Doa Bangun Tidur

3 min read

Doa Bangun Tidur

Bangun tidur merupakan suatu nikamta dari Allah SWT yang wajib kita syukuri. Dengan msih diberi kesempatan untuk bangun di pagi hari maka itu artinya kita masih diberi kesempatan untuk beramal shaleh di hari tersebut. Nah karena bangun tidur merupakan nikmat maka kita disunnahkan membaca doa bangun tidur.

Sering kita jumpai terdapat orang yang ketika bangun pagi dengan muka yang suram, hati yang sedih, dan pikiran yang kacau maka dengan membaca doa bangun tidur besar harapkan kita untuk terhindar dari hal buruk di atas.

Membaca doa bangun tidur mustinya sudah diajarkan kepada Anak sejak dini agar ketika dewasa sudah terbiasa melakukan hal kebaikan.

Bacaan Doa Bangun Tidur Arab

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

 Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amatana wa ilaihin nushur

Artinya:

Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.

Pejelasan Doa Bangun Tidur

doa bangun tidur
Sumber Gambar: Google

Dibawah ini penjelasan doa bangun tidur yang terlihat sederhana ternyata maknanya sangat mendalam bagi kehidupan. Ini dia penjelasannya untuk Anda.

Rasa syukur

Dari lafal doa  اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا memili arti segala puji bagi-Mu ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku. Dapat dipahami bahwa maknanya yaitu bersyukur karena masih diberikan umur panjang sehingga bisa menikmati pagi hari lagi, dapat melakukan banyak aktivitas atau rutinitas kembali setelah tidur.

Dengan bersyukur tersebut tentunya akan membuatmu dalam mengawali hari-hari lebih bersemangat karena mendapatkan perlindungan maupun ridho dari Allah SWT. Oleh karena itu, ketika bangun tidur jangan lupa membaca doanya karena menjadi salah satu bentuk rasa syukur kepada-Nya.

Memotivasi hidup untuk mengejar kebaikan

Berikutnya, makna doa bangun tidur yaitu memberikan peringatan bahwa tanpa izin dari Allah SWT maka kalian dihidupkan kembali setelah tidur. Dengan begitu maka akan memacu atau memotivasi umat muslim untuk selalu berbuat kebaikan karena hidup di dunia itu tidak ada yang tahu sampai kapan.

Oleh karena itu, apabila kita sebagai umat muslim selalu mengingat makna dari doa bangun tidur tersebut  maka akan selalu memotovasi dalam perbuatan baik di dunia sehingga mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun akhirat.

Mengingat “An-Nusyur” adalah kebangkitan dari kubur.

Kemudian ketika melaflkan doa bangun tidur tersebut maka akan lebih mempermudahkan kita untuk lebih mengingat an-nusyur yang memiliki makna kebangkitan dari kubur. Dimana dalam keadaan tersebut kita akan dikembalikan pada kehidupan sebenarnya yaitu dalam kehidupan akhirat.

Jika kita setiap hari mengingat akan kehidupan di akhirat pastinya cukup membantu dalam membuat kehidupan menjadi lebih bermakna setiap harinya dengan menolong banyak orang, melakukan hal-hal baik yang bermanfaat. Hal tersebut memang perlu diingat agar setiap harinya kita selalu mengingat Allah SWT.

Kekuatan Doa Bangun Tidur

Bangunan, Masjid, Matahari Terbenam, Bayangan Hitam
Sumber Gambar: Pixabay

Berikut ini penjelasan mengenai kekuatan doa bangun tidur yang terdapat dalam uraian daftar di bawah ini yang bermanfaat untuk kehidupan di dunia maupun akhirat.

Membuat Hati Tenang

Perlu Anda ketahui bahwa ketika bangun tidur kemudian melafalkan doa maka akan membuat hati menjadi merasa lebih tenang. Dengan begitu maka akan membantu Anda dalam mejalankan setiap aktivitas maupun rutinitas dengan bersungguh-sungguh.

Sebagai umat muslim tentunya dalam melakukan segala aktivitas memang harus berdoa agar selalu terhindar dari godaan setan yang dapat menjerumuskan dalam perilaku tidak baik.

Ketika bangun tidur masih saja gelisah maka Anda memang belum memaknai sepenuhnya dari kekuatan doa tersebut. Tidak hanya melafalkannya saja, tetapi juga harus mengetahui maknanya agar dapat sampai masuk ke dalam hati yang akan menjadi merasa lebih tenang.

Bersemangat

Apabila bangun tidur kemudian berdoa pastinya akan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas, bukan? ketika melafalkan doa tersebut maka sambil mengingat maknanya bahwa harus bersyukur karena masih bisa menikmati udara pagi hari kemudian masih bisa beraktivitas seperti biasanya.

Setiap harinya, sebesar apapun pekerjaan yang harus dihadapi, masalah yang harus diselesaikan apabila Anda mengingat arti doa bangun tidur maka akan selalu lebih bersemangat dalam bekerja.

Ketika bersemangat maka Anda akan lebih mengutamakan memberikan wajah dengan nuansa ceria, bahkan memberikan senyuman kepada setiap orang. Jadi, kekuatan doa bangun tidur memang sangatlah besar untuk kehidupan di dunia. Oleh karena itu, ajarkanlah kepada anak-anak untuk menerapkan doa tersebut setiap pagi hari.

Sebagai Bentuk Amalan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa doa merupakan salah satu bentuk amalan yang dapat menjadi pahala. Jadi, untuk menambahkan amalan di pagi hari maka janganlah lupa membaca doa. Ketika awal bangun tidur saja sudah dimulai dengan amalan baik maka berikutnya akan selalu diikuti dengan amalan baik berikutnya.

Mengapa demikian? hal tersebut karena Allah SWT selalu bersama orang-orang yang mengingat-Nya.

Mendapatkan Ridho Allah SWT

Ridho dari Allah SWT dapat berupa pertolongan dalam hal baik sehingga orang yang mendapatkan ridho dari-Nya maka senantiasa akan selalu berada dalam kebaikan. Dengan demikian maka tak heran apabila orang yang selalu berdoa ketika menjalankan setiap kegiatan atau aktivitas apapun akan mendapatkan perlindungan.

Terlebih ketika bangun tidur, sebelum banyak melakukan aktivitas memang sangat disarankan untuk membaca doa agar dihindarkan dari rasa malas, hati yang gelisah, dan pikiran yang kacau.

Baca Juga: Doa Akhir Tahun

Dilindungi Oleh Allah SWT

Berdoa menjadi salah satu cara agar selalu berada dalam lindungan Allah SWT, setelah tidur maka tubuh akan menjadi lebih fresh tentunya hal tersebut menjadi satu hal yang penting untuk diperhatikan agar Anda terus bersyukur. Ketahuilah ketika seorang muslim berdoa maka akan menjauhkan dirinya dari setan, sehingga akan terus dalam lindungan-Nya.

Oleh karena itu, tentunya umat islam akan senantiasa berbuatan kebaikan setiap harinya karena selalu mendapatkan perlindungan yang menimbulkan adanya rahmat, hidayah, dan keberkahan setiap harinya untuk apapun yang dilakukannya.

Terbebas dari Rasa Malas

Jika sebelumnya sudah ada penjelasan doa bangun tidur memiliki kekuatan untuk memberikan semangat maka hal tersebut juga akan membantu Anda agar terhindari dari rasa malas. Misalnya, ketika bangun tidur tidak membaca doa maka tidak mengingat Allah SWT.

Dari hal tersebut maka akan membuat Anda semakin betah berada di atas kasur, bahkan enggan dan malas untuk solat subuh yang kemudian akan mendatangkan rasa malas berikutnya lagi.

Oleh karena itu, bacalah doa bangun tidur agar membuat Anda terhindar dari godaan setan yang bisa mengakibatkan rasa malas berlebihan sehingga membuat hari-harimu tidak produktif.

Bentuk Mengingat Allah

Sudahkah Anda mengetahui bahwa doa adalah salah satu bentuk umat islam dalam mengingat Allah SWT? Ketika berdoa, di saat itulah Anda sedang mengingat-Nya. Dengan demikian maka itu akan menjadi bentuk kasih sayang kepada-Nya.

Dengan berdoa maka akan terhidar dari kesombongan dan api neraka sehingga senantiasa berdoalah sebelum atau sesudah melakukan sesuatu.

Itulah penjelasan mengenai doa bangun tidur yang ternyata memiliki banyak kekuatan yang baik untuk kehidupan di dunia maupun akhirat kelak.Wallahu alam.

Apabila Anda menemui kesalah Informasi atau Tulisan, beri tahu kami melalui komentar dibawah, terima kasih.

Avatar

Doa Untuk Keluarga

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Orang Tua

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Anak

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *