Doa Sore Hari

3 min read

Doa Sore

Simak ulasan lengkap mengenai doa sore hari meliputi bacaan Arab, Latin serta maknanya

Ketika sore hari menjadi peralihan waktu siang hari menuju malam hari yang ditandai dengan nuansa langit cerah hingga gelap. Nah, waktu sore hari tersebut  maka janganlah lupa untuk mengingat Allah SWT sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah dilakukan di hari tersebut dengan membaca doa sore hari yang mendatangkan kebaikan untuk umat muslim.

Sore Hari         

Waktu sore hari adalah dimana sebagian besar orang pulang kerja dan mengakhiri aktivitasnya di luar rumah yaitu pada pukul 15.30 sampai dengan pukul 18.00. Disaat itulah kita sebagai umat islam seharusnya mesyukuri nikmat yang telah kita rasakan di hari tersebut sehingga dapat melakukan aktivitas dari pagi hari hingga sore hari.

Ketahuilah bahwa waktu sore hari tersebut menjadi waktu yang sangat tepat untuk memanjatkan doa sebagai bentuk mengingat dan bersyukur kepada Allah SWT. Jadi, janganlah lupa untuk sellau memanjatkan doa di waktu petang.

Doa Sore Hari

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk selalu memperbanyak dzikir dan doa di waktu petang atau sore hari. Berikut ini amalan doa sore hari yang akan mendatangkan kebaikan untuk setiap umatnya.

Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi sebagai surat dalam Al Quran memiliki keutamaan yang sangat banyak ketika diamalkan. Barang siapa yang membaca ayat kursi di waktu sore hari atau waktu petang maka akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, siapa yang membaca ayat kursi di pagi hari maka ia akan dilindungi hingga waktu petang.

Dengan membacanya maka tidak hanya akan mengingatkan kita akan kebesaran dari Allah SWT, tetapi kita juga akan selalu mendapatkan perlindungan dari-Nya atas hal buruk yang mungkin saja bisa datang menimpa kita.

Membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas

Berikutnya, doa sore hari yang baik untuk diamalkan sehingga akan mendapatkan kebaikan dan keutamaan-Nya maka bisa dengan membaca surah Al Falaq, An Nas, dan Al Ikhlas. Ketiga doa pendek tersebut ternyata memang mempunyai keutamaan yang cukup luar biasa sehingga janganlah lupa mengamalkannya ketika waktu sore hari itu tiba.

Bahkan, ketiga surat pendek tersebut juga akan menjadikan perlindungan untukmu sehingga hati akan selalu merasa lebih tenang dan damai atas perlindungan-Nya.

Membaca Doa Sore Hari

Kemudian jangan lupa untuk membaca doa sore hari agar mendapatkan syafaatnya, jadi doa sore hari ini bertujuan untuk memohonkan ampunan kepada Allah SWT kemudian mengucapkan syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan. Nah, berikut ini bcaan doa sore hari.

اللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ أَصْبَحْنَا،وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ، وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

“Allahumma Bika Amsaynaa Wa Bika Ash-bahnaa Wa Bika Nahyaa Wa Bika Namuutu Wa Ilaikal Mashiir.”

Terjemahan doa sore hari:

“Ya Allah, dengan rahmat dan pertolonganMu kami masuk di waktu petang, dengan pertolongan-Mu kami masuk di waktu pagi. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup, dengan kehendak-Mu kami mati. Dan hanya kepada-Mu tempat kami kembali.”

Baca Juga: Doa Pagi Hari

Membaca Doa Syukur

Selanjutnya, saat sore hari juga janganlah lupa untuk membacadoa syukur untuk mengingat apapun nikmat yang telah kita rasakan dan dapatkan di hari ini yang datangnya dari Allah SWT. Dengan ungkapan syukur tersebut berarti kita juga menyadai kekuasaan-Nya dalam memberikan kami kenikmatan. Berikut ini bacaan doa syukur.

اللَّهُمَّ مَا أَصْبَحَ بِي مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ بِأَحَـدٍ مِنْ خَلْـقِـكَ فَمِـنْـكَ وَحْـدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ، فَلَكَ الْـحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْــرُ

“Allahumma Maa Ashbaha Bii Min Ni’matin Aw Bi Ahadim Min Khalqik Fa Minka Wahdaka Laa Syariika Lak Fa Lakal Hamdu Wa Lakas Syukru”

Terjemahaan Doa Syukur:

 “Ya Allah, nikmat yang kuterima atau diterima oleh seseorang di antara makhluk-Mu. Maha Esa Engkau, tiada sekutu bagi-Mu segala puji dan kepada-Mu panjatkan syukur (dari seluruh makhluk-Mu).”

Maknanya dalam bacaan doa tersebut yaitu kita harus mensyukuri apapun yang terjadi di hari tersebut, dengan apapun keadaanya, apapun bentuknya baik kegagalan maupun keberhasilan. Bersikaplah selalu berpikir positif dari apa yang terjadi karena semua itu adalah kehendak-Nya.

Membaca Doa Persaksian

Di waktu petang maupun sore hari, kita juga selalu diajarkan untuk membaca doa persaksian yang digunakan untuk menumbuhkan kembali antara keikhlasan tauhid dan keimanan kita kepada Allah SWT. Bacaan tersebut tentunya menjadi bentuk amalan yang dapat berbentuk pahala untuk kita umat islam yang baik untuk kehidupan di dunia maupun akhirat.

Bacaan Doa Persaksian

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَمْسَيْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ، وَمَلاَئِكَتَكَ وَجَمِيْعَ خَلْقِكَ، أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ

“Allahumma ìnnì amsaytu usy-hìduka wa usy-hìdu hamalata ‘arsyìka wa malaa-ìkatak wa jamì’a kholqìk, annaka antallahu laa ìlaha ìlla anta wahdaka laa syarììka lak, wa anna Muhammadan ‘abduka wa rosuuluk.”

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya  di waktu sore ini  saya mempersaksikan Engkau, mempersaksikan malaikat yang memikul ‘Arsy-Mu, malaikat-malaikat-Mu, dan seluruh makhluk-Mu. Bahwa sesungguhnya Engkau adalah Allah, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, yang tiada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya, Muhammad adalah hamba-Mu dan utusan-Mu.”

Membaca Doa Kerelaan

Apa itu doa kerelaan? Mungkin lebih mengartikan sebagai keikhlasan. Jadi ketika sore hari datang maka kita juga harus mengungkapkan bahwa kita memang benar-benar rela menjadikan Allah SWT menjadi Rabb kita, Muhammad SAW sebagai nabi kita, dan islam menjadi agama kita. Oleh karena itu, bacalah doa kerelaan tersebut di waktu petang atau sore hari. Nah, berikut ini bacaannya.

Bacaan Doa Kerelaan

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا

“Rodhiitu Billaahi Robbaa Wa Bil-Islaami Diinaa, Wa Bi-Muhammadin Shallallaahu ‘Alaihi Wa Sallama Nabiyyaa.”

Artinya :

“Aku rela Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai nabi.”

Membaca Doa Mohon Perlindungan dari Keburukan dan Bencana

Sebagai umat islam kita hanya boleh memohon perlindungan kepada Allah SWT dari berbagai hal buruk mulai dari bencana maupun keburukan lainnya.

Bacaan Doa Perlindungan Dari Keburukan dan Bencana

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Bismillahilladzi Laa Yadhurru Ma’asmihi Syai-un Fil Ardhi Wa Laa Fis Samaa’ Wa Huwas Samii’ul ‘Aliim.”

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Selain itu, juga dijelaskan dalam sebuah hadist bahwa bacalah doa perlindungan tersebut sebanyak tiga kali agar tidak mendatangkan bencana.

Disebutkan dalam hadits, bahwa Rasulullah bersabda :

“Barang siapa yang masik waktu sore membaca doa perlindungan ini sebanyak tiga kali, maka tidak akan menimpanya keterkejutan bencana hingga menjelang pagi hari.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Hibban).

Ketika merasa lelah setelah melakukan banyak aktiitas maka janganlah lupa untuk membaca doa sore hari yang memiliki banyak keutamaan untuk umat muslim.

Avatar

Doa Bercermin

Avatar Fahmi Pedia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *