Doa Untuk Keluarga

3 min read

doa keluarga

Berikut ini adalah ulasan mengenai doa untuk keluarga yang wajib diketahui agar keluarga Anda mendapat keselamatan di dunia dan akhirat.

Keluarga bisa dikatakan sebagai harta yang paling berharga yang tidak bisa dinilai dengan materi. Maka jika Anda masih memiliki keluarga, Anda wajib bersyukur karena tak sedikit di dunia ini orang yang hidup sebatang kara.

Keluarga

Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang berkumpul atau tinggal dalam satu rumah, dimana mereka  memang memiliki ketergantungan antara satu dengan lainnya.

Sesama anggota keluarga maka harus saling menyayangi, melindungi, dan mendoakan agar mendapatkan perlindungan dari-Nya. Dengan begitu maka akan menjadikan kita sebagai keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah.

Pendidikan yang paling utama adalah dari keluarga sehingga keluarga yang harmonis akan memberikan kebahagiaan, sedangkan keluarga yang tidak harmonis akan membuat keadaan psikis anak dan keluarga lainnya menjadi kurang bahagia. Jadilah, keluarga yang saling melengkapi dan menghargai agar menjadi keluarga yang bahagia.

Doa Untuk Keluarga

Doa Untuk Keluarga

Ketahuilah doa untuk keluarga ini disarankan untuk dibaca bersama-sama agar mendapatkan keselamatan dalam kehidupan baik di dunia maupun akhirat. Berikut ini kumpulan doa untuk keluarga agar menjadi keluarga yang sakinah, bahagia, dan selamat dalam kehidupan di dunia maupun akhirat.

Doa Menjadi Keluarga Sakinah

Agar keluarga menjadi sakinah maka panjatkan doa keluarga di bawah ini.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Terjemahan:

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Al Furqan ayat 74).

Makna yang terdapat dalam doa tersebut yaitu memohonkan kepada Allah SWT untuk menjadikan kalian pasangan suami dan istri yang sakinah dengan menganugerahkan keturunan sebagai penyenang hati kemudian menjadi contoh bagi orang-orang yang bertakwa.

Doa Agar Keluarga Bahagia Dunia dan Akhirat

Sebagai umat islam tentunya kita mengharapkan untuk mendapatkan kebahagiaan dari pernikahan yang kita jalankan. Salah satunya dengan memperolah pasangan yang soleh ataupun solehah sehingga memiliki tingkat tanggung jawab yang tinggi diantara keduanya. Berikut ini bacaan agar keluarga bahagia dunia dan akhirat.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Terjemahan :

“Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari azab api neraka.” (QS. Al-Baqarah ayat 201)

Makna yang terdapat dalam doa tersebut yaitu memohonkan kebaikan dalam kehidupan di dunia dan akhirat untuk semua anggota keluarganya sehingga akan terhindar dari azab api neraka.

Doa agar Dikaruniai Keluarga yang Rajin Sholat

Tentunya, kita ingin memiliki keluarga yang selalu mengingatkan untuk beribadah, terutama yaitu menjalankan sholat lima waktu. Ketahuilah bahwa sholat merupakan tiangnya agama islam sehingga mempunyai keluarga yang rajin solat maka akan menjadikan kita menjadi keluarga yang harmonis dan bahagia dengan menjalankan perintah Allah SWT kemudian menjauhi larangan-Nya. Berikut ini bacaan Doa agar Dikaruniai Keluarga yang Rajin Sholat

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

Terjemahaannya:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.“

Tentunya, makna dari doa tersebut memang sangatlah penting karena dapat menjadikan anak kita memiliki kesadaran untuk beribadah kepada Allah SWT, terutama dalam ibadah sholat lima waktu.

Doa Keluarga agar Ditingkatkan Kasih Sayang

Setiap anggota keluarga seharusnya juga memiliki tingkat kepedulian yang sangatlah tinggi karena rasa kasih sayangnya yang sangatlah kuat. Jadi, biarkan rasa sayang tumbuh sendirinya dalam setiap anggota keluarga yang akan membuat rumah tangga Anda semakin bahagia.

Ini Dia Doa Keluarga agar Ditingkatkan Kasih Sayang

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

Artinya :

“Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.” (QS. Taha ayat 9).

Berserah dirilah kepada Allah SWT agar mendapatkan kemurahannya dalam memberikan kasing sayang antara sesama manusia sehingga akan selalu mendapatkan pengawasan dari-Nya.

Doa agar Keluarga diberi Ketenangan

Agar mendapatkan ketenangan untuk semua keluarga maka janganlah lupa untuk berdzikir menyebutkan nama-nama keagungan-Nya yang akan membuat hati menjadi selalu merasa tenang dan damai sehingga bisa menciptakan nuansa betah di rumah untuk anak-anak ataupun anggota keluarga yang lainnya. Panjatkan doa untuk keluarga agar diberikan ketenangan, berikut ini doa ya ng dapat Anda panjatkan.

الّلهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu“.

Dari bacaan doa tersebut dapat diketahui bahwa segala ketenangan hati itu datangnya dari Allah SWT.

Baca Juga: Doa Bepergian Agar Selamat Sampai Tujuan

Doa Untuk Keluarga Agar Selamat Dunia dan Akhirat

Kemudian agar keluarga Anda selamat dalam kehidupan di dunia dan akhirat maka sebagai seorang istri yang solehan untuk mengamalkan doa untuk suaminya agar selalu mendapatkan keselamatan dalam kehidupan di dunia maupun akhirat berikut ini.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, keberkahan rezeki, limpahan ilmu, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut, Mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

Dengan memanjatkan doa tersebut maka kita sebagai umat muslim akan mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT sehingga akan diselamatkan dari siksa api neraka.

Doa Untuk Orang Tua

Selain orang tua yang berdoa untuk keluarganya maka sebagai seorang anak kita juga harus membaca doa untuk orang tua agar mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan yang datangnya dari Allah SWT, berikut ini bacaan doanya.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

Nah, makna dalam bacaan doa tersebut maka akan mendapatkan ampunan dari dosa yang telah dilakukan oleh orangtua. Dengan demikian maka akan mendatangkan belas kasih dari Allah SWT untuk memberikan rahmat-Nya kepada orangtua kita.

Itulah ulasan mengenai doa untuk keluarga yang akan memberikan banyak keutamaan dengan syafaatnya yang luar biasa untuk membuat kehidupan Anda dengan keluarga menjadi lebih bahagia dan harmonis.

Avatar

Doa Akhir Tahun

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Orang Tua

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Untuk Anak

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *