Doa Untuk Orang Tua

3 min read

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai doa untuk orang tua baik untuk orang tua yang masih hidup maupun sudah meninggal.

Setiap manusia pastinya memiliki hubungan erat dengan orang tua, banyak perjuangan yang telah dilakukan orang tua untuk anaknya. Tak ada hal apapun yang dapat seorang anak lakukan untuk membalas kebaikan orang tua.

Oleh sebab itu sebagai wujud bakti seorang anak kepada orang tuanya adalah dengan mentaati setiap apa yang diperintahkan selama dalam keabaiakan, kemudia berbicara dengan sopan santun dan juga selalu membaca doa untuk orang tua.

Orang Tua

Orangtua adalah ayah atau ibu yang terikat dalam pernikahan sah kemudian membentuk keluarga dengan anak-anak mereka dari hubungan biologis. Orangtua tentunya memiliki tanggung jawab sangatlah besar terhadapanaknya mulai dari merawat, mengajari, mensekolahkan, membiayai, dan mendidik anak-anaknya untuk menjadi anak yang baik dan bertanggung jawab.

Memiliki anak yang sholeh dan sholehah pastinya menjadi dambaan setiap orangtua karena bisa menjadi asetnya ketika sudah meninggal nanti. Jadi, pahalanya orang tua yang memiliki anak sholeh maupun sholehah tidak akan putus, meskipun sudah meninggal nanti. Hal tersebut sama dengan sabda Rasullullah SAW:

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Terjemahannya:

 “Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Berbakti kepada orangtua merupakan akhlak yang harus diutamakan karena ridho yang diberikan oleh orang tua sangatlah penting untuk kesuksesan dan keberhasilannya.

Ajaran Islam Tentang Doa Untuk Orang Tua

Berbaktilah kepada orangtuamu agar selalu mendapatkan kebaikan untuk kesuksesan dan keberhasilanmu, janganlah menyakiti hatinya senantiasi mematuhi perintihnya agar membuat hati orangtua menjadi bahagia. Allah berfirman Allah dalam Surah Al Israa Ayat 23 :

وَ قَضٰی رَبُّکَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِیَّاہُ وَ بِالۡوَالِدَیۡنِ اِحۡسَانًا ؕ اِمَّا یَبۡلُغَنَّ عِنۡدَکَ الۡکِبَرَ اَحَدُہُمَاۤ اَوۡ کِلٰہُمَا فَلَا تَقُلۡ لَّہُمَاۤ اُفٍّ وَّ لَا تَنۡہَرۡہُمَا وَ قُلۡ لَّہُمَا قَوۡلًا کَرِیۡمًا

Artinya :

“Dan Allah telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Allah dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah satu di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada orang tuamu perkataan “ah” dan janganlah kamu membentaknya, dan ucapkanlah kepada kedua orang tuamu perkataan yang sopan.”

Makna dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan kepada setiap umatnya untuk berbakti kepada orangtua, bahkan sangatlah dilarang untuk membentak kedua orangtuamu. Salah satunya juga dilarang untuk berkata “ah” ketika diperintah olehnya, apalagi sampai berkata kasar. Jadi, bertuturlah yang sopan dan baik kepada-Nya.

Doa Untuk Orang Tua

doa untuk orang tua

Tentunya, terdapat doa untuk orang tua yang menjadi bukti kita menjadi anak yang berbakti. Berikut ini beberapa doa untuk orangtua yang dapat kita amalkan.

Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Masih Hidup

Sebagai orang yang sangat berjasa dalam kehidupan anak-anaknya maka wajib bagi kita untuk mendoakan selalu orangtua kita yang masih hidup. Doa tersebut dapat dipanjatkan setelah menjalankan sholat wajib. Doanya yang dipanjatkan untuk memohonkan ampunan dari dosa dan kesalahan yang telah dilakukan oleh orangtua kita agar mendapatkan kasih sayang dari-Nya, berikut ini bacaan doa untuk orang tua yang masih hidup.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

 “Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa”

Artinya:

 “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepadaku sewaktu aku kecil.”

Baca Juga: Doa Untuk Anak

Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Berikutnya, ketahui juga doa untuk orang tua yang sudah meninggal sebagai bentuk bakti kita kepada-Nya. Tentunya, cara yang dapat kita lakukan yaitu dengan memohonkan ampun atas dosa-dosanya. Anda dapat mendoakannya dengan membaca surat Yasin atau Tahlil setiap malam jumat

Berikut Ini Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas.
Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.”

Terjemahan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku, muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Doa Kedua Orang Tua yang Sakit

Tentunya ketika orang tua sedang sakit parah maka sebagai anak pastinya akan merasakan kesedihan yang cukup dalam. Oleh karena itu, doakanlah untuk orang tua yangs edang sakit agar mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT. Berikut ini bacaan doa untuk orangtuanya yang sedang sakit.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

 “Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama.”

Terjemahannya:

“Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Manfaat mengamalkan doa untuk orang tua

Setelah mengetahui doa untuk orang tua maka pahami juga makna yang terdapat di dalamnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Menjadi Amalan Mulia

Ketahuilah dengan mengamalkan doa untuk orang tua juga bisa menjadi salah satu cara untuk berbakti untuk kedua orang tua. Tentunya, hal tersebut dapat menjadi amalan mulia yang akan mendatangkan kebaikan sehingga setiap orang memang harus mendahulukan amal kepada orangtuanya, sebelum kepada orang lain.

Mendapatkan Ridha Allah Ta’ala

Setelah mendoakan orangtua maka kita juga akan mendapatkan ridha dari Allah SWT, hal tersebut dikarenakan ridha-Nya tergantung dari ridho orang tua. Bahkan, sebaliknya murka Allah SWT juga tergantung dari murkanya orangtua sehingga sebagai seorang muslim harus selalu berbakti kepada orangtuanya jangan sampai membuatnya menjadi murka.

Menghilangkan Kesulitan

Dengan mengamalkan doa orangtua tersebut juga akan menghindarkan kalian semua dari segala kesulitan. Apapun cobaan yang kalian lewati apabila berbakti kepada orangtua maka tetaplah doakan kedua orangtuamu, ingatlah selalu perjuangan yang telah mereka lakukan.  Jadi, memang sudah menjadi kewajiban seorang anak untuk berbakti kepada orangtua-Nya.

Jadilah anak yang sellau berbakti kepada orangtuanya, salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu dengan memanjatkan doa untuk orang tua agar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Avatar

Doa Untuk Anak

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Turun Hujan

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Doa Ketika Angin Kencang

Avatar Fahmi Pedia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *