Doa Memakai Pakaian

3 min read

memakai baju

Berikut ini adalah pembahasan tentang doa memakai pakaian meliputi bacaan arab, latin, makna , pengertian pakaian dan fungsi pakaian.

========================================

Sebagai umat muslim tentu kita telah diajarkan bebrbagai doa dalam mengawali maupun mengakhiri suatu aktifitas. Seperti halnya ketika hendak memakai pakaian kita disunahkan membaca doa memakai pakaian.

Tentu tujuan membaca doa memakai pakaian adalah agar kita mendapatkan ridho dari Allah SWT, sehingga kita terhindar dari mudhorot saat mengenakan pakain tersebut hingga sampai kita melepas pakaian tersebut.

Pakaian

Pakaian adalah salah satu kebutuhan manusia setiap harinya yang fungsinya mampu melindungi tubuh dari rasa kedinginan. Tak hanya itu, jika dilihat dari sudut agama islam ternyata pakaian juga berfungsi sebagai penutup aurat untuk tubuh. Bahkan, ada juga yang berpendapat bahwa pakaian merupakan suatu kehormatan diri. Tentunya, ungkapan tersebut memang benar karena dengan pakaian manusia bisa lebih tertutup sehingga terlihat lebih sopan.

Bahkan, dapat mencerminkan sifat dari manusia itu sendiri yang memiliki rasa malu sehingga berusaha untuk menutupi auratnya dengan berpakaian yang baik.  Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah SWT yang terdapat dalam surah Al A’raaf ayat 22 :

 فَلَمَّا ذَاقَا الشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْاٰتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفٰنِ عَلَيْهِمَا مِنْ وَّرَقِ الْجَنَّةِۗ

fa lammā żāqasy-syajarata badat lahumā sau`ātuhumā wa ṭafiqā yakhṣifāni ‘alaihimā miw waraqil-jannah

Artinya :

“Setelah mereka merasakan (buah) pohon (terlarang) itu, tampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga.”

Makna dari surah tersebut tentuna menunjukkan bahwa terbukanya aurat menjadi salah satu keburukan yang disebabkan oleh godaan jin dan setan. Sebagai umat muslim pria maupun wanita sebaiknya mengetahui batasan auratnya sehingga tidak sembarangan membuka aurat. Meskipun tidak ada orang atau sedang sendirian ternyata masih ada jin yang membuka matanya sehingga jangan lupa membaca doa memakai pakaian.

Doa Memakai Pakaian

Menutup aurat tentunya menjadi fitrahnya manusia yang memiliki kesadaran, terutama bagi orang islam karena menutup aurat itu hukumnya wajib. Sebagai umat muslim sebaiknya juga mengetahui doa memakai pakaian agar mendatangkan kebaikan dari Allah SWT. Berikut ini doa memakai pakaian.

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

“Bismillaahi, Allaahumma Innii As-aluka Min Khairihi Wa Khairi Maa Huwa Lahuu Wa’a’uu Dzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lahuu.”

Artinya,

“Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau yang telah memakaikan pakaian itu kepadaku, aku meminta kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya (pakaian) dan kebaikan apa saja yang ia dibuat untuknya. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa saja yang ia dibuat untuknya.“ (HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Hakim).

Makna Doa Memakai Pakaian

doa memakai pakaian

Setelah mengetahui doa memakai pakaian maka sebaiknya pahami juga makna dari doanya. Ketahui penjelasannya di bawah ini.

Rasa Syukur Kepada Allah

Ketahuilah makna doa memakai pakaian yang pertama yaitu kita sebagai umat muslim diajarkan untuk bersyukur karena telah disadarkan mengenai pentingnya menggunakan pakaian untuk menutup aurat. Selain itu, dalam doa memakai pakaian juga memiliki makna untuk mendapatkan kebaikan dari Allah SWT.

Selain itu, doa berpakaian tersebut juga menyadarkan umat muslim bahwa pakaian menjadi salah satu kenikmatan yang nantinya akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat. Selain memberikan pahala, ternyata juga bisa memberikan dosa.

Oleh karena itu, sebaiknya berpakaianlah yang menutup aurat kemudian jangan terlalu banyak membeli pakaian apabila tidak digunakan karena hal tersebut akan dimintai pertanggungjawabannya nanti di akhirat.

Meminta Perlindungan Dari Keburukan Berpakaian

Berikutnya, makna dari doa memakai pakaian yaitu meminta perlindungan dari keburukan berpakaian. Kebaikan dari pakaian yaitu kesucian, keawetan, dan kebersihannya sedangkan keburukan pakaian yaitu kotor, cepat rusak, dan terkena najis sehingga telah kehilangan kebaikannya.

Ketika Anda membeli baju baru kemudian baru pertama akan menggunakannya maka jangan lupa untuk membaca doa agar kebaikannya bisa kita dapatkan. Dengan demikian juga akan menghindarkan kita dari keburukan pakaian tersebut.

Mengingat Rezeki Berupa Pakaian

Ketika Anda berdoa sebelum berpakaian maka akan mengingatkan kembali mengenai datangnya rezeki berupa pakaian tersebut sehingga umat islam dapat menutup auratnya yang juga menjadi bentuk kesopanan dalam dunia bermasyarakat. Tanpa rezeki dari Allah SWT maka kita tidak dapat membeli pakaian.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim memang harus selalu mengingat doa memakai pakaian. Dengan demikian maka akan mendatangkan kebaikan dan menjauhkan hal-hal buruk yang dapat terjadi.

Fungsi Pakaian

Setelah mengetahui makna doa memakai pakaian maka sebaiknya ketahui juga fungsi pakaian yang dijelaskan dalam surah Al A’raf ayat 26. Berikut ini penjelasannyya untuk Anda.

Sebagai Penutup Aurat

Ketahuilah bahwa  dijelaskan dalah surah A’raf ayat 26 bahwa fungsi pakaian itu sebagai penutup aurat. Apa itu aurat? Dalam islam dijelaskan bahwa aurat itu bagian-bagian tubuh yang tidak pantas untuk diperlihatkan. Apabila aurat tertutup dengan baik maka tidak akan mendatangkan keburukan.

Terutama aurat seorang wanita yang dapat mendatangkan dosa sehingga perempuan harus mengetahui batasan auratnya sendiri. Jadi, aurat perempuanada dua yaitu saat sholat dan di luar solat. Ketika sholat maka harus menutup seluruh tubuh, kecuali telapak tangan.Sedangkan, di luar sholat ketika bertemu dengan sesama wanita maka boleh menutup auratnya dari pusar dan lututnya.

Tetapi, ketika bertemu yang bukan mahromnya maka harus mentupnya seluruh bagian tubuh, kecuali telapak tangan dan telapak kaki maupun wajah.

Baca Juga : Doa Melepas Pakaian

Sebagai Perhiasan

Berikutnya, fungsi pakaian yaitu sebagai perhiasan karena dengan berpakaian memang memberikan keindahan dalam islam. Tentunya, keindahan tersebut memang sangatlah meringankan hati, menyejukkan mata, menyemangati diri, dan mencerahka pikiran.

Tetapi, disarankan juga kepada setiap umat muslim untuk tidak terlalu sering membeli pakaian. Meskipun, dijelaskan bahwa pakaian bisa menjadi perhiasan tetapi tidak disarankan untuk bersikap boros untuk berganti-ganti pakaian. Hal tersebut dikarenakan pakaian yang kalian miliki nantinya juga akan dimintai petanggungjawaban.

Oleh karena itu, berpakaianlah yang sederhana maka sudah bisa menjadi perhiasan bagi diri Anda sendiri.

Sebagai Bentuk Taqwa

Selanjutnya, pakaian juga menjadi salah satu bentuk ketakwaan kepada Allah SWT karena dengan berpakaian maka bisa menutup aurat sesuai dengan yang diajarkan dalam agama islam. Tentunya, ketika umat uslim tidak menutup aurat maka akan mendatangkan dosa.

Dengan demikian sebagai umat islam yang menyadari untuk menutup aurat dengan berpakaian yang baik maka hal tersebut sudah dikatakan sebagai umat yang bertakwa sehingga dengan berpakaian menutup aurat juga bisa mendatangkan pahala.

Hal yang paling penting sebagai umat muslim memang harus mengetahui batasan-batasan aurat untuk wanita maupun pria sehingga tidak membuka aurat di depan yang bukan mahrom sehingga bisa mendatangkan dosa.

Tidak hanya untuk menutup aurat, ternyata cukup banyak fungsi berpakaian. Jangan lupa membaca doa memakai pakaian agar mendapatkan kebaikannya kemudian meninggalkan keburukan.

Avatar

Doa Bercermin

Avatar Fahmi Pedia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *