Doa Masuk Pasar

3 min read

Pasar

Berikut ini pembahasan lengkap mengenai doa masuk pasar mulai dari bacaan doa hingga kebaikan dan keburukan yang ada di Pasar.

Tidak hanya ke tempat ibadah kita harus berdoa, tetapi saat Anda akan belanja ke pasarpun kita juga diajarkan Rasulullullah SAW untuk membaca doa masuk pasar. Tentu dengan membaca doa kita berharap agar senantiasa Mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Ketahuilah bahwa di pasar tempat yang ramai, tidak semua orangnya kita kenali sehigga harus berdoa agar dijauhkan dari tindak kejahatan.

Pengertian Pasar         

Pasar menjadi tempat bertransaksi jual beli sehingga menjadi tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Terdapat dua jenis pasar yaitu pasar tradisional dan pasar modern yang keduanya ini sama-sama tempat untuk jual-beli. Perbedaannya biasanya pembayaran di pasar tradisional itu uang tunai, sedangkan pembayaran di pasar modern menggunakan kredit card, meskipun masih banyak yang menggunakan uang tunai.

أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا

Tempat yang paling disukai Allah adalah masjid-masjidnya, sedangkan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim, Ahmad, dan Hakim).

Dalam hadits pasar tersebut dijelaskan sangat jelas mengenai perbedaan pasar dan masjid yang sangatlah signifikan. Masjid adalah tempat paling mulia yang sangat disukai Allah SWT, sedangkan pasar menjadi tempat yang paling dianggap buruk dan dibenci oleh-Nya.

Terdapat pula hadist yang menjelaskan bahwa pasar merupakan tempat pertempuran setan, tetapi masjid menjadi tempat beribadah sehingga menjadi tempat yang disukai oleh Allah SWT.

Kenapa Pasar dikatakan Menjadi Tempat Paling Buruk?

Alasannya pasar dikatakan menjadi tempat yang paling buruk yaitu dikarenakan tempat tersebut menjadi tempat dimana banyak orang menipu, marah-marah, berbuat keji, ingkar janji, dan perbuatan yang mengakibatkan dosa yang lainnya. Selain itu, tempatnya juga kotor, bahkan saat ke pasar maka Anda akan disibukkan untuk melihat berbagai barang dagangan.

Hal tersebut terkadang membuat banyak orang menjadi lalai sehingga bersikap boros membeli berbagai barang dagangan yang sebenarnya belum menjadi kebutuhan. Tentunya, itu menjadi salah satu perbuatan yang diajarkan oleh setan.

Untuk menghindari berbagai hal yang bisa saja mengajarkan untuk melakukan hal yang dilarang oleh Allah SWT maka berdoalah sebelum masuk ke pasar agar selalu mengingat-Nya.

Doa Masuk Pasar

Doa Masuk Pasar

Ketika masuk pasar disarankan untuk berdoa, tentunya hal tersebut bertujuan agar mendapatkan perlindungan dari hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi. Berikut ini doa masuk pasar yang mudah untuk diingat.

 لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

 “Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariika Lahu, Lahulmulku Walahulhamdu, Yuhyii Wa Yumiitu Wa Huwa Hayyun Laa Yamuutu, Biyadihil Khaiir, Wa Huwa ‘Ala Kulli Syai’in Qodiir.”

Terjemahaannya:

“Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah SWT. tidak ada sekutu bagi-Nya karena segala kekuasaan dan pujian adalah milik-Nya. Allah SWT yang Menghidupkan dan Mematikan, Allah SWT Maha Hidup, yang tidak akan pernah mati. Di tangan-Nya kebaikan, Dia-lah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Dalam hadits dibawah dijelaskan bahwa dengan berdoa masuk ke pasar maka bisa menjadi kebaikan yang dapat menghapuskan sejuta kejelekan, bahkan dapat menaikan derajat manusia. Tentunya dijelaskan pula bahwa dengan berdoa  maka akan mendapatkan perlindungan-Nya.

“Barang siapa masuk pasar kemudian membaca doa masuk pasar maka Allah menuliskan untuknya sejuta kebaikan, menghapus darinya sejuta kejelekan, mengangkatnya dengan sejuta derajat, dan membangunkan baginya ssebuah rumah di surge.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Kebaikan dan Keburukan Pasar

Sebagai umat islam maka sebaiknya ketahui kebaikan dan keburukan pasar yang sudah dijelaskan dalam hadits maupun ayat suci dalam Al Qur-an. Berikut ini penjelasannya untuk Anda mengenai kebaikan pasar.

Kebaikan

  • Kemampuan Diri Mengingat Allah SWT

Ketahuilah kebaikan dari tempat pasar yang pertama yaitu dapat membantu umat muslim untuk mengingat Allah SWT. Mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan pasar ini menjadi tempat untuk mencari rezeki. Apabila orang tersebut selalu ingat kepada-Nya maka akan semakin meyakini bahwa rezeki tersebut datangnya dari Allah SWT.

Dengan demikian bagi para penjualnya akan lebih meningkatkan keimanan mereka agar mendapatkan ridho maupun keberkahan dalam mencari rezeki.

Sedangkan, untuk para pembeli sebagai umat muslim juga sebaiknya mengingat doa masuk pasar yang memiliki banyak kebaikan bahkan bisa menghapuskan kejelekan.

Baca Juga: Doa Memakai Pakaian

  • Aktivitas Jual Beli

Berikutnya, kebaikan pasar yaitu terdapat aktivitas jual beli yang mendatangkan rezeki pastinya. Dengan demikian pastinya akan menjadi satu kebaikan tersendiri untuk penjual dan pembeli. Untuk penjualnya mendatangkan rezeki, sedangkan untuk pembelinya bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Oleh karena sebenarnya aktivitas jual beli yang dilakukan di pasar memberikan keuntungan bagi penjual dan pembelinya.

  • Rezeki Halal dan Berkah

Kebaikan pasar juga akan mendatangkan rezeki yang halal dan berkah bagi para penjual dan pembelinya. Dengan demikian maka sebagai pembeli haruslah menjualnya barang dagangannya dengan sikap amanah sehingga dipercaya oleh pembeli. Selain itu, juga akan mendatangkan rezeki yang halal dan berkah.

  • Mendapat Kemuliaan

Ketahuilah bahwa pasar juga menjadi salah satu tempat yang dimuliakan Allah SWT. Mengapa demikian? hal tersebut tentunya dikarenakan pasar menjadi tempat berjualan, tempat bekerja seseorang dimana mereka berusaha mencari rezeki untuk keluarganya. Dengan demikian maka mencari nafkah di pasar juga akan mengangkat derajat manusia.

Keburukan

Selain memiliki kebaikan, pasar juga menjadi salah satu tempat yang memiliki keburukan loh. Ini dia penjelasannya.

  • Segala Hal Yang Melalaikan

Di pasar ternyata menjadi tempat yang mendatangkan hal yang melalaikan, misalnya lalai untuk berbuat jujur. Ketika orang berjualan kemudian menawarkan barang dagangannya dengan harga mahal pastinya akan membuat penjual menjadi lalai karena mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Biasanya hal tersebut menjadi hal yang disukai oleh penjual.

Padahal hal tersebut menjadi salah satu perilaku dosa yang tidak disukai oleh Allah SWT. Tentunya, masih banyak lagi tindakan lalai lainnya yang dapat dilakukan di pasar.

  • Tempat Kotor

Ketahuilah bahwa pasar merupakan tempat yang kotor, biasanya disini akan ada sisa makanan, buuah-buahan, atau banyak kotoran lainnya. Tentunya, tempat yang kotor tersebut memang menjadi kesukaan para setan. Dengan demikian maka pasar menjadi salah satu tempat yang tidak disukai oleh Rasullullah SAW.

  • Maksiat

Berikutnya, keburukan yang ada di pasar yaitu memudahkan banyak orang untuk berbuat maksiat mulai dari berbohong, berkata dusta, mencuri, membohongi, dan lainnya. Oleh karena itu, sebagai umat muslim saat berada di pasar maka sebaiknya hindarilah hal-hal yang mendatangkan maksiat yang tidak disukai oleh Allah SWT.

Meskipun menjadi tempat yang tidak sukai oleh Allah SWT, tetapi janganlah lupa membaca doa masuk pasar agar selalu mendapatkan perlindungan-Nya dari kejahatan.

Avatar

Doa Untuk Keluarga

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Orang Tua

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *