Doa Bepergian dan Maknanya

3 min read

Doa Bepergian

Berpergian tentunya sangat sering dilakukan, ketika keluar rumah saja itu sudah termasuk bepergian. Seberapa sering Anda berpergian? Jangan lupa untuk melafalkan doa bepergian agar selalu mendapatkan pertolongan dari Allah SWT, baik pergi dengan jarak dekat maupun jauh.

Hal ini telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW terutama untuk melakukan perjalanan yang bersifat mulia maka akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Rasullullah juga menganjurkan umatnya berpergian dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi. Selain itu, dengan berpergian ternyata juga baik untuk kesehatan jiwa dan raga.

Berdoa menjadi salah satu cara mengingat Allah SWT agar selalu berada dalam perlindungannya, terutama ketika bepergian jauh maka akan bertemu orang tak dikenal yang tidak tau jahat atau baik tentu doa menjadi senjata utama bagi muslim untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Dengan demikian maka jangan lupa berdoa setelah keluar rumah ketika hendak bepergian agar dijauhkan dari orang-orang jahat.

Doa Berpergian

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَإِلاَّبِ للَّهِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri karena tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan-Nya.

Makna Doa Bepergian

Hasil gambar untuk bepergian
pixabay

Sudahkah Anda mengetahui makna dari doa bepergian? Jika belum yuk ketahui maknanya dalam uraian list di bawah ini.

Menghilangkan gelisah

Ketika berpergian jauh pastinya akan menimbulkan rasa gelisah, untuk mengatasinya maka Anda bisa membaca doa bepergian terlebih dahulu. Jika membaca doa maka Anda akan selalu berada dalam lindungan dan pertolongan Allah SWT. Terlebih ketika tujuan bepergian Anda mulia pastinya akan mendapatkan rahmat dan keberkahan.

Bepergian tentunya tujuannya macam-macam sehingga utamakan berdoa agar apa yang menjadi tujuan bepergian menjadi berhasil atau tercapai sesuai dengan yang diinginkan. Dengan mengingat Allah SWT maka akan selalu mendapatkan pertolongannya.

Menghindarkan dari Kejahatan

Bepergian pastinya dalam perjalanan akan menjumpai banyak orang, tidak semua orang memiliki tujuan yang baik. Tetapi, adanya pernyataan tersebut sebaiknya jangan membuat Anda menjadi orang yang penuh dengan rasa suudzon. Dengan demikian maka sebaiknya Anda memang selalu mengantisipasinya dengan berdoa.

Selain berdoa bepergian, seperti yang sudah dijelasakan pada paragraf sebelumnya maka Anda bisa berdzikir di sepanjang jalan agar selalu dalam lindungan Allah SWT sehingga terhindar dari orang jahat yang bisa saja menyakita Anda di jalan.

Terutama di tempat umum yang sangat ramai, seperti terminal bus atau stasiun karena di tempat itulah biasanya terdapat orang yang berniat buruk mulai dari merampok, merampas, maupun mencuri.

Mengingat Allah SWT

Dengan berdoa berarti menunjukkan bahwa Anda selalu mengingat Allah SWT. Ketika akan berpergian juga sebaiknya mengingat-Nya. Dalam keadaan maupun kondisi apapun seharusnya memang selalu berdoa agar merasakan kasih sayang-Nya. Bahkan, ketika umat islam selalu mengingatnya juga akan terhindar dari kesombongan.

Terutama ketika sedang berpergian sebaiknya jangan memakai barang-barang yang terlihat mewah. Misalnya wanita jangan menggunakan perhiasan yang terlalu mencolok karena itu dapat memicu terjadinya kejahatan.

Ketika Hendak Bepergian

Doa Naik Kendaraan Laut

Bagaima cara bepergian yang baik menurut islam? Jika Anda belum mengetahuinya maka simak bacaan yang terdapat di bawah ini.

Membaca Bismillah

Sebelum bepergian atau hendak bepergian maka sebaiknya membaca bacaan bismillah karena sesuatu yang diawali dengan basmallah akan mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT. Dengan demikian pastinya akan semakin membuat perjalanan menjadi berjalan semestinya tanpa ada halangan apapun.

Membaca Dzikir

Tasbih, Konter, Masjid, Perkenalkan, Menghitung, Iman

Berikutnya, ketika hendak bepergian maka perbanyaklah membaca dizikir agar hati menjadi tenang, tidak gelisah sehingga akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Selain itu, juga akan membuat Anda selalu dalam lindungan Allah SWT agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal tersebut dikarenakan dalam perjalanan biasanya banyak kejadian yang tak terduga sehingga perbanyaklah membaca dzikir sebelum maupun saat bepergian.

Membaca doa bepergian

Nah, ketika hendak bepergian maka janganlah lupa untuk membaca doa perjalanan yang memiliki tujuan untuk mengharapkan keselamatan atau selalu dalam perlindunganNya agar terhindar dari insiden yang tidak diinginkan.Tentunya, membaca doa perjalanan dimulai dengan membaca doa bepergian yaitu

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhim.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa doa bepergian tersebut memiliki banyak maknanya untuk membuat perjalanan Anda selalu dalam lindungan Allah SWT.

Hafalkan Doa naik kendaraan

Berikutnya, ketika Anda melakukan perjalanan dengan kendaraan maka harus membaca doa naik kendaraan sesuai jenisnya. Tujuannya yaitu agar doanya dikabulkan sehingga tujuan bepergiannya juga sesuai dengan yang diinginkan. Belum tahu doa naik kendaraan? Ini dia doanya.

  • Doa Naik Kendaraan Darat

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Artinya:

Maha suci Allah SWT yang telah memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada yang mempersekutukan bagi-Nya. Sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

  • Doa Naik Kendaraan Laut dan Udara

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Artinya:

Dengan nama Allah SWT aku menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Pengasih.

Jangan Bepergian Sendirian

Bepergian
Sumber Gambar: Kompas

Sebelum bepergian terutama ketika perjalanannya jauh maka sebaiknya janganlah pergi sendirian ya. Utamakan mengajakan orang yang sudah mahram dengan Anda, selain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tetapi hal tersebut juga menjadi salah satu ajaran dari Rasullullah.

Terutama untuk seorang wanita maka dilarang untuk bepergian sendirian karena berbahaya. Tetapi, jika tetap berniat pergi sendirian maka harus menyiapkan mental jika bertemu dengan orang tak dikenal. Jadi, harus memahami itu orang baik atau bukan.

Namun, perhatikanlah bahwa tidak semua orang yang terlihat jahat itu jahat sehingga jangan mudah suudzon kepada setiap orang.

Disarankan Bepergian di Malam Hari

Berikutnya,ketika hendak bepergian maka disarankan untuk memilih waktu malam hari. Mengapa demikian? hal tersebut merupakan salah satu ajaran dari Rasullullah, selain itu ketika malam hari juga udaranya sejuk dan dingin sehingga lebih nyaman dalam perjalanan.

Di waktu malam hari tersebut waktunya dapat digunakan untuk tidur sehingga waktu perjalanan terkesan cukup sebentar. Tetapi, jika mengharuskan bepergian di waktu siang hari juga tidak apa-apa karena ketika siang hari juga bisa membuat perjalanan menyenanglan dengan melihat pemandangan di sekitar.

Baca Juga: Doa Bangun Tidur

Tujuan Lokasi Jelas

Peta, Tujuan, Destinasi
pixabay

Ketika hendak pergi menuju alamat tertetu maka Anda sudah harus memastikan bahwa lokasinya memang sudah jelas agar tidak bingung ketika sudah berada di kota yang dituju sehingga tidak terlalu banyak bertanya dengan orang yang tidak dikenal karena bisa memicu kriminalitas.

Jangan Membawa Perhiasan Terlalu Banyak

Perhiasan biasanya menjadi incaran para penjahat kepada pengunjung sehingga sangat disarankan untuk tidak membawa maupun memakai perhiasan yang berlebihan karena hal tersebut dapat memicu kriminalitas, terlebih ketika Anda menggunakan kendaraan umum.

Demikianlah penjelasan mengenai doa bepergian dengan maknanya yang lengkap. Semoga Bermanfaat, Wallahu alam.

Avatar

Doa Bercermin

Avatar Fahmi Pedia
2 min read

Doa Bangun Tidur

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *