Contoh Surat Tidak Resmi

surat tidak resmi untuk guru, sahabat, dan keluarga

Seputar Surat Tidak Resmi

surat cinta
sumber: pixabay.com

Surat Tidak Resmi –  Pada zaman dahulu kala, sebelum tahun milenial seperti sekarang, mengirim dan menerima surat adalah sesuatu yang menyenangkan. Ya karena telepon analog hanya dimiliki oleh orang-orang kelas atas. Jadi bisa dikatakan surat menyurat adalah media komunikasi jarak jauh yang paling efisien. Hal ini bisa dibuktikan dengan lengkapnya kantor POS di seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga daerah yang pelosok.

Banyak kelemahan berkomunikasi dengan surat salah satunya yakni masalah waktu yang cukup lama dalam pengiriman. Hingga pada tahun 2000-an kebiasaaan surat menyurat mulai ditinggalkan karena dirasa kurang cepat dan memakan cukup biaya.

Maraknya Smartphone dewasa ini semakin meninggalkan kegiatan surat menyurat apalagi surat tersebut merupakan yang tidak resmi pasti sudah digantikan perannya oleh SMS, Wa, Line, BBM dan aplikasi chating lainnya.

Tapi bisa jadi suatu saat menerima surat merupakan sesuatu yang istimewa karena sudah jarang dilakukan orang atau bahasa gaulnya anti-mainstream .

Jadi bagi anda yang menunggu moment tersebut ada baiknya anda mempelajari dahulut entang surat yang nantinya akan anda kirimkan ke sahabat, saudara atau kekasih yakni surat tidak resmi.

Pengertian Surat Tidak Resmi

menulis surat
sumber: pixabay.com

Surat tidak resmi adalah surat yang dibuat seseorang atau individu dan dikirimkan kepada perseorangan yang bersifat tidak formal. Surat tidak resmi juga merupakan surat yang tidak memiliki kekuatan hukum.

Ciri- Ciri Surat Tidak Resmi

Berbeda dengan surat resmi yang memiliki aturan dalam pembuatan dan juga bahasa yang digunakan. Surat tidak resmi sama sekali tidak memiliki aturan yang pasti sehingga anda dapat mengkreasikan surat anda sesuai keinginan anda. Bagi anda yang belum mengetahui perbedaan antara surat resmi dengan surat tidak resmi.  Berikut adalah ciri-ciri surat tidak resmi yang dapat anda temui

  • Bahasa yang tidak baku dan tidak terikat EYD
  • Tidak ada kop surat maupun nomor surat
  • Tidak ada stampel di akhir surat
  • Sering ditemukan bahasa sapaan seperti, sahabatku, kekasihku, adinda, kakang, aa’, dll
  • Format surat yang tidak baku
  • Biasanya ditulis di kertas khusus atau bermotif

Contoh Surat Tidak Resmi

memo
sumber: pixabay.com

Mungkin bagi anda yang lahir di tahun 90-an mudah sekali untuk membuat surat tidak resmi. Alasannya karena generasi ini pernah mengalami mengirim surat ke sahabat atau ke keluarga anda. Akan tetapi bagi anak millennial pasti kebanyakan belum menjumpai surat tidak resmi. Oleh karena itu berikut kami berikan contoh surat tidak resmi yang dapat anda gunakan sebagai referensi.

Surat Tidak Resmi Kepada Keluarga

keluarga
sumber: pixabay.com

Jika anda sedang berada di luar kota yang jauh untuk menuntut ilmu ataupun bekerja pasti ada rasa ridu atau kangen kepada keluarga anda di kampung halaman terutama kepada Orang tua anda. Mengirim surat kepada mereka merupakan salah satu cara untuk melepas rindu dan memberikan berita bahwa keadaan anda sedang baik-baik saja. Hal tersebut sering dilakukan oleh orang dahulu untuk berkomunikasi dengan keluarga yang jauh di rumah, berikut contohnya

Sumba, 23 Januari 1995

Assalamu’alaikum wr. wb

Bagaimana kabar Ayah dan Ibu dirumah? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, Ohya bagaimana kabar Andri dan Nita? Jangan males sekolah ya ntar dapet nilai buruk kalu males sekolah apalagi kalau malas belajar kakak gak mau beliin sepatu baru tahun depan kalau kakak pulang.

Oh ya Ayah dan ibu   sudah lama Ilham tidak memberikan kabar, kali ini ilham mengirim surat untuk memberi kabar ke Ayah dan Ibu kalau di sumba ilham baik-baik saja, Alhamdulillah masih diberikan kesehatan sama Allah SWT.

Oh ya ilham mau kasih informasi juga kalau mulai bulan depan Ilham di angkat menjadi karyawan tetap Alhamdulillah berkat do’a ayah sama ibu karir ilham diperusahaan semakin naik.

Rencana ilham dinaikkan jabatan menjadi kepala marketing di bulan juli . jadi nanti kemungkinan ilham bakalan sering keluar kota untuk melakukan promosi, mohon do’anya ya biar dikasih sehat dan kekuatan sama Allah SWT.

Mungkin akhir desember ilham mau ambil cuti buat pulang ke Madiun sambil membawa calon mantu ayah dan ibu , Insya Allah kalau diijinkan. Insya Allah ibu sama Ayah suka dengan calon mantu yang ilham pilih.

Baik sampai disini dulu surat singkat dari ilham kapan-kapan ilham sambung lagi, mohon maaf kalau ada salah kata dan juga mohon doanya untuk kelancaran aktifitas ilham disini.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Surat Tidak Resmi Untuk Sahabat

sahabat
sumber: pixabay.com

Pasti anda semua memilki sahabat lama yang sangat akrab dengan anda, baik itu sahabat waktu sekolah ataupun sahabat waktu kerja. Pada jaman dahulu mengirim surat kepada sahabat adlah hal yang biasa, dengan biaya prangko sebesar 6000 anda bisa mengirimkan satu amplop surat kepada sahabat karib anda. Berikut contohnya

Madiun 22 Agustus 1996

Dear Dewi

Wi si bawel gimana kabarmu di Bogor sekarang? Kok lama kamu gak kirim surat to? Aku nunggu loh surat darimu. Semoga baik baik aja ya disitu. Gimana kabar program dietmu itu sudah berhasil belum? Hehehe

Oh ya wi aku mau cerita dikit nih, setelah kamu kamu pidah sekolah ke Bogor disini jadi sepi wi temen temen sekelas pada ngerasa kesepian apalagi si Noval itu, tiap hari nanyain kabarmu ke aku terus, capek aku jawabnya, naksir kamu kayaknya heheheh pissss..

Oh ya wi, di SMA 8 sekarang di adakan ekstrakuliler baru wi, ektrakulikulernya praktek masak tiap hari sabtu sore, kalau kamu masih disini pasti kamu seneng, kan hobimu makan hhehehe,Sukur Alhamdulillah biar pada pinter masak yang lulus sma mau pada nikah biar gak repot.

Eh wi disekolahmu sekarang udah ada try out belum wi? Disini udah mulai bulan depan ty out wi, katanya pak Eko nilai ujiannya biar Masukk jadi try outnya di majuin sama kepala sekolah.

Oh ya sampai sini dulu ya wi, ini surat aku tulis malem malem wi jam 12 ni, udah ngantuk mau tidur aku, jangan lupa bales surat ku ya jangan lupa doain juga biar lancar sekolahnya.

Sekian dulu ya .

 

Dari Sahabatmu

Nisa Sabyan

 

Surat Tidak Remsi untuk Guru

pegawai kantoran
sumber: pixabay.com

Jika anda punya guru favorit semasa sekolah anda bisa memberikan kabar anda kepada beliau untuk menyambung silaturahmi. Hal tersebut umum dilakukan pada jaman dahulu sebagai bentuk rasa hormat seorang murid terhadap gurunya

Jakarta 21 Agustus 1998

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Salam hormat untuk Pak. Eko dari mantan siswa kelas 3 SMA 3 Madiun yang paling bandel.

Bagaimana kabar Pak Eko di Madiun? Semoga senantiasa dalam keadaan baik, sehat dan tetap enerjik. Pak eko ini Rahmad siswa bapak yang sering kena hukuman nyapu halaman karena tidak mengerjakan PR Matematika. Bagaimana kabar keluarga Pak, Semoga tetap dalam lindungan Allah SWT.

Disini Rahmad hanya ingin berbagi kabar gembira kepada pak Eko bahwasannya berkata nasehat pak eko dulu saya akhirnya bisa masuk kampus impian saya.

Saya selalu ingat nasihat bapak yang “ Ketika ada masalah atau keinginan Ingatlah Allah, Rasulullah dan minta doa kepada Orang tua”. Sedikit cerita ya pak stelahn saya lulus dari SMA 7 tahun lalu saya bingung pak mau kemana, amu kerja keadaanya juga sedang krisis monter di Indonesia, mau kuliahpun juga orang tua tidak punya biaya, jadi sempat beberapa bulan saya jadi buruh tani di kampung.

Tapi ketika pagi saya berangkat ke sawah saya lihat ada anak kuliahan berangkat naik sepeda, dalam hati saya pengen banget bisa seperti mereka, akhirnya saya ingat nasihat dari pak eko.

Seketika itu saya tidak langsung berangkat ke sawah akan tetapi mampir dulu ke masjid, saya cuma pakai sarung dan kaos oblong saya sholat duha disana, kemudian saya praktekkan nasihat dari Pak Eko, yakni saya mohon kepada Allah dan juga Sholawat kepada Rasulullah saya bilang ke Allah “ Ya Allah saya pengen Kuliah, biar bisa manfaat dan juga banggain orang tua saya” terus ketika pulang dirumah saya juga minta do’a ke bapak sama ibu agar bisa kuliah.

Dan benar saja nasihat dari Pak Eko ini terbukti, setelah saya doa itu beberpa minggu ada orang kaya datang ke desa saya katanya mau kuliahin dan nanggung biaya hidup pemuda yang punya niat belajar, akhirnya saya yang terpilih pak dan saya akhirnya bisa dikuliahin di Universitas di Jakarta.

Terima kasih pak eko atas nasihatnya, dan saya mohon di doakan biar dapat ilmu yang manfaat disini ya pak.

 

Salam hormat dari murid anda,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

 

Rahmad

Surat Tidak Resmi Untuk Teman KOS

Surat tidak resmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

Contoh Invoice

Table of Contents Pengertian InvoiceCara Membuat InvoiceContoh InvoiceContoh Invoice Penjualan SederhanaContoh Invoice PenagihanContoh Invoice BarangContoh Invoice JasaContoh Invoice…