Doa Masuk dan Keluar Masjid

3 min read

Doa Keluar dan Masuk Masjid

Membaca doa masuk dan keluar masjid memang ibadah sunnah, tetapi sebaiknya diajarak sejak dini kepada anak-anak agar dapat mengamalkannya sampai ia dewasa. Tentunya, dengan harapan agar umat islam selalu mengikuti adab yang diajarkan Rasullullah sehingga memiliki etika terhadap apa yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Terlebih, masjid merupakan tempat ibadah sehingga sebelum masuk harus berdoa agar menambahkan amalan saat beribadah. Sebelum masuk masjid sebaiknya juga berwudhu dahulu sehingga masuk masjid sudah dalam keadaan suci.

Doa Masuk Masjid

Seperti yang telah diulas dalam paragraf sebelumnya bahwa masjid adalah tempat beribadah sehingga banyak amalan yang bisa kita lakukan, salah satunya dengan membaca doa masuk masjid sesuai sunnah rossul. Sudahkah Anda mengetahui doa masuk masjid? Berikut ini bacaan doanya.

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

 “A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.

Artinya:

 “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

Doa masuk masjid memang cukup pendek sehingga sangatlah mudah untuk diamalkan bukan? dengan demikian maka Anda bisa mengajari anak-anak untuk mulai menghafalkan doa tersebut sehingga ketika nanti usianya sudah dewasa maka sudah dapat melakukan salah satu adab masuk masjid dengan tepat.

Sebagai seorang muslim tentunya kita memang harus mengetahui doa-doa sehari agar selalu mengingat Allah SWT dan dalam perlindungan-Nya. Terlebih ketika kita masuk masjid maka harus berdoa agar mendapatkan rahmat dari-Nya.

Adab Sebelum Kita Memasuki Masjid

Adab Masuk Masjid
Pixabay

Setelah mengetahui doa masuk masjid maka selanjutnya ketahui juga adab sebelum masuk ke dalam masjid. Nah, ini dia seputar penjelasannya  untuk Anda agar bisa mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Mendahulukan kaki kanan

Untuk adab pertama masuk ke dalam masjid yaitu mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu. Nah, ketahuilah bahwa dalam hukum islam ketika akan mengunjungi tempat beribadah maka utamakan melangkangkah kaki kanan terlebih dahulu. Hal tersebut juga diajarkan oleh Rasullullah yang selalu mendahulukan bagian tubuh sebelah kanannya dalam melakukan aktivitas.

Terlebih untuk melangkah ke tempat ibadah maka sangatlah disarankan untuk mendahulukan kaki kanan. Hal tersebut memang tidak memiliki aturan khusus dalam Al Quran, tetapi hal tersbeut menjadi salah satu anjuran dari Rasullullah yang baik untuk kita tirukan.

Membaca doa masuk masjid

Selanjutnya, etika atau adab ketika masuk ke dalam masjid tentunya berdoa. Bacalah doa yang sudah dijelaskan dalam paragfar sebelumnya. Nah, dengan membaca doa masuk masjid tersebut maka akan memberikan makna bahwa Anda menjadi umat muslim yang menghargai kesucian dari tempat ibadah tersebut.

Tak hanya bermakna untuk menghargai kesucian dari tempat ibadah tersebut, tetapi juga akan mendatangkan rahmat dari Allah SWT. Tentunya, bisa juga menjadi amalan singkat yang memberikan pahala kepada setiap umatnya.

Shalat sunnah dua rakaat

Ketika masuk masjid maka disunnahkan untuk melakukan solat sunnah dua rakaat sebagai salah satu adab yang diajarkan oleh Rosul. Sudahkah Anda mengenal solat dua rakaat tersebut? Kenalilah solat tersebut disebut dengan tahiyatul masjid. Nah, solat ini dilakukan saat Anda masuk ke tempat ibadah sebelum menjalankan solat fardhu.

Tetapi, juga dilakukan sebelum Anda duduk di dalam masjid. Jadi, orang yang masuk ke dalam masjid memang disunnah untuk tidak langsung duduk tetapi melakukan solat sunnah.  Oleh karena itu, setiap umat islam yang ke masjib memang harus dalam keadaan suci. Akan lebih baik jika sudah berwudhu dari rumah.

Berdzikir

Ketika di dalam masjid maka sangat dianjurkan untuk selalu berdzikir dengan tujuan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Selain itu, juga dengan berdzikir pastinya akan membuat hati merasa lebih tenang.

Berdzikir di masjid pastinya akan semakin membuat doa juga menjadi lebih mudah diijabah oleh Allah SWT. Selain berdzikir maka bisa melakukan ibadah yang lainnya, seperti membaca Al Quran. Perbanyaklah ibadah yang lainnya saat berada di dalam masjid.

Berdoa ketika akan keluar masjid dan mendahulukan kaki kiri

Ketika sudah selesai melakukan solat fardhu berjamaah di masjid maka adab berikutnya yang harus dilakukan yaitu berdoa ketika akan keluar dari masjid. Setelah itu, hal yang harus diperhatikan saat keluar dari masjid yaitu melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu. Jika, tadi masuk dengan kaki kanan maka keluar dari tempat ibadah disarankan kaki kiri yang utamakan.

Doa Keluar Masjid

Masjid
Pixabay

Setelah mengetahui doa masuk masjid maka ketahui juga doa keluar masjid yang diajarkan oleh sunnah rossul. Ini dia bacaan doa keluar masjid.

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

 “Allahumma innii as-aluka min fadhlika”.

Artinya:

 “Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu”.

Seperti halnya masuk ke dalam masjid maka keluar masjid juga ada adabnya. Salah satunya yaitu membaca doa keluar masjid, kemudian melangkahkah kaki kanan. Sebagai umat muslim sebaiknya melakukannya sesuai dengan sunnah yang telah dianjurkan oleh Rosull.

Makna Doa Masuk Keluar Masjid

Setelah mengetahui doa masuk dan keluar masjid tersebut, apakah Anda sudah bisa mengetahui makna yang terkandung di dalam doanya? Ini dia penjelasannya.

Mengingat Allah SWT

Setiap melakukan hal baik maupun buruk maka ingatlah selalu Allah SWT sehingga dapat menjadi amalan tersendiri yang akan mendatangkan pahala. Tentunya, bukan hanya pahala tetapi juga akan mendatangkan kebaikan. Ketika kamu sebagai umat yang selalu mengingat-Nya maka Allah SWT juga akan selalu mengingatmu.

Jadi, ternyaa membaca doa sehari-hari saja sudahmenjadi amalan paling sederhana yang akan membawakan kebaikan. Dengan demikian janganlah lupa untuk mengajarkan doa-doa tersebut kepada anak-anak agar ketika dewasa nanti dapat menjadi pribadi yang selau mengingat Allah SWT dalam melakukan setiap hal.

Baca Juga : Doa Melepas Pakaian

Mengharapkan Rahmat-Nya

Berikutnya, dalam doa masuk masjid juga terdapat makna bahwa setiap umat manusia selalu mengharapkan rahmat-Nya dalam keidupan agar menjadi lebih baik. Dengan demikian tentunya doa tersebut terkesan sangat sederhana tetapi ternyata maknanya memang cukup dalam sehingga janganlah lupa untuk berdoa ketika masuk ke dalam masjid.

Ketika seorang umat diberikan rahmat-Nya pastinya kehidupannya akan selalu lebih baik. Bahkan, selalu mendapatkan pertolongan dan petunjuk yang benar.

Memohon Ampunan

Pixabay

Sedangkan, dalam doa keluar masjid juga terdapat makna untuk memohonkan ampunan atas apa yang telah dilakukannya. Dengan demikian pastinya akan membuat hati merasa lebih tenang. Nah, tak hanya ampunan ternyata juga memohon untuk mendapatkan karunia-Nya agar selalu dalam kebaikan terhindar dari hal buruk yang menjadi larangan-Nya.

Sebagai seorang muslim maka ingatlah Allah SWT dalam melakukan segala hal. Salah satunya ketika ke masjid, jangan lupa untuk membaca doa masuk masjid agar mendapatkan rahmat-Nya.

Avatar

Doa Untuk Anak

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Turun Hujan

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Ketika Angin Kencang

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *