Doa Sebelum Makan

3 min read

doa sebelum makan

Setiap manusia pastinya membutuhkan makan agar dapat bertahan hidup.Sebagai umat muslim kita selalu diajarkan untuk membaca doa sebelum makan agar mendapatkan keberkahaan dari-Nya kemudian juga akan dijauhkan dari godaan setan yang dapat mendatangkan keburukan.

Makan

Makan adalah aktivitas yang tidak dapat ditinggalkan setiap harinya karena setiap manusia membutuhkan makanan. Sebagai sumber pokok kehidupan ternyata makan akan sangatlah menentukan kehidupan. Setiap makanan yang kita konsumsi akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan.

Dalam agama islam, kita diajarkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal sehingga dapat mendatangkan keberkahan dari Allah SWT. Janganlah mengkonsumsi makanan haram yang akan mendatangkan dosa, selain itu juga akan berpengaruh negatif untuk fisik dan mental yang akan mengajarkan kita untuk berperilaku buruk. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist di bawah ini.

“Sesungguhnya, hati itu akan merasa tenang terhadap yang halal dan tidak akan tenang terhadap yang haram.”(HR.Thabrani).

Makna hadist tersebut yaitu memberikan petunjuk kepada umat islam untuk mengkonsumsi makanan halal yang akan mendatangkan rasa tenang di hati dan batin. Sebaliknya, ketika mengkonsumsi makanan yang haram maka akan mendatangkan kecemasan, keresahan, dan rasa kegelisahan setiap harinya.

Doa Sebelum Makan

doa sebelum makan

Tentunya, kita mengaharapkan agar makanan yang dikonsumsi akan mendatangkan keberkahan sehingga menjauhkan dari kemaslahatan? Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membaca doa sebelum makan, seperti yang sudah di ajarkan Rasullullah SAW. Berikut ini bacaan doa sebelum makan.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

‘Alaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Artinya:
“Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rezekikan kepadaku, dan peliharalah aku dari siksa neraka.” (HR.Ibnu Sunni).

Doa tersebut memang sudah diajarkan ketika kita masih kecil karena doanya cukup singkat memang mudah untuk kita hafalkan. Selain membacanya maka ketahui juga makna secara mendalam dari arti doa makan sebelum makan tersebut sehingga akan membantu dalam mendatangkan keberkahan.

Baca Juga: Doa Sebelum Tidur

Makna Doa Sebelum Makan

Sebagai umat muslim kita memang diajarkan untuk selalu berdoa sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas. Ketahui makna doa sebelum makan dalam penjelasan yang terdapat di bawah ini.

Keberkahan

Ketahuilah untuk makna yang pertama dari doa sebelum makan yaitu mengingatkan akan pentingnya keberkahan sehingga setiap umat muslim memang diajarkan untuk mencari keberkahan dalam melakukan segala aktivitas. Hal tersebut dijelaskan juga terdapat dalam bacaan “Allaahumma baarik lana fiima razaqtana…” (اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا) yang memiliki arti “Ya Allah, berkahilah untukku dalam apa yang Engkau rezekikan kepadaku”.

Dari bacaan tersebut tentunya sudah dijelaskan bahwa dengan berdoa sebelum makan maka mengharapkan keberkahan. Sebagai orang muslim yang ingin mendapatkannya maka janganlah lupa untuk membaca doa-nya.

Permintaan Dijauhkan Dari Api Neraka

Kemudian, makna doa sebelum makan yaitu meminta untuk dijauhkan dari api neraka karena siksa api neraka ternyata juga kaitannya sangatlah dekat dengan makanan yang bisa menimbulkan adanya perbuatan dari makanan yang kita makan tersebut. Jadi, ketika seseorang melakukan kemaksiatan berarti sebenarnya tidak jauh disebabkan oleh makanan yang dikonsumsinya.

Hal tersebut dalam bacaan Waqinaa ‘adzaa bannar” (عَذَابَ النَّارِ) memohon perlindungan kepada Allah agar dipelihara dan dijauhkan dari siksa neraka atas apa yang telah dimakan dan dilakukannya.

Ketika mengkonsumsi makanan yang haram maka akan menuntun untuk melakukan perbuatan yang haram. Jadi, makananlah makanan yang halal agar menuntun Anda pada segala perbuatan baik.

Terhindar dari Gangguan Setan

Setelah itu, jangan lupa untuk berdoa sebelum makan karena dengan basmallah tersebut maka akan menghindarkan kita dari gangguan setan ketika sedang makan. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadist di bawah ini.

“Dan, ketika ia tidak menyebut nama Allah saat makannya, setan berkata,”Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam.” (HR.Ahmad, Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Makna keikutsertaan setan dalam makan kita itu benar-benar ikut makan sehingga ketika ketika makan tidak merasa kenyang bisa saja saat itu kita benar-benar makan dibantu oleh setan sehingga janganlah lupa untuk membaca basmallah dan bacaan doa sebelum makan. Apabila hal tersebut sampai terjadi maka akan memberikan peluang kepada setan untuk menggoda kita dalam melakukan hal-hal buruk.

Baca Juga: Doa Sebelum Belajar

Menjauhkan Dari Penyakit

Jika kita membaca doa sebelum makan maka akan menjauhkan dari penyakit. Ketahuilah bahwa dengan berdoa maka tidak memberikan peluang untuk ikut dalam proses makan kita. Tetapi, ketika setan sampai ikut makan kemudian masuk ke dalam tubuh kita maka bisa mendatangkan penyakit.

Tentunya, ketika dimaknai doa sebelum makan memiliki keutamaan yang sangatlah besar bagi kehidupan manusia baik di dunia maupun di akhirat.

Bentuk Ucapan Syukur

Nah, salah satu makna doa sebelum makan yaitu sebagai ucapan syukur karena kita masih diberikan rezeki dan nikmat sehingga masih bisa makan. Sebagai umat muslim yang baik maka kita harus selalu mengucapkan syukur apapun kenikmatan yang kita dapatkan sehingga akan mendatangkan kebaikan berikutnya, bahkan juga bisa mendapatkan keberkahan dari makanan tersebut.

Keberkahan makanan

Bagaimana caranya agar kita mendapatkan keberkahan dari makanan? Yuk ketahui ada tiga cara untuk mendapatkannya loh.

  • Sumber Makanan

Pertama, kalian dapat mendapatkan keberkahan sebuah makanan dari sumber makanannya. Jadi, pertanyaannya darimana  kalian mendapatkan makanan tersebut, diperoleh dengan cara halal atau haram? Jika melalui cara yang haram maka tidak akan mendapatkan keberhan-Nya.

Justru makanan yang haram tersebutlah yang akan menuntun kita juga untuk berperilaku buruk sehingga tidak akan mendapatkan kebaikan sedikitpun.

  • Cara Memakannya

Kedua, keberkahan makanan juga dapat diperolah dengan cara memakannya yang tepat. Dengan membaca doa sebelum makan maka menjadi salah satu adab yang tepat sehingga makanlah dengan aturan yang tepat agar mendapatkan keberkahan-nya sehingga tidak akan mendatangkan peyakit.

Selain itu, adab makan yang tepat yaitu menggunakan tangan kanan kemudian janganlah tergesa-gesa saat makan, lalu janganlah memubazirkan makanan. Jadi, ketika kita melakukan cara makan dengan baik sesuai dengan ajaran islam maka keberkahan akan menjadi milik kita.

  • Pentasarrufan makanan

Kemudian yang terakhir agar mendapatkan keberkahan dalam makanan maka juga harus mentasarrufan makanan yang telah menjadii kekuatan untuk berbuat kebaikan dan melakukan satu bentuk amal ketaatan. Dengan demikian sebagai orang muslim yang sudah membaca doa sebelum makan akan lebih termotivasi kuat untuk selalu berbuat baik.

Dengan demikian tentunya akan membuat hidup Anda penuh dengan kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT. Jadi, ketika kita makan maka tidak hanya menahan makan tetapi juga berharap untuk menjadi bentuk ketawaan kepada Allah SWT agar tetap berkonsisten dalam ketakwaan.

Nah, dalam doa tersebut tidak hanya memiliki makna untuk meminta keberkahan tetapi juga memotivasi untuk merealiskan keberkahan makanan tersebut.

Meskipun terdengan sangat sederhana, ternyata memaknai doa sebelum makan akan meningkatkan rasa ketakwaan kita sebagai umat muslim loh.

Avatar

Doa Bercermin

Avatar Fahmi Pedia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *