Doa Akhir Tahun

3 min read

Doa Akhir Tahun

Akhir tahun menjadi titik penutupan amal dan dosa di tahun tersebut yang akan menyambut hari esok sudah dengan tahun yang berbeda. Ketika sudah memasuki bulan Dzulhijjah maka bulan depan umat islam akan menyambut tahun baru hijriah. Lalu bagaimana cara umat islam merayakan pergantian tahun tersebut? Perlu kita ketahui bersama doa akhir tahun dapat menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan umat islam untuk mengakhiri tahun tersebut.

Dilafalkannya yaitu sebelum matahari terbenam, memang belum nash Quran yang pas tentang tata cara membaca doa untuk menyambut akhir tahun yang sebenar-benarnya. Dalam hadist Rasullullah juga belum ada doa untuk mengakhiri tahun. Dengan demikian dapat diketahui bahwa doa tersebut merupakan karangan para Ulama.

Hukum Membaca Doa Akhir Tahun

Islam

Allah SWT telah mengajarkan kepada umatnya untuk berdoa kepada-Nya. Seperti yang dijelaskan dalam QS. Ghafir:60 yang memiliki makna bahwa orang-orang yang berdoa maka akan terhidar dari sifat sombong dan terhindar dari hinaan neraka jahanam.

Tetapi, dalam Al Quran maupun hadist memang tidak ada doa akhir tahun sehingga membuat sebagian besar umat Islam ragu untuk melafalkannya. Hukum membaca doa akhir tahun ini sifatnya sunnah sehingga boleh dilafalkan sebagai bentuk amalan, ketika tidak membacanya maka tidak akan berdosa.

Mengenai hukum membaca doa akhir tahun kami lebih condong untuk mengikuti pendapat Buya Yahya (Semoga beliau selalu dalam lindungan Allah SWT), Video dibawah penjelasan lengkapnya.

Penjelasan Buya Yahya mengenai hukum membaca do’a akhir tahun.

Doa Akhir Tahun

Ini dia bacaannya yang dapat menjadi amalan Anda di akhir tahun.

ﺍَﻟْﺤَﻤْﺪُ ﺍﻟِﻠّﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ , ﻭَﺻَلَی ﺍﻟﻠّﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِ ﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺩَﻋَﻠَﻰ ﺍَﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢْ , ﺍَﻟَّﻠﻬُﻢَّ ﻣَﺎ ﻋَﻤِﻠْﺖُ ﻓِﻰ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟﺴَّﻨَﺔِ ﻣِﻤَّﺎ ﻧَﻬَﻴْﺘَﻨِﻲ ﻋَﻨْﻪُ ﻓَﻤَﻢْ ﺍَﺗُﺐْ ﻣِﻨْﻪُ ﻭَﺍَﻡْ ﺗَﺮْﺿَﻪُ ﻭَﻟَﻢْ ﺗَﻨْﺴَﻪُ ﻭَﺣَﻠَﻤْﺖَ ﻋَﻠَﻲَّ ﺑَﻌْﺪَ ﻗُﺪْﺭَﺗِﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﻋُﻘُﻮ ﺑَﺘِﻰ ﺍِﻟَﻲ ﺍﺗَّﻮْﺑَﺔِ ﻣِﻨْﻪُ ﺑَﻌْﺪَ ﺟُﺮْﺍَﺗِﻰْ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻌْﺼِﻴَﺘِﻚَ ﻓَﺎﺀِﻧِّﻰ ﺍَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻓَﺎﻏْﻔِﺮْﻟِﻰ ﻭَﻣَﺎ ﻋَﻤِﻠْﺖُ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﻣِﻤَّﺎ ﺗَﺮْﺿَﺎﻩُ ﻭَﻭَﻋَﺪْﺗَﻨِﻰ ﻋَﻠَﻪِ ﺍﻟﺜَّﻮَﺍﺏَ ﻓَﺎَﺳْﺌَﻠُﻚَ ﺍَﻟَّﻠﻬُﻢَّ ﻳَﺎ ﻛَﺮِﻳْﻢُ ﻳَﺎﺫَﺍﺍﻟْﺠَﻠَﺎﻝِ ﻭَﺍﻟْﺎِﻛْﺮَﺍﻡِ ﺍَﻥْ ﺗَﺘَﻘَﺒَّﻠَﻪُ ﻣِﻨِّﻰ ﻭَﻻَ ﺗَﻘْﻄَﻊْ ﺭَﺟَﺎﺋِﻰْ ﻣِﻨْﻚَ ﻳَﺎﻛَﺮِﻳْﻢُ ﻭﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰِّ ﺍﻟْﺎُﻣِّﻰِّ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺍَﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢْ

Artinya:

Segala yang telah ku kerjakan di tahun ini yang menjadi larangan Mu, kami belum bertaubat. Engkau tidak melupakannya dan bersabar dengan kasih sayang Mu yang sesungguhnya berkuasa memberikan siksa. Engkau telah mengajak kami untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Kami memohon ampunan-Mu dan berikanlah ampunan atas kemurahan-Mu. Semoga Allah SWT memberikan rahmat dan kesejahteraan.

Makna Doa Akhir Tahun

Makna Doa

Sudahkah Anda mengetahui makna doa akhir tahun yang sebenarnya? Untuk lebih detailnya maka simaklah uraian list yang terdapat di bawah ini.

Bersyukur

Ketika melafalkan doa di akhir tahun ternyata dapat menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT di tahun ini. Tidak hanya dengan melafalkan doa tersebut, tetapi Anda juga bersyukur dengan berdzikir di akhir tahun.

Apabila melafalkanya setelah maghrib hingga tengah malam maka hal tersebut menjadi amalan tersendiri yang menjadi bentuk rasa bersyukur masih diberikan umur panjang hingga di ujung tahun.

Bertaubat

Tidak hanya bersyukur, tetapi dengan melafalkan doa akhir tahun tersebut juga menjadi bentuk taubat loh. Sebagai umat islam yang beriman maka akan selalu mengingat dosa yang telah mereka lakukan selama tahun tersebut.

Dengan demikian maka di penghujung tahun ini maka bertaubatlah agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT sehingga tahun berikutnya dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Jika, di akhir tahun Anda masih ingat dengan dosa-dosa yang telah diperbuat maka akan membukakan pintu hidayah tersendiri sehingga membuat kehidupanmu di tahun depan mendapatkan ridho untuk berbuat baik.

Memohon Ampunan

Gambar terkait

Hampir sama dengan bertaubat, ketika di akhir tahun melafalkan doa maka bertujuan untuk memohonan ampunan dari dosa-dosa yang telah dilakukan. Terlebih ketika ditambahkan dengan melafalkan dzikir maka akan membuat akhir tahun Anda menjadi bermakna untuk memohonkan ampunan sehingga dosa-dosa yang dilakukan juga satu per satu akan digugurkan.

Oleh karena itu, di malam pergantian tahun tersebut lakukanlah solat malam, kemudian bacalah doa akhir tahun yang sudah dijelakan sebelumnya kemudian tambahkan dengan dizikir untuk memohon ampunan.

Apabila melakukan hal tersebut maka akan membuat hati Anda menjadi lebih tenang, bukan? tentunya di awal tahun nanti akan mendapatkan keridhoan dari Allah SWT untuk senantiasa berbuat baik.

Keberkahan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ketika membaca doa di penghujung tahun juga akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT sehingga ketika sudah di awal tahun maka akan senantiasa mendapatkan perrlindungan dan kebaikan yang diberikan oleh-Nya.

Ketika mendengar orang berkata bahwa doa akhir tahun termasuk bid’ah maka janganlah mengambil sisi negatifnya saja. Cobalah berpikir positif sebagai umat islam kita memang dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT sebagai bentuk iman kita agar dihindarkan dari api neraka.

Dalam kondisi apapun maka ingatlah Allah SWT, termasuk dalam situasi pergantian tahun maka disarankan untuk mengingat-Nya agar mendapatkan keberkahan sehingga senantiasa selalu dalam kebaikan dan dalam lindungan-Nya.

Rahmat dan Kesejahateraan.

Berikutnya, makna doa di penghujung tahun juga akan memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada setiap umatnya. Apa yang dimaksudkan dengan rahmat? Tentunya hal tersebut merupakan kenikmatan dalam bentuk kebaikan yang diberikan kepada umat-Nya sehingga kehidupanmu akan lebih bahagia di tahun berikutnya.

Selain rahmat juga akan mendapatkan kesejahteraan berupa hati yang tenang kemudian juga bisa berupa keseteraan kehidupan yang akan didapatkan di tahun depan. Dengan begitu jangan lupa untuk melafalkan doa akhir tahun karena manfaatnya sangat baik.

Bentuk Amalan

Seperti yang kita ketahui bahwa berdoa tentunya sebagai bentuk amalan yang baik untuk mendapatkan pahala maupun mendapatkan manfaat lainnya, seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya.

Hal yang perlu diperhatikan, berdoa merupakan salah satu tindakan mengingat Allah SWT sehingga tujuannya baik. Selain mendapatkan pahala maka akan mendapatkan keberkahan-Nya.

Demikian penjelasan mengenai doa akhur tahun semoga kita dapat mengambil pelajaran. Wallahu a’lam.

Apabila ada kesalahan Informasi atau Tulisan mohon beri tahu kami melalui kolom komentar dibawa, Terima Kasih.

Avatar

Doa Untuk Anak

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Turun Hujan

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Ketika Angin Kencang

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *