Doa Pagi Hari

2 min read

Pagi Hari

Bangunlah di pagi hari dengan rasa semangat yang tinggi untuk mengawali aktivitas sehingga akan mendatangkan suasana yang nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan. Selain itu, sebagai umat islam juga sebaiknya jangan lupa untuk doa pagi hari agar mendapatkan rezeki, keberkahan, dan ridho dari Allah SWT.

Waktu Pagi

Pagi hari adalah waktu dimana semua orang mengawali semua rangkaian aktivitas dalam satu hari tersebut. Di waktu tersebut memang sangatlah tepat untuk mencari rezeki Allah SWT agar mendapatkan keberkahan dengan rasa semangat yang sangatlah tinggi. Dengan rasa semangat yang tinggi maka akan melancarkan rezekinya.

Oleh karena itu, setiap umat muslim memang diajarkan untuk bangun pagi hari kemudian mengejakan solat sunnah sebelum mengerjakan solat subuh kemudian dilanjutkan dengan berdzikir. Ini dia hadist yang membuktikannya.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Artinya :

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (Hr. Tarmidzi).

Doa Pagi Hari

Ketika Anda ingin membuat badan dan pikiran untuk bangun tidur dengan nuansa yang semangat maka bacalah doa pagi hari. Nah, berikut ini doa yang dapat dipanjatkan di pagi hari agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Doa Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Subuh

Ketahuilah Rasulullah juga mengajarkan kepada umatnya untuk membaca doa pagi hari setelah mengerjakan solat subuh. Dengan membaca doa tersebut akan meningkatkan derajat umat muslim di pagi hari kemudian mendatangkan keberkahan dan rezeki lancar yang diinginkan oleh sebagian besar orang. Berikut ini bacaannya.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

“Allahumma ìnnì as aluka ‘ìlman naafì’aa wa rìzqan toyyìbaa wa ‘amalan mutaqabbalaa.”

Artinya:

 “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik (halal) dan amal yang diterima.” (HR Ibnu As – Sunni).

Membaca Ayat Kursi

Setelah membaca doa pagi hari tersebut maka umat muslim juga disarankan untuk membaca ayat kursi. Tentunya, doa ini juga memiliki banyak keutamaan bagi orang islam yang ketika dibaca di pagi hari akan mendatangkan banyak rasa bahagia.

Makna dari doa ayat kursi yaitu untuk menyembah kepada Allah SWT kemudian akan mendapatkan syafaat baik dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

Membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Kemudian sebagai umat muslim juga diajarkan untuk membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An naas. Ketahuilah bahwa ketiganya memiliki manfaat untuk membuat diri lebih semangat dalam menjalankan berbagai aktivitas kemudian juga akan membantu setiap umat islam agar dijauhkan dari godaan setan di pagi hari sehingga akan dijauhkan dari rasa malas.

Tips Bugar Pagi Hari

Setiap pagi hari maka akan dihadapkan untuk melakukan berbagai rutinitas sehari-hari. Nah, untuk menjaga kesehatan dan tetap semangat dalam menjalankan aktivitas. Ini dia pola kehidupan yang baik.

Selalu Aktif Bergerak

Aktivitas pagi hari yang harus dilakukan yaitu selalu aktif bergerak sehingga akan membuat syaraf otak bekerja dengan baik yang akan membuat tubuh Anda tidak mudah ngantuk. Dengan demikian maka lakukanlah aktivitas yang membuat otot tubuh menjadi lentur, tidak kaku.

Jika Anda beraktivitas hanya duduk seharian tidak banyak bergerak maka akan kesulitan untuk membuat syaraf beristirahat. Nah, sebaiknya lakukan dengan aktivitas lainnya sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Melakukan Olahraga Pada Waktu Pagi

Setelah itu, lakukanlah olahraga di pagi hari sehingga akan membuat otak dan pikiran Anda menjadi lebih fresh. Nah, ketika sering melakukan olahraga di pagi hari maka akan membuat tubuh menjadi lebih fresh dalam melakukan aktivitas di siang hari sampai malam hari.

Olahraga yang dilakukan boleh saja dimulai dari yang paling ingan yaitu dengan fitnes gym, senam ringan, dan lari pagi. Atau Anda juga bisa bersepeda di pagi hari untuk menikmati udara yang segar sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dengan demikian maka akan semakin membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas.

Minum Susu Sebelum Tidur

Ketahui juga bahwa untuk bisa membuat aktivitas di pagi hari lebih menyenangkan maka sebelum tidur juga disarankan untuk meminum susu. Nah, meminum susu dianjurkan agar membuat tidur menjadi lebih nyaman. Dengan meminum susu ternyata dapat membuat otot syaraf menjadi lebih rileks sehingga akan membantu membuat tubuh menjadi lebih tenang sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

Baca Juga: Doa Naik Kendaraan

Membaca Doa Bangun Tidur

Selain membaca doa sebelum tidur maka agar di pagi hari juga merasa lebih bersemangat maka bacalah doa bangun tidur. Selain menjadi salah satu bentuk rasa syukur, tentunya doa bangun tidur tersbeut juga akan membuat aktivitas di pagi hari menjadi penuh powerfull.

Jadi, janganlah lupa untuk membaca doa ketika bangun tidur ya agar selalu dalam lindungan Allah SWT. Tak hanya itu tentunya dengan berdoa kita juga akan menyadari untuk selalu bersyukur karena masih diberikan kehidupan di pagi hari.

Membaca Doa Pagi Hari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan membaca doa pagi hari maka tidak hanya sebagai bentuk syukur, tetapi juga bisa mengusir godaan setan yang akan akan menghilangkan rasa malas. Dengan demikian tentunya akan membuat Anda memulai hari dengan rasa bahagia dan semangat yang cukup tinggi.

Untuk membaca doa pagi hari maka bisa dibaca setelah menjalankan solat subuh. Jika belum hafal doanya maka bisa membacanya, seperti doa yang sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya.

Dalam doa pagi hari juga akan lebih baik ditambahkan dengan dizikir pagi, dan doa lainnya sehingga pagi harimu akan lebih menyenangkan.

Avatar

Doa Untuk Keluarga

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Orang Tua

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Anak

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *