Doa Turun Hujan

3 min read

doa ketika turun hujan

Hujan merupakan kejadian luar biasa yang dapat kita saksikan hampir setiap hari di pada musim penghujan. Tentu sebagai seorang muslim kita disunahkan membaca doa turun hujan, karena hujan merupakan salah satu bentuk rahmat Allah SWT.

Doa Turun Hujan

Doa Turun Hujan

Dalam doa turun hujan kita sebagai umat muslim diajarkan untuk meminta kepada Allah SWT agar diberikan hujan yang bermanfaat yakni hujan yang membawa keberkahan, kegembiraan dalam kehidupan di bumi karena hujan memanglah rahmat yang diturunkan oleh Allah SWT. Berikut ini bacaan doa turun hujan.

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

 “Allahumma shoyyibian naafi’an”

Terjemahan:

 “Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat.” (HR.Bukhari).

Jadi, makna yang tersirat dalam doa tersebut yaitu untuk memberikan pesan kepada setiap umat muslim untuk mencinta, menjaga dan memilahara bumi dengan seisi alamnya. Ketika hujan turun maka menandakan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Jadi maknailah datangnya hujan bukan karena petaka atau bencana.

Selain membaca doa turun hujan tersebut, sebagai umat islam kita juga diajarkan untuk berdoa dengan doa kebaikan untuk kita karena saat hujan turun dapat menjadi waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. Rasullullah SAW bersabda:

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Terjemahan:

“Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan yaitu : Saat bertemunya dua pasukan (tantara yang bertempur). Saat menjelang shalat dilaksanakan, dan saat hujan turun.” (HR.Baihaqi).

Doa Ketika Hujan Lebat

Meskipun hujan membawa rahmat dan keberkahan, ternyata turunnya hujan yang cukup lebat juga dapat mengakibatkan bencana. Oleh karena itu, bacalah doa ketika hujan lebat agar tidak mendatangkan keburukan atau bahkan bencana. Berikut ini bacaannya.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

 “Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.”

Terjemahannya:

 “Wahai Tuhanku! Turunkanlah hujan di sekitar kami, dan janganlah musnahkan kami. Ya Allah! Engkau turunkanlah ia di atas gunung-gunung dan bukit-bukit, di lembah-lembah, dan tempat tumbuhnya pokok-pokok (pepohonan).” (HR.Bukhari dan Muslim).

Baca juga : Doa Ketika Terjadi Angin Kencang

Doa Setelah Hujan

Setelah mengetahui doa turun hujan maka kita juga dapat mengamalkan doa setelah hujan sebagai ungkapan syukur bahwa hujan tersebut telah berhenti.  Berikut ini bacaan doa setelah hujan yang disunnahkan oleh Allah SWT.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

 “Muthrna bi Fadhlillaahi wa Rahmatihi.”

Terjemahan :

“kita diberi hujan karena karunia dan rahmat-Nya.”

Makna Doa Setelah Hujan

Dari doa setelah hujan tersebut maka kita dapat mengambil makna atau artinya secara mendalam. Simak penjelasannya dalam informasi yang terdapat di bawah ini.

Hujan Adalah Karunia dari Allah SWT

Dari doa setelah hujan kita dapat memakna bahwa hujan adalah karunia dan rahmat yang datangnya dari Allah SWT. Makna tersebut terdapat dalam lafal  “Muthirna bi fadhillahi wa rahmatih”. Dengan begitu, ketika turun hujan telah selesai maka janganlah lupa untuk membacanya karena doa tersebut bisa menjadi bentuk syukur karena hujannya sudah berhenti.

Hujan Merupakan Bentuk Kekuasaan Allah SWT

Selanjutnya, makna yang terdapat dalam doa turun hujan juga dimaknai sebagai bentuk kekuasaan dari Allah SWT yang meyakini bahwa datangnya hujan, pengatur hujan di tempat dan waktu yang berbeda itu sudah atas kekuasaan dan ketentuan dari-Nya sehingga sebagai umat muslim yang meyakini hal tersebut maka harus selalu mengucapkan rasa syukur.

5 Amalan Saat Hujan Turun

Ketahuiah beberapa amalan yang dapat kalian amalkan ketika turun hujan yang akan mendatangkan kebaikan dan pahala, berikut ini penjelasannya.

Mengucap Syukur

Amalan pertama yang harus dilakukan saat hujan turun yaitu mengucapkan syukur dengan membaca “Alhamdulillah”. Dengan bacaan tersebut maka akan akan menjadi bentuk pujian kepada Allah SWT yang telah menurunkan hujan dengan rahmat dan berkahnya. Ketahuilah bahwa hujan tidak turun maka alam akan kekurangan air, bahkan kita sebagai manusia tidak bisa melakukan aktivitas secara semestinya.

Mengapa demikian? kita sebagai manusia selalu membutuhkan air untuk mandi, kegiatan memasak, minum, mencuci baju, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya yang dapat kalian lakukan. Oleh karena itu, janganlah mengucapkan rasa syukur atas datangnya hujan agar bisa mendatangkan kebaikan untuk diri kalian sendiri.

Membaca Doa Turun Hujan

Kemudian sebagai umat muslim kita juga diajarkan untuk membaca doa turun hujan  “Allahumma shoyyibian naafi’an” yang memohonkan hujan yang bermanfaat untuk kita. Oleh karena itu, ajarkanlah doa saat turun hujan kepada anak yang masih usianya dini sehingga ketika datangnya hujan mereka akan selalu menikmatinya dengan membaca doa.

Hujan diturunkan dengan rahmat dan berkahnya tersendiri yang akan mendatangkan setiap kebaikan tersendiri asalkan kita berdoa kepada Allah SWT.

Berdoa

Setelah membaca doa ketika turun hujan tersebut maka janganlah lupa untuk membacakan doa  untuk kebaikan diri Anda sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa saat hujan turun maka di waktu itulah waktu yang sangat mustajab untuk membacakan doa agar dikabulkan oleh Allah SWT.

Dengan demikian maka akan sangatlah membantu kita untuk merasakan nikmatnya dari datangnya hujan karena tidak hanya membawa rahmat-Nya, tetapi juga mendatangkan kebaikan untuk setiap umatnya.

Jangan Mencela Hujan

Amalan ketika hujan juga melarang kita untuk mencela datangnya hujan, meskipun ketika kita akan beraktivitas menjadi terganggu tidak bisa berpergian karena hujan. Tetapi, tetaplah jangan mencela datangnya hujan karena hal tersebut sama saja mencela Allah SWT.

Datangnya hujan sudah menjadi bentuk kekuasaan-Nya sehingga hal tersebut sudah menjadi ketentuan dari-Nya. Tanpa datangnya hujan justru umat muslim di dunia tidak dapat beraktivitas dengan semestinya. Oleh karena selalu bersyukur atas datangnya hujan, jangan sampai mencela akan datangnya hujan.

Jika sampai mencela datangnya hujan maka tidak akan mendatangkan kebaikan dari datng-Nya hujan yang sebenarnya syafaatnya sangatlah luar biasa untuk umat muslim.

Berdzikir

Setelah berdoa, ketika turun hujan maka jangan lupa untuk berdzikir atau menyebut nama-nama Allah SWT yang penuh dengan kebaikan. Ketika kita berdzikir maka kita akan selalu mengingat-Nya, senantiasa kita akan selalu dekat dengan-Nya untuk mendapatkan segala perlindungan dan pertolongan dari-Nya.

Bahkan, dengan berdzikir maka akan membuat hati kita menjadi merasa lebih tenang dan damai yang akan terbebas dari segala permasalahan yang ada.

Membaca Doa Setelah Hujan

Ketika hujan telah reda maka jangan lupa untuk membaca “Muthrna bi Fadhlillaahi wa Rahmatihi.” Membaca doa setelah hujan tersebut juga menjadi salah satu bentuk kita sebagai umat muslim karena telah membuat hujannya berhenti sehingga kita dapat beraktivitas seperti biasanya kemudian mensyukuri bahwa datangnya hujan tersebut tidak mendatangkan bencana atau keburukan karena hujan adalah salah satu bentuk rahmat dan karunia-Nya.

Jadilah umat yang selalu mensyukuri datangnya hujan sebagai bentuk rahmat dan karunia-Nya, salah satu cara mensyukurinya yaitu dengan membaca doa turun hujan dan doa setelah hujan.

Avatar

Doa Akhir Tahun

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Keluarga

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Orang Tua

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *