Kartoharjo

MADIUN

 

Nomor   : 15/BP/XI/12                                                                        07 November 2015

Hal        : Panggilan II Sifat      : Penting   Yth. Orang Tua/ Wali dari Donny WA di tempat   Dengan hormat,   Kami bermaksud untuk memanggil orang tua dari : Nama              :  Donny Wahyu Aji Kelas              : XI IPS 2 NIS                  : 012013   Untuk hadir pada di SMA 7 Madiun : Hari                  : Jumat Tanggal            : 10 November 2015 Waktu              : 09.00 WIB Tempat             : Ruang BP SMA 7 Madiun Untuk membahas mengenai prestasi Sdr Donny Wahyu Aji yang semakin menurun yang berimbas pada nilai raport yang belum memenuhi standart dan Absensi yang tinggi. Demikian surat panggilan ini disampaikan untuk mendapat perhatian.  

 Madiun, 07 November 2015

 Ka. Bid. Kesiswaan SMA 7 Madiun

   

Drs. Agus Sugianto

NIP. 99.800.xxx

 

Tembusan :

Kepala Sekolah SMA 7 Madiun
 
PT. HARMONI JATIM Jln. Serikat No 33 Kav. 8 Blok C SurabayaTelp 031-334 xxx.

SURAT PANGGILAN Nomor: 0897/HJ-PT/VII/2018

Kepada: Saudari Winda Damayanti di - Tempat Bersama dengan ini diminta dengan hormat kehadiran Saudari : Nama   : Winda Damayanti Jabatan : Staf Akuntan Alamat  : Jln. Korlap No 44 Surabaya Pada : Hari      : Sabtu Tanggal : 30 Januari 2018 Pukul     : 09.15 WIB Tempat  : Ruang HRD PT HARMONI JATIM Guna meminta keterangan terkait pelanggaran kedisiplinan Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Surabaya, 27 Januari 2018 PT. Harmoni Jatim Siswanto Kepala HRD Contoh Surat Perintah

Surat Perintah

PT. MATRAMAJA INDO SUKSES Jl. Rengga Jati No. 123 Blok C Surabaya Telp. 031. 223xx Fax. 031.54321x Email. [email protected]atraindosukses.com

SURAT PERINTAH KERJA (SPK) No. 331/SPK-MIS/3/2018

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Umar Husni
No. Induk:990988123
Jabatan:Branch Manager PT.MIS
Memberikan perintah kerja kepada :
Nama:Zainal Ishaq
No. Induk:07762534111
Jabatan:Staf Mekanik
Untuk melakukan perbaikan mesin CNC yang rusak dan tune up seluruh mesin produksi dengan kriteria sebagai berikut : 1.   Melakukan tugas dengan benar dan mengutamakan keselamatan kerja. 2.   Waktu pengerjaan service dan tune up selama 1 bulan dimulai pada 23 Maret 2018 hingga 22 April 2018. 3.   Jika waktu yang diberikan ternyata kurang, maka wajib memberikan laporan kepada Atasan. 4.   Wajib mengisi checklist kondisi mesin setiap hari. Demikian surat perintah ini kami sampaikan kepada suadara agar dapat dilaksanankan dengan penuh tanggung jawab. Surabaya, 18 Maret 2018 PT. Matramaja Indo Sukses,   Umar Husni Branch Manager