Doa Bertemu Saudara Muslim

3 min read

Doa Bertemu Saudara Muslim

Semua umat muslim di dunia ini adalah saudara, oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk saling mendoakan. Jadi, lafalkan doa bertemu saudara muslim agar menjadi pertemuan yang dalam ridho Allah SWT.

Dengan saling mengucapkan doa tersebut maka sama artinya kita saling berbagi doa untuk kebaikan di dunia dan akhirat. Meskipun baru mengenalnya atau baru bertemu maka tak ada salahnya untuk mendoakan.

Bacaan Doa Bertemu Saudara Muslim

Kaligrafi Assalmu'alaikum

Berikut adalah bacaan doa yang dapat Anda ucapkan ketika bertemu saudara sesama muslim

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamualaykum Warohmatullohi Wabarokatuh

Artinya:
Semoga keselamatan terlimpah atas kalian, juga rahmat Allah dan berkah-Nya.

Adab Ketika Bertemu Saudara Muslim

Sudahkah Anda mengetahui adab ketika bertemu saudara muslim? Jika belum mengetahuinya maka simaklah beberapa adab yang harus dilakukan ketika bertemu dengan muslim yang lain.

Mengucapkan Salam Atau Menyapanya

Untuk adab ketika bertemu saudara muslim yang pertama yaitu mengucapkan salam atau memberikan sapaan. Untuk salam yang saling mendoakan yaitu Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh”  yang mengharapkan keselamatan dari Allah SWT. Itulah doa yang paling mudah dan gampang saat bertemu saudara muslim.

Baik bertemu dengan saudara perempuan maupun laki-laki maka janganlah lupa untuk melafalkan Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh”. Jika, hanya bertemu singkat maka Anda dapat hanya menyapanya seperti ucapan selamat pagi, selamat siang maupun, selamat malam.

Hal tersebut sudah menunjukan adanya silaturahmi antar umat muslim sehingga persaudaraan Anda tidak akan terputus.

Tersenyum

Berikutnya, adab bertemu saudara muslim yaitu tersenyumlah sebagai salah satu bentuk ketakwaan. Tentunya, Anda sudah mengetahui bukan tersenyum itu salah satu bagian dari ibadah sehingga akan membuat pahala Anda semakin bertambah. Tak hanya itu maka saudara muslim yang bertemu juga akan merasa lebih bahagia ketika ketemu Anda karena diberikan senyuman.

Tetapi, jagalah senyuman Anda dari yang bukan mahram karena hal tersebut dapat menimbulkan syahwat yang justru bisa menjadikan dosa.

Melafalkan Doa Balasan

Apabila Anda bertemu saudara muslim maka disarankan untuk melafalkan doa bertemu saudara muslim balasan. Jika diberi doa Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh” maka balaslah dengan  Wa’alalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakaatuh” yang memiliki makna meminta keselamatan kepada saudara muslim.

Dengan demikian ketika betemu saudara muslim dalam sebuah majelis atau dimanapun tempatnya maka janganlah lupa memberikan salam kemudian juga jangan lupa untuk membalaskan doa balasan berupa jawaban dari salam tersebut karena memiliki makna yang baik untuk sesama muslim.

Hukum Mengucapkan dan Menjawab Salam

Perlu diketahui di dalam Islam terdapat hukum mengucupkan dan menjawab salam. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Hukum Mengucapkan Salam

  • Sunnah atau sangat dianjurkan

Hukum mengucapkan salam yang pertama yaitu sunnah yang sangatlah dianjurkan. Memang ketika tidak mengucapkan salam maka tidak berdosa maka ketika mengucapkan salam akan mendapat banyak manfaat, bahkan mendapatkan perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT.

Dengan demikian janganlah lupa untuk mengawali pertemuan dengan mengucapkan salam terlebih dahulu.

  • Sunnah Kifayah

Berikutnya, hukum doa bertemu saudara muslim untuk sekelompok orang itu memiliki sunnah kifayah yang  memiliki arti apabila ada orang dari kelompok tersebut sudah mengucapkan salam maka sudah terwakilkan sehingga tidak perlu setiap orang dari kelompok tersebut untuk mengucapkan salam satu per satu.

Hukum Menjawab Salam

Tidak hanya terdapat hukum mengucapkan salam, tetapi juga ada hukum menjawab salam yang perlu dipahami. Berikut ini penjelasannya.

  • Wajib

Ketahuilah bahwa menjawab salam itu hukumnya wajib ketika Anda sedang sendirian. Ketika Anda sedang sendirian kemudian ada saudara muslim yang mengucapkan salam maka harus dijawab karena hukumnya fardu’ain.

  • Fardu Kifayah

Berikutnya, hukum menjawab salam yaitu fardhu kifayah apabila Anda sedang berada di sekelompok orang. Nah, jadi ketika ada yang mengucapkan salam kemudian sudah terjawab oleh satu orang maka yang lain tidak perlu menjawab tidak apa-apa.

Makna Assalamu’alaikum atau Doa Salam

Hasil gambar untuk kaligrafi assalamu
Sumber Gambar: Youtube

Sudahkah Anda mengetahui makna Assalamu’alaikum atau doa salam? Untuk mengetahuinya ketahui beberapa maknanya terdapat di bawah ini.

Saling Mendoakan

Makna Assalamu’alaikum atau doa salam yang pertama yaitu ungkapan saling mendoakan antar saudara muslim yang saling mengharapkan untuk mendapatkan keselamatan dan kebaikan di dunian dan akhirat. Tentunya, hal tersebut juga menjadi salah satu bentuk kecintaan dan kasih sayang sesama muslim.

Jadi, ketika saling mengucapkan salam tersebut pastinya juga akan mendapatkan ridho dari Allah SWT agar selalu mendapatkan keselamatan dalam melakukan sesuatu. Meskipun, terkesan sangat sederhana dan singkat doanya tetapi ternyata maknanya begitu mendalam. Jangan lupa mengucapkan salam ketika bertemu saudara muslim ya!

Manusia Bergantung Kepada Allah

Berikutnya, makna doa salam yaitu sebagai salah satu bentuk penyerahan diri kepada Allah SWT. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salam ini menjadi doa untuk mengharapkan keselamatan dari-Nya. Tetapi, kita tidak akan pernah tau apa yang terjadi kepada diri kita.

Hal tersebut sama halnya dengan menyerahkan apa saja atau segala sesuatu yang akan terjadi kepada diri kita dalam kehidupan di dunia ini.

Baca Juga : Doa Bangun Tidur

Memberikan Rasa Aman

Makna doa bertemu saudara muslim yaitu dapat memberikan rasa aman . Mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan rasa aman ini berasal dari doa yang dilafalkan oleh saudara kita saat bertemu.

Tentunya, dengan adanya doa tersebut maka akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ataupun dilindungi dari hal jahat.

Pertemuan Baik

Ketahuilah dengan mengucapkan doa bertemu saudara muslim tersebut maka menandakan adanya pertemuan baik yang sudah diawali dengan mengingat Allah SWT, bahkan juga mengharapkan adanya keselamatan yang diberikan untuk semua saudara muslim.

Dengan demikian pastinya akan membuat pertemuan Anda menjadi pertemuan yang baik sehingga akan memberikan manfaat yang juga baik untuk kehidupan di dunia maupun akhirat.

Sebagai umat muslim alangkah lebih baiknya memang selalu berpikir positif mengenai apapun yang terjadi, terlebih pertemuan dengan umat muslim yang mungkin akan memberikan kebaikan atau sikap tolong menolong dan saling membantu sehingga bermanfaat untuk kehidupan di dunia.

Saling Menghormati

Ketika Anda saling mengucapkan doa bertemu saudara muslim maka hal tersebut menjadi salah satu bentuk sikap saling menghormati sesama muslim. Dengan demikian maka jangan lupa mengucapkan salam ketika bertemu saudara muslim dimanapun tempatnya karena tidak hanya menjadi doa tetapi juga akan memberikan rasa saling menghormati dan menghargai, bahkan dapat juga meningkatkan kasih sayang antar sesama umat muslim.

Adanya sikap tersebut pastinya akan menumbuhkan tingkat kekerabatan yang semakin tinggi pastinya.

Mempererat Silaturahmi

Dengan mendoakan sesama umat muslim maka juga akan mempererat silaturahmi antar sesama umat muslim. Jadi, janganlah lupa untuk saling mengucapkan salam sebagai doa kepada sesama muslim karena hal tersebut juga memiliki makna untuk saling mendoakan keselamatanNya sehingga akan semakin mempererat tali silaturahmi.

Meskipun terlihat sederhana ternyata doa bertemu saudara muslim dapat mendoakan keselamatan yang membuat setiap pertemuan mengantarkan pada rasa aman.

Avatar

Doa Untuk Anak

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Turun Hujan

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Ketika Angin Kencang

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *