7 Ide dan Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

peluang

Mencari nafkah merupakan tuntutan dalam hidup demi memenuhi hajat kita. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk mencari nafkah. Anda dapat bekerja menjadi karyawan, buruh ataupun yang lainnya. Akan tetapi tahukah anda bahwa dewasa ini menjadi pengusaha dapat dilakukan siapa saja karena semakin terbukanya media informasi. Menjadi seorang pengusaha adalah kebanggaan tersendiri, lalu bagaimana anda memulai untuk menjadi pengusaha? Kali ini kami akan bahas mengenai ide usaha rumahan sebagai langkah awal anda menjadi pengusaha yang sukses.

Sebelum masuk pada ide usaha rumahan yang menjanjikan perlu anda ketahui model usaha yang berkembang saat ini. Menurut kami model usaha rumahan ada dua yakni secara Offline atau secara Online. Apa bedanya kedua model usaha tersebut?

Usaha Rumahan Offline

Model usaha Offline merupakan model usaha yang masih menggunakan cara lama yakni semua prosesnya dilakukan secara offline. Mulai dari produksi sampai tahap pemasaran menggunakan metode offline. Model usaha ini biasanya tidak memiliki jangkauan yang luas. Berikut adalah peluang usaha secara offline yang dapat anda lakukan.

Barber Shop

potong rambut
Sumber : Pixabay

Siapa sangka jasa potong rambut ternyata merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Barber Shop merupakan jasa potong rambut yang lebih modern dari potong rambut biasa. Selain melakukan potong rambut di dalam Barber Shop ini juga menyediakan layanan keramas, vitamin rambut dan juga pijat ringan sebagai relaksasi.

Nah jika anda dapat mempunyai keahlian dalam memotong rambut anda dapat membuka Barber Shop di rumah anda. Mengapa kami katakan usaha ini menjanjikan? Bayangkan saja, potong rambut merupakan kebutuhan semua orang khususnya laki-laki, setidaknya kebiasaan laki-laki potong rambut satu kali dalam satu bulan. Jika di daerah tempat tinggal anda ada 10.000 laki-laki tentunya banyak pelanggan anda.

Alasan kedua mengapa barber shop merupakan usaha menjanjikan adalah karena tidak butuh banyak modal. Ya anda cuma butuh gunting atau mesin pemotong rambut, kaca lebar, kursi dan juga peralatan kecil lainnya anda dapat membuka usaha barber shop. Bagaiamana jika tidak ahli potong rambut? tenang saja, sekarang sudah banyak kursus potong rambut.

Bagaimana, anda tertarik?

Budidaya Hidroponik

Hidroponik merupakan bercocok tanam menggunakan media air. Dahulu hidroponik dilakukan hanya untuk sekedar hobi saja. Namun saat ini hidroponik sudah dapat dijadikan sebagai salah satu usaha rumahan yang menguntungkan. Banyak yang dapat anda tanam melalui media hidroponik diantaranya sawi, kangkung, selada, bayam, mentimun, cabai, paprika dan lainnya. Sayuran diatas tentunya dapat dijual dan dapat menghasilkan rupiah. Namun jika anda ingin memulai usaha hidroponik tentunya anda mesti belajar pada orang yang ahli hidroponik karena menanam melalui hidroponik tak semudah dilakukan.

Budidaya Jamur Tiram

Jamur

Jamur tiram merupakan bahan makanan yang banyak digemari banyak orang, selain karena manfaatnya yang banyak jamur tiram juga terjangkau untuk dibeli. Usaha budidaya jamur tiram tenyata dapat memberikan banyak keuntungan bagi anda. Budidaya jamur tiram bisa dibilang usaha rumahan yang tidak membutuhkan banyak tenaga, mungkin di awal perlu tenaga untuk membangun kumbung jamur dan juga menanata baglog. Namun jika semua sudah berjalan tugas harian hanya melakukan penyiraman dan panen. Anda dapat melakukan survei harga jamur di pasaran dan juga modal yang anda keluarkan untuk membuat usaha ini, tentunya akan ketemu berapa potensi keuntungan anda.

Namun perlu anda perhatikan jika anda berbisnis jamur tiram anda harus menjaga kestabilan suhu rumah jamur anda. Dan perlu anda perhatikan dalam melakukan panen jangan terlalu dini dan jangan terlalu tua.

Laundry

laundry
Sumber : Pixabay

Peluang usaha rumahan selanjutnya adalah jasa laundry, ya jasa laundry. Seperti kita ketahui bahwa jasa laundry sudah menjamur di berbagai tempat. Meskipun sudah banyak orang yang memilki usaha serupa anda tidak perlu khawatir akan persaingan. Anda dapat membuat inovasi baru dalam usaha ini misalnya, gratis antar atau jemput laundry, ada kupos khusus, ada garansi. Jika anda memberikan inovasi baru tentunya akan banyak customer yang datang untuk memakai jasa anda.

Untuk memulai usaha laundry berikut adalah hal-hal yang perlu anda persiapkan Mesin Cuci, Tempat Jemuran, Sabun Detergen, Pewangi, Setrika, Plastik Packing dan Rak/ Lemari.

Berikut adalah hal-hal yang kurang mengenakkan yang sering dialami pelanggan yang tentunya harus anda hindari sebagai penyedia jasa laundry:

  1. Cucian tidak bersih
  2. Baju rusak karena setrika
  3. Kurang wangi
  4. Baju hilang
  5. Baju tertukar
  6. Tidak tepat waktu

Anda tertarik usaha laundry?

Angkringan

angkringan
sumber: Pixabay

Tahukah anda ternyata usaha angkringan akhir-akhir ini semakin menjamur. Angkringan merupakan warung sederhana yang menyediakan berbagai makanan baik itu makanan tradisional ataupun maupun makanan cepat saji. Biasanya pengunjung angkringan ini adalah anaka muda. Mau tahu rahasia angkringan agar laris? Setidaknya terapkan beberapa hal berikut agar angkringan anda ramai dikunjungi:

  1. Berada di lokasi yang dilalui banyak orang, bisa di sekitar jalan raya dsb.
  2. Punya tempat yang luas dan bersih.
  3. Ada koneksi Wifi dengan speed yang tinggi.
  4. Ada proyektor besar yang bisa untuk nonton pertandingan bola.
  5. Menu minuman yang lengkap seperti Kopi, Jahe, Teh, dan minuman Sachet ( Gooday, Nutrisari, Milo dsb.)
  6. Anda sediakan Charger Smartphone.
  7. Tempat parkir yang luas dan aman.

Budidaya Ikan

kolam ikan
sumber: Pixabay

Pasti anda pernah menjumpai rumah makan yang menyediakan menu dari olahan ikan seperti, ikan mas goreng, pecel lele, gurame bumbu pedas. Yang perlu anda ketahui apakah rumah makan tersebut melakukan budidaya ikan untuk menyuplai kebutuhan rumah makan mereka? jawabnya tentu tidak, meskipun ada rumah makan yang melakukan budidaya sendiri, itupun pasti tidak banyak rumah makan yang melakukan hal tersebut. Tentunya rumah makan membutuhkan suplai ikan dari petani ikan.

Dari pemaparan di atas anda sudah tahu satu peluang pemasaran jika anda memilki usaha budidaya ikan meskipun masih banyak target pasar yang bisa anda dapatkan.

Budidaya ikan merupakan usaha rumahan yang menjanjikan selanjutnya. Anda dapat membudidayakan ikan sesuai keinginan ada banyak pilihan diantaranya ikan lele, ikan mas, ikan gurame dan lainya.

Budidaya ikan tentunya membutuhkan tempat yang cukup luas, jika anda hidup di kota rasanya usaha ini kurang cocok untuk anda. Jika anda hidup di desa dan memiliki cukup lahan maka budidaya ikan bisa menjadi pilihan bagi anda.

Hal yang perlu jadi perhatian anda ketika anda melakukan usaha budidaya ikan adalah:\

  • Target pasar anda jelas baik itu rumah makan, pasar, supermarket atau yang lain.
  • Hitung-hitungan yang jelas antar profit dan biaya pakan dsb.
  • Kesehatan ikan selalu jadikan perhatian anda (kualitas)
  • Jangan sampai telat melakukan panen karena biaya pakan bisa membengkak.
  • Menjaga kondisi air yang masuk ke dalam kolam.

Usaha Rumahan Online

Model usaha Online  merupakan model usaha yang lebih maju dan terkini karena ada beberapa tahap seperti pemasaran produk atau jasa dapat dilakukan secara online. Banyak keuntungan yang dapat anda peroleh jika melakukan usaha anda secara online. Selain efisiensi waktu anda juga dapat menjangkau banyak orang untuk memasarkan produk anda.

Seperti kita ketahui di jaman sekarang apa-apa serba online, belanja, membayar ini itu semua bisa dilakukan secara online. Telah banyak marketplace yang meraup omzet milyaran dalam sehari seperti Shoope, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya. Tentu jika anda seseorang yang jeli hal ini adalah peluang usaha yang sangat menguntungkan bagi anda.

Lalu apa saja peluang usaha rumahan yang dapat anda jalankan secara online? Berikut beberapa peluang usaha rumahan yang dapat anda coba

Bloger / Publisher

bloger
sumber: Pixabay

Dunia internet saat ini merupakan dunia yang dapat dijangkau oleh semua kalangan. Tak dapat dipungkiri seseorang masuk ke internet karena ada beberapa tujuan salah satunya adalah mencari informasi.

Ya dengan menjadi seorang bloger/ publisher anda dapat menyediakan informasi kepada para pengunjung internet. Pertanyaannya darimana anda mendapatkan uang jika menjadi seorang bloger / publisher? ketahuialah banyak sekali sumber uang yang bisa anda dapatkan dari menjadi seorang bloger / publisher. Salah sumber uang ketika anda menjadi seoarang bloger/ publisher ialah ketika memiliki banyak pengunjung web, anda dapat memasang iklan di web anda seperti Google Adsense, Ezoic dll.

Lalu bagaimana anda bisa menjadi seorang bloger / publisher? Jawabannya, tidak ada yang instan di dunia ini termasuk menjadi seorang bloger/ publisher. Ketika anda memutuskan terjun di pekerjaan ini anda harus siap menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer untuk belajar dan mencoba. Selain itu tidak ada garansi penghasilan secara pasti seperti anda bekerja sebagai karyawan. Namun jika anda sudah menjadi ahli tentunya mendapatkan uang jutaan rupian bukanlah hal susah.

Content Writer

penulisa
sumber: Pixabay

Pekerjaan menjanjikan di dunia online selanjutnya ialah menjadi seorang content writer. Profesi apakah ini?

Sesuai dengan namanya Content Writer adalah penulis konten, content writer biasa mendapatkan pesanan konten artikel dari para publisher yang butuh artikel tertentu. Bagi anda yang mempunyai keahlian dalam menulis menjadi seorang content writer bisa menjadi pilihan bagi anda. Selain karena tidak mendapatkan tekanan dalam bekerja menjadi content writer bisa bekerja dimana saja.

Anda dapat mempromosikan jasa content writer anda kepada para publisher melalui social media seperti facebook atau melalui suatu forum seperti ads.id yang disana banyak para publisher.

Desainer

Jaman dulu kalau mau foto atau edit foto pasti kita akan datang ke tempat studio foto, pasti kamu pernah kan? Hal tersebut sepertinya tidak perlu kita lakukan karena sekarang sudah banyak sekali jasa desainer online yang menyediakan jasa editing foto.

Tak hanya editing foto membuat desain logo juga menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi anda. Banyak sekali website yang menyediakan wadah bagi para desainer dan orang yang membutuhkan jasa editing untuk saling bertransaksi jasa, salah satunya 99designs , sribu, freelancer, fastwork, upwork dan lainnya.

Selain dari website jasa desain di atas kamu juga dapat mendapatkan informasi tentang jasa desain dengan melakukan pencarian di google misal: jasa desain logo surabaya , dengan sangat mudah anda akan mendapatkan banyak informasi tentang jasa desain di kota kamu.

Jadi tunggu apalagi jika kamu punya kemampuan dalam bidang desain grafis peluang ini jangan kamu sia-siakan.

Jualan Produk Online

Siapa sih yang nggak pernah membeli produk secara online? Saat ini berberlanja online merupakan sesuatu yang lumrah bahkan orang cenderung lebih memilih membeli sesuatu secara online untuk untuk suatu produk tertentu, seperti fashion, produk kecantikan, gadget dsb.

Melejitnya market place merupakan bukti nyata bahwasannya minat masyarakat untuk berbelanja online semakin meningkat.

Bagi anda yang ingin memulai usaha tentunya hal diatas merupakan peluang yang dapat anda masuki. Banyak sekali cara untuk berjualan online. Anda bisa menjual produk di market place seperti di Tokopesia, Shoope, Bukalapak atau mungkin Anda bisa daftar reseller di toko online dan anda bisa menjual produknya melalui media sosial atau website.

 Youtuber

yotuber
sumber: Pixabay

Tahukah anda bahwa menjadi seorang youtuber ternyata adalah pekerjaan yang banyak diminati akhir-akhir ini oleh masyarakat indonesia. Dapat kita lihat banyak channel-channel youtube yang mulai bermunculan mewarnai dunia peryoutuban.

Antusiasme menjadi seorang youtuber ternyata tidak hanya melanda anak muda akan tetapi banyak usia dewasa juga eksis menjadi seorang youtuber.

Mengapa menjadi seorang youtuber merupakan peluang usaha rumahan yang menjanjikan? ya, karena anda dapat meraup jutaan bahkan bahkan dapat mencapai milyaran rupiah. Ada banyak youtuber indonesia yang berhasil meraup banyak pundi-pundi rupiah dari yotube seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Miawaug, Gadgetin, Agung Hapsah dan masih banyak youtuber lainnya.

Lalu bagaimana para youtuber dapat mendapatkan uang? Cara mudahnya adalah memasang iklan dari Google Adsense di video youtube anda, setiap iklan yang tayang anda akan mendapat bayaran. Semakin banyak views video anda maka akan semakin banyak upah yang anda terima.

Lalu apa yang harus anda lakukan untuk mendapatkan uang dari youtube? Tentu anda harus membuat dan mengupload video yang anda buat ke youtube, buatlah konten video yang banyak dicari orang dan sesuai passion anda misal mebuat video tutorial, review, unboxing, gaming dsb. Bualah semenarik mungkin yang memicu orang untuk melihat video anda.

Demikan adalah pembahasan mengenai peluang usaha rumahan yang dapat anda praktekkan. Tentunya ide pleuang usaha diatas hanya sebagian saja dan masih banyak yang dapat anda lakukan untuk dapat berpenghasilan tanpa kerja diluar. Yang paling terpenting ketika anda memilih suatu usaha diatas anda harus melakukan denga sungguh-sunggu dan penuh totalitas karena semua kesuksesan tak ada yang dilalui tanpa pengorbanan dan perjuangan.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk melakukan usahan sendiri?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like