Doa Sebelum Belajar

3 min read

Doa Belajar

Sebelum melakukan aktivitas apapun kita sebagai umat islam memang harus mengingat Allah SWT, salah satu caranya yaitu dengan membaca doa. Tal terkecuali saat kita akan belajar dengan tujuan untuk mendapatkan ilmu maka kita disunahkan melafalkan doa sebelum belajar agar ilmunya lebih mudah terserap.

Arti Belajar

Pixabay

Doa adalah proses yang dilakukan oleh setiap orang dengan tujuan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Kewajiban seorang muslim adalah belajar atau menuntut ilmu dari lahir hingga ajal menjemput. Dengan belajar tentunya akan menambahkan ilmu sehingga dapat meninggikan derajatnya.  Hal tersebut dijelasakan dalam firman Allah yang dijelaskan dalam Surah Al Mujaadilah ayat 11:

یَرۡفَعِ اللّٰہُ الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡکُمۡ ۙ وَ الَّذِیۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ؕ وَ اللّٰہُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِیۡرٌ

Terjemahannya :

“Niscaya Allah akan mengangkat atau meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti tentang apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujaadilah ayat 11).

Agar ilmu yang dipelajari mudah diserap ke dalam ingatan sehingga akan bermanfaaat maka sebaiknya jangan lupa untuk membaca doa sebelum belajar agar ilmu yang kita dapatkan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Doa Sebelum Belajar

doa sebelum belajar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menuntut ilmu itu wajib sehingga bermanfaat baik dalam kehidupan di dunia maupun akhirat. Nah, sebelum belajar maka jangan lupa membaca doanya agar diridhoi oleh Allah SWT. Berikut ini bacaan doanya.

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

 “Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Terjemahannya:

 “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Makna dari doa sebelum belajar tersebut tentunya berharap agar ilmu yang diterima dapat memberikan kebaikan dalam kehidupan di dunia maupun akhirat.

Baca Juga: Doa bertemu sesama muslim

Adab Berdoa Sebelum Belajar

Buku, Toko Buku, Membaca, Penulis, Pembaca, Warna, Rak
pixabay

Sebelum belajar baik di sekolah maupun di rumah maka ketahui juga adab berdoa sebelum belajar sehingga ilmu yang didengarkan lebih mudah untuk diingat. Simak adab yang harus dilakukan di bawah ini.

Dimulai dengan Salam

Adab berdoa sebelum belajar ilmu agama yaitu mulailah dengan doa salam yang akan mendatangkan kebaikan untuk semua umat muslim. Sebagai umat muslim ketika bertemu dengan saudaranya maka diharuskan untuk mengucapkan salam dan menjawab salam karena keduanya akan mendatangkan kebaikan bagi setiap umatnya.

Membaca Bismillah

Setelah itu, jangan lupa bacalah bismillah sebelum beraktivitas. Hal tersebut sama dengan mengingat Allah SWT sehingga akan mendapatkan keberkahan dalam melakukan belajar. Setelah itu, barulah membaca doa sebelum belajar.

Mempelajari ilmu agama ini memiliki tujuan agar umat muslim dapat menjalankan ibadah dengan lebih baik. Nah, ilmu agama ini dapat dipelajari oleh manusia untuk membuat kehidupan di dunia maupun akhiratnya menjadi lebih baik. Contoh ilmu agama yang dipelajari yaitu akidah, tata cara sholat, puasa, dan lainnya.

Membaca Doa Belajar

Setelah membaca bismillah maka lanjutkanlah dengan membaca doa belajar yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Tentunya, doa tersebut memang memiliki makna dan keutamaan tersendiri yang alan mendatangkan keridhoan dan keberkahan dalam melakukan kegiatan belajar.

Membaca doa belajar ini juga menjadi salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengingat Allah SWT sebelum melakukan kegiatan mencari ilmu.

Mengakhiri dengan Doa Penutup Majelis

Ketika sudah membaca doa belajar maka boleh saja langsung melaksanakan kegiatan belajar. Tetapi ketika sudah selesa belajar maka janganlah lupa untuk mengakhirinya denan membaca doa penutup majelis. Berikut ini bacaannya,

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Subhaana kallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika”

Artinya:

“Maha Suci Engkau Ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu.”

Alhamdullillah

Kemudian sebelum mengakhiri proses pembelajaran maka jangan lupa untuk mengucapkan syukur dengan membaca Alhamdulillah. Ha tersebut bertujuan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Allah SWT yang masih memberikan nikmat belajar. Dengan demikian pastinya juga akan mendatangkan kebaikan dari-Nya.

Salam

Untuk mengakhiri proses kegiatan belajar tersebut maka jangan lupa untuk mengucapkan salam antar sesama muslim. Dengan demikian maka akan dijauhkan dari hal-hal buruk, melainkan akan mendatangkan hal baik setelah belajar yaitu dapat berupa ilmu yang bermanfaat sehingga dapat diamalkan.

Manfaat Doa Sebelum Belajar

Komputer, Buku Catatan, Laptop, Bekerja, Bisnis, Kantor
Pixabay

Sudahkah Anda mengetahui bahwa manfaat doa sebelum belajar sangatlah banyak bagi yang mengamalkannya. Apabila kita belajar dengan niat yang tulus dan ikhlas maka ilmu yang akan kita dapatkan menjadi lebih barokah. Jadi, apa saja manfaat berdoa sebelum belajar? Ini dia penjelasannya.

Terhindar Dari Berbagai Masalah

Manfaat dari doa sebelum belajar yang pertama yaitu akan menghindarkan dari berbagai permasalahan. Dengan mempelajari ilmu maka kita akan dihadapkan dengan berbagai persoalan. Oleh karena itu, sebelum belajar janganlah lupa untuk berdoa. Dengan demikian maka akan membuat proses belajar yang kalian jalani menjadi lebih lancar, bahkan akan mendapatkan ilmu yang barokah.

Mendapatkan Jawaban yang Tepat

Berikutnya, apabila Anda berdoa sebelum belajar maka bisa melewati setiap ujian dari berbagai bidang materi. Contohnya, dalam ujian sekolah baik tes tertulis maupun tes ketrampilannya. Jika selalu memulai kegiatan belajar dengan berdoa maka akan memudahkan dalam mengerjakan soal ujian tersebut.

Tujuan Menjadi Jelas

Kemudian, manfaat dari doa sebelum belajar yang bisa di dapatkan yaitu membuat tujuan belajar Anda menjadi lebih jelas. Jadi, ketika belajar kalian juga akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan kemudian akan menghindarkan dari rasa ragu-ragu dalam belajar. Dengan berdoa maka menjadi salah satu bukti untuk berserah diri agar tujuan yang kalian inginkan menjadi lebih mudah tercapai.

Lebih Percaya Diri dan Ikhlas

Mengamalkan doa sebelum belajar juga akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri, bahkan bisa melekatkan rasa ikhlas di dalam diri. Manusia memang hanya bisa berdoa dan berusaha. Ketika kita sudah belajar maka serahkan hasilnya kepada Allah SWT.

Bermanfaat Untuk Kehidupan Dunia dan Akhirat

Ketika kita berdoa sebelum melakukan aktivitas maka hal tersebut juga akan bermanfaat dalam kehidupan kita baik di dunia maupun akhirat. Tidak hanya mendapatkan pahala dari Alllah SWT tetapi juga akan mendapatkan kemuliaan baik dalam kehidupan di dunia maupun akhirat.

Dengan syafaat dan keutamaannya yang cukup besar, doa sebelum belajar juga akan lebih mempermudah dalam memahami apa yang Anda pelajari.

Avatar

Doa Untuk Keluarga

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Orang Tua

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Anak

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *