Doa Untuk Anak

3 min read

Doa Untuk Anak

Berikut ini adalah ulasan menegenai doa untuk anak agar menjadi anak yang rajin beribadah, pandai dan berbakti pada orang tua.

Anak merupakan karunia dari Allah yang wajib kita jaga dan kita didik. Selain karunia anak juga amanah yang harus kita berikan pendidikan terutama prndidikan Agama Islam yang baik.

Tentu jika Anak menjadi sholeh kita sebagai orang tua yang akan menuai kebaikan dan pahala dari Allah, sebaliknya jika Anak memiliki akhlak yang buruk, tentu orang tua juga akan menanggung keburukannya.

Maka dari itu sebagai orang tua, kita harus selalu memperhatikan dan selalu berdoa kepada Allah agar memiliki anak yang baik Akhlaknya.

Anak

Anak adalah harta yang sangat berharga bagi orangtuanya karena bisa menjadi penerusnya dalam kehidupan di dunia kemudian bisa menjadi aset untuk kedua orangtuanya ketika sudah meninggal. Hal tersebut dikarenakan anak yang sholeh menjadi salah satu bentuk amalan orangtua yang pahalanya akan terus mengalir. Nabi Muhammad SAW bersabda :

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Terjemahannya;

“Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 perkara, yaitu shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang berdoa baginya.”

Tentunya sudah dijelaskan dari hadist di atas bahwa pahalanya orangtua tidak akan terputus dari doanya anak sholeh yang mendoakannya ketika orangtuanya sudah meninggal. Oleh karena itu, sebagai orangtua maka jadikanlah anak menjadi penuh ketakwaan kepada Allah SWT yang menjadikannya sebagai anak sholeh sehingga bermanfaat ketika nanti sudah meninggal.

Doa Untuk Anak

doa untuk anak

Sebagai orang tua maka sebaiknya kita selalu mendoakan anak-anak agar menjadi anaknya yang sholeh, beriman, dan selamat dunia akhirat. Berikut ini bacaan doa dari orangtua yang dapat dipanjatkan untuk anak-anaknya.

Doa Untuk Anak Agar Rajin Beribadah

Sebagai orangtua tentunya kita selalu mengharapkan agar anak rajin beribadah, tetapi juga jangan memfokuskan pendidikan anak secara teori dalam bidang agama saja. Menguasai bidang lainnya juga diperbolehkan asalkan sesuai dengan ajaran agama yang kita jalankan. Dengan doa orangtua maka anak bisa memiliki kepribadian yang baik dalam beribadah. Berikut ini bacaan doa untuk anak agar Rajin Beribadah:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

“Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.”

Terjemahannya:

 “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim ayat 40).

Ketahuilah bahwa doa tersebut dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT agar anak dan cucunya tekun beribadah, salah staunya dalam mengerjakan sholat dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Doa Untuk Orang Tua

Doa Untuk Anak Agar Pintar

Sebagai orangtua pastinya kita juga ingin memiliki anak yang pintar, bukan? tidak hanya melalui pendidikan informal saja agar anaknya menjadi pintar tetapi juga harus melakukan pendidikan secara informal. Selain itu, juga janganlah lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar menjadikan anak kita pintar dalam urusan dunia maupun akhirat. Berikut ini bacaan doa untuk anak pintar.

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

 “Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”

Terjemahannya:

 “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

Doa tersebut bisa dipanjatkan ketika selesai melakukan sholat wajib dengan tujuan agar anak-anaknya menjadi orang yang penuh cahaya dengan kepandaian yang bisa menuntun dalam kebaikan baik dalam kehidupan di dunia maupun akhirat.

Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua

Harapan yang dimiliki oleh orangtua tentunya ingin memiliki anak yang selalu berbakti kepadanya, dengan begitu baik ayah dan ibu akan selalu merasa dihargai dan dihormati. Anak yang berbakti pastinya juga akan selalu mendoakan orangtuanya. Bacalah doa untuk anak berbakti kepada orang tua agar mendapatkan keridhaan dari Allah SWT, berikut ini bacaan doanya.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

 “Allahumma Barìklìy Fìì Awladìy, Wa La Tadhurruhum, Wa Waf Fìqhum Lì Tho’atìk, War Zuqnìy Bìrrohum.”

Terjemahannya:

 “Ya Allah limpahkanlah barokah kepadaku dan anak-anakku, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah kepadaku rejeki berupa bakti mereka.”

Keutamaan Doa Seorang Ibu

Seperti yang kita ketahui bahwa Ibu adalah surga bagi anak-anaknya, selain itu doanya ibu juga sangatlah didengar oleh Allah SWT. Berikut ini keutamaan yang dimiliki oleh doa seorang ibu.

Doanya Ibu Diridhoi Allah SWT

Ketahuilah bahwa doanya seorang ibu memang selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT sehingga apapun doanya dalam kebaikan maupun hal buruk bisa saja dikabulkan oleh-Nya. Oleh karena itu, apa saja yang akan kalian lakukan maka mintalah terlebih dahulu doanya agar diridhoi juga oleh yang Maha Kuasa.

Dengan demikian maka janganlah dengan mudahnya untuk menyakiti hati dan perasaan ibu kalian karena ketika ibu sedang marah kemudian mendoakan hal jelek maka bisa saja dikabulkan oleh Allah SWT sehingga akan mendatangkan keburukan untuk diri Anda sendiri.

Ibu adalah Surga-Nya Anak

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa Ibu adalah surganya anak-anak sehingga apapun doa yang nantinya dipanjatkan maka akan sangat berpengaruh dalam kehidupan anak-anaknya. Ingatlah selalu bahwa di bawah kaki ibumu ada surganya Allah SWT sehingga kita harus selalu menghormati dan berbakti kepadanya agar kita selamat dalam kehidupan baik di dunia maupun akhirat.

Jadilah, seorang anak yang sholeh agar mendapatkan doa untuk anak terbaik selalu dari ibu sehingga akan mendatangkan banyak kebaikan pula untuk dirimu sendiri dalam mencapai apapun yang diharapkan dan diininkan.

Keistimewaan Sakit Melahirkan

Ketika marah atau menyakita hati seorang ibu maka ingatlah kembali bahwa beliaulah yang telah melahirkanmu dengan susah payah dengan rasa sakit yang mempertaruhkan nyawanya. Dengan begitu maka Allah SWT memberikan keistimewaan untuk bisa mendoakan anak-anaknya menjadi anaknya sholeh, pintar dan cerdas, dan kebaikan yang lainnya.

Tetapi, ketika suatu saat seorang ibu sudah merasakan sakit hati maka bisa saja melantunkan kata keburukan dalam hatinya yang kemudian bisa diijabah oleh Allah SWT.

Nama Seorang Ibu Disebut 3 Kali Oleh Rasulullah

Ketahui juga bahwa seornag ibu ternyata disebut tiga kali oleh Rasullullah sehingga ada banyak keistimewaan yang dimilikinya. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist  Abu Hurairah Ra berikut ini.

 “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah lalu bertanya,
“Ya Rasulullah, siapakah orang yang lebih berhak untuk saya hormati?”
Rasulullah menjawab, “Ibumu.”
Orang tersebut bertanya lagi, “Lalu siapa lagi?”
Rasulullah menjawab, “Ibumu.”
Orang tersebut bertanya lagi, “Setelah itu siapa lagi?”
Rasulullah menjawab, “Ibumu.”
Orang tersebut bertanya lagi, “Kemudian siapa lagi?”
Akhirnya Rasulullah pun menjawab, “Kemudian baru ayahmu,” (HR. Muslim).

Dari hadist tersebut dapat diketahui bahwa seorang ibu memiliki memiliki banyak keistimewaan yang sangatlah luas biasa sehingga membuat doanya untuk anaknya sangat mustajab dihadapan Allah SWT.

Jadilah seorang anak yang berbakti kepada ibunya, karena doa untuk anak dalam kebaikan dan keburukan akan sangat mustajab di hadapan-Nya.

Avatar

Doa Untuk Keluarga

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Orang Tua

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Turun Hujan

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *