Doa Naik Kendaraan

3 min read

doa bepergian

Pasti Anda pernah kan naik kendaraan? Sangat mustahil jika di zaman seperti saat ini jika ada orang yang tidak pernah naik kendaraan. Tentu sebagai seorang muslim kita disunahkan membaca doa dalam setiap aktifitas tak terkecuali saat naik kendaraan kita disunahkan membaca doa naik kendaraan.

Nah pada kesempatan kali ini kami ingin membahas mengenai doa naik kendaraaan secara lengkap, Namun sebelumnya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar kendaraan.

Kendaraan       

Kendaraan adalah alat transportasi yang digunakan untuk berpergian, dulu yang dikenal sebagai kendaraan yaitu hewan seperti kuda maupun onta. Tetapi, di jaman sekarang yang sudah canggih ini memang memudahkan manusia untuk berpegian jauh karena teknologi sudah modern sehingga bisa ada tiga jenis alat transportasi yaitu transportasi laut, transportasi darat, dan transportasi udara.

Sebagai umat muslim kita diajarkan untuk selalu mengingat Allah SWT ketika akan melakukan aktivitas apapun. Salah satunya ketika berpergian maka janganlah lupa untuk membaca doa naik kendaran yang akan mendatangkan perlindungan dari-Nya.

Doa Naik Kendaraan

Ketika naik kendaraan jangan lupa untuk mengucapkan rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan. Terutama dengan adanya kendaraan tersebut memang memudahkan kita berpergian jauh maupun dekat tanpa memakan waktu yang cukup lama.

بِسْمِ اللهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ {سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ} الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

 “Bismillaah, alhamdulillaah, subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun”.

Artinya:

“Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami” (di hari Kiamat).”

Setelah membaca doa naik kendaraan maka disarankan untuk membaca:

“Alhamdulillaah (3x), Allaahu akbar (3x), subhaanakallaahumma innii zholamtu nafsii faghfir lii, fa-innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta.”

Artinya:

 “Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x). Maha Suci Egkau ya Allah. Sungguh, aku telah menganiayanya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya, tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Penjelasan Doa Naik Kendaraan

doa naik kendaraan

Seperti yang diajarkan oleh Rasullullah SAW ketika kita naik kendaraan pribadi maupun angkutan umum memang harus membaca doa naik kendaraan agar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Berikut ini penjelasannya lebih detailnya mengenai doa naik kendaraan.

Membaca Bismillah

Ketika akan naik kendaraan maka disarankan untuk membaca bismillah terlebih dahulu. Kapan membacanya? Tentu saja saat Anda sudah mulai menginjakkan kaki di kendaraan.Ketahuilah bahwa setiap kendaraan tidak semuanya aman, bahkan di dalam kendaraan juga bisa terjadi hal yang tidak diinginkan karena adanya godaan setan.

Oleh karena itu, ketika menapakkan alas kaki di kendaraan pertama kali harus mengucapkan basmallah. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadist di bawah ini.

“Di atas setiap punggung unta itu terdapat setan. Maka, ketika menungganginya, hendaklah kalian menyebut nama Allah Swt.” (HR.Ahmad, Nasa’I, Ibnu Hibban, dan Hakim).

Makna dari hadist tersebut yaitu di setiap kendaraan itu terdapat setan sehingga ketika menaikkinya harus disertai dengan mengingat Allah SWT agar mendapatkan perlindungan-Nya sehingga dijauhkan dari segala keburukan yang mungkin saja bisa terjadi.

Baca Juga: Doa Masuk Masjid

Membaca Doa Naik Kendaraan

Setelah membaca basmallah, berarti Anda sudah berada di kendaraan meskipun baru menapakan satu alas kaki saja maka bacalah doa naik kendaraan seperti yang sudah dijelaskan dalam paragraf sebelumnya. Tentunya doa tersebut bertujuan untuk mendapatkan perlindungan dari-Nya.

Dengan demikian maka perjalanan Anda akan lancar sampai tujuan. Hal yang dimulai dengan mengingat Allah SWT maka akan diridhoi oleh-Nya sehingga sesuai dengan yang diharapkan tanpa hal buruk yang bisa saja terjadi.

Membaca Alhamdulillah

Berikutnya, setelah membaca doa naik kendaraan maka ketika sudah berada di kendaraan baik duduk maupun berdiri maka sebaiknya bacalah Alhamdulillah sebagai bentuk rasa syukur kita. Hal tersebut menjadi nikmat karena kita masih bisa berpergian.

Dengan membaca Alhamdulillah juga akan semakin mengingatkan atas kekuasan Allah SWT yang sudah memudahkan kita untuk dapat berpergian dengan kendaraan. Oleh karena itu, sebagai umat muslim sebaiknya ingatlah kenikmatan apapun yang diberikan oleh-Nya karena ketika mengingatnya akan mendatangkan banyak kebaikan lainnya.

Membaca Doa Tasbih

Selain membaca hamdallah, ketahui juga ketika sudah di dalam kendaraan maka disarankan untuk membaca tasbih. Jadi, sepanjang perjalanan kita memang harus mengingat Allah SWT sehingga akan mendapatkan perlindungan-Nya agar terhindar dari kejahatan. Dengan demikian maka akan membuat hati Anda menjadi merasa lebih tenang.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim memang sangatlah disarankan untuk selalu bertasbih agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Membaca Takbir Tiga Kali

Tidak hanya membaca doa tasbih tetapi bacalah takbir tiga kali sehingga akan semakin mendekatkan dengan-Nya. Terutama ketika dalam perjalanan jauh memang harus banyak-banyak mengucapkan takbir. Kita tidak dapat mengetahui apa yang ada di sekitar kita, kita juga tidak bisa mengetahui orang yang ada di sekitar kita yang ada di dalam kendaraan itu semuanya orang baik.

Bahkan, kita juga tidak dapat melihat jin yang ada di sekitar kita yang tidak tau akan membawakan kebaikan ataupun keburukan kepada kita. Dengan demikian maka teruslah membaca takbir selama tiga kali sehingga akan selalu mendapatkan perlindungan-Nya.

Membaca Doa Istighfar

Setelah membaca takbir maka umat muslim yang sedang berpergian menggunakan alat transportasi maka disarankan juga untuk membaca doa istighfar yang memohonkan ampunan dari-nya. Jadi, untuk lebih membuat suasana perjalanan lebih nyaman dan menyenangkan maka Anda dapat bisa membaca doa istighfat tersebut sepanjang jalan.

Keutamaan Membaca Doa Naik Kendaraan

Apa sih keutamaan dari membaca doa naik kendaraan? Ketahuilah bahwa ketika kita berdoa pastinya sebagai bentuk amalan untuk mengingat Allah SWT. Selain itu juga akan mendatangkan pahala untuk kita sebagai umat muslim. Khusus untuk membaca doa naik kendaraan pastinya akan memberikan perlindungan kepada setiap umat muslim sehingga akan terhindar dari berbagai hal yang membahayakan.

Jadi, perhatikanlah bahwa dengan berdoa maka kita akan lebih dekat dengan yang Maha Kuasa. Dimanapun umat muslim berada janganlah lupa untuk membaca doa agar selalu mendapatkan keridhoan dari-Nya yang pastinya juga mendapatkan syafaatnya.

Terutama ketika berpegian jauh maka jangan sendirian, lebih baik ditemani orang yang sudah mahromnya. Nah, jangan lupa untuk doa naik kendaraan dan mengingat Allah SWT sehingga perjalanan Anda tentunya akan lebih nyaman dan menyenangkan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Avatar

Doa Untuk Keluarga

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Orang Tua

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Anak

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *