Setahun Kuliah di Wearnes

Sebelumnya sudah saya ceritakan bahwa setelah lulus SMA saya tidak langsung kuliah, akan tetapi saya bekerja dibeberapa tempat. Baru setelah satu tahun kemudian baru saya mendaftar kuliah di Wearnes Madiun (Wearnes Education Center).

Sebelum mendaftar untuk kuliah di Wearnes Madiun saya sudah mencari tahu informasi tentang kampus ini sebelumnya, karena ada tetangga dan beberapa teman yang kuliah di Wearnes.

Pembukaan penerimaan mahasiswa baru Wearnes Education Center Madiun telah dibuka dari bulan Mei 2012 untuk gelombang 1. Saya mendaftar pada bulan Juni, saya memilih jurusan Tekhnik Komputer dan Informatika.

Alasan saya memilih jurusan Informatika adalah karena saya sejak dulu memiliki hobi dengan sesuatu yang berkaitan dengan tekhnologi.

Dari dulu saya suka mengotak-atik komputer, saya juga suka mengotak atik software handphone, dulu saya punya handphone Nokia 6600 dengan Operating System Symbian Sv2, jaman dulu sudah lumayan baguslah handphone itu. Nah HP itulah yang dulu sering saya otak atik hehehe.

sumber: youtube.com

Waktu sekolah SMA dulu dibelikan komputer Pentium4 oleh orang tua saya, ya sedikit banyak tahulah mengenai hardware komputer. Waktu itu komputer Pentium4 sudah lumayan cukup untuk sekedar belajar, untuk sekarang mungkin sudah tak layak pakai ya hehehe.

Jadi itulah pertimbangan saya memilih jurusan Informatika, Saya ingin memperdalam pengetahuan saya mengenai ilmu komputer.

Test Masuk Wearnes Madiun

Akhirnya pada bulan juni diadakan test untuk penerimaan mahasiswa baru. Test dilakukan pada sore hari yakni pada jam 14:00 sampai jam 16:00.

Ada banyak test yang diujikan salah satunya adalah test psikologi. Peserta yang mengikuti test diwajibkan menggunkan kemeja putih dan celana bahan berwarna hitam, peserta juga diwajibkan menggunakan sepatu pantofel.

sumber: latihanwebblog.blogspot.com

Setelah mengikuti tes ini itu akhirnya pengumuman hasil test sudah keluar. Alhamdulillah saya masuk ke kelas Informatika 2. Jadwal perkuliahan saat itu mulai  dari jam 15:00 sampai jam 21:00 ( Senin s/d Sabtu).

Di kelas ini saya bertemu banyak teman, ada sekitar 30 mahasiswa. Fram dan Dian yang saya ceritakan di Touring ke Pacitan adalah teman satu kelas di Wearnes Education Center Madiun.

Selain mereka berdua ada banyak teman akrab saya diantaranya ada Ilman Syafi’an, El Sukma, Rico Bagus. Mereka adalah teman terakrab selama kuliah di Wearnes  Madiun.

Bahkan sampai sekarang [2018] kami masih sering komunikasi dan beberapa kali kami Buka Bersama di bulan puasa. Mereka saya anggap kakak karena saya yang paling muda saat itu, dan juga pengalaman mereka jauh lebih banyak daripada saya.

Pelajaran di Wearnes

Jurusan Informatika merupakan jurusan yang memiliki tingkat kesulitan materi lebih dari jurusan lain. Di Wearnes Madiun kami para mahasiswa dituntut untuk profesional dalam mengerjakan setiap tugas yang di berikan para dosen.

Berikut adalah beberapa materi pelajaran Informatika yang di ajarkan selama kuliah satu tahun di Wearnes Madiun

Bahasa inggris

Bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang sangat dan mengasikkan karena dosen yang mengajar sangat kompeten dan punya kemampuan yang luar biasa. Bu Retno adalah dosen Bahasa Inggris.

sumber: nspiratorfreak.com

Bu Retno mempunyai teknik mengajar yang unik. Kelas bisa di buat fun oleh beliau, kadang untuk menghilangkan kejenuhan beliau membuat sebuah permainan di kelas. Ada juga meteri yang disampaikan melalui film berbahasa Inggris.

Yang jelas mahasiswa betah diajar oleh beliau, satu hal yang saya ingat beliau mewajibkan kepada mahasiswa untuk menyapa beliau dengan bahasa Inggris jika ketemu beliau  diluar jam pelajaran, walaupun itu cuma “how are you”,”good night”.

Hardware dan Jaringan

Ini adalah meteri yang paling saya cari, Dosen pengajarnya adalah Pak Fahrul beliau masih sangat muda akan tetapi untuk kemampuan jangan ditanya.

sumber : pemasangan.com

Pelajaran Hardware & Jaringan ada satu kali pertemuan dalam satu minggu, yakni hari Rabu jam 15:00. Disini banyak sekali ilmu yang saya dapat dari beliau mulai Instalasi OS Windows, Setting Server, Rakit Jaringan sampai membuat kabel LAN RJ-45.

Disini kami juga diajarkan bagaimana troubleshooting komputer jika terjadi masalah, mulai dari Hardisk, Ram, Mainboard, sampai Power Supply. Itulah ilmu yang sering berguna dan sering sya praktekkan selama saya bekerja di perkantoran.

Akuntansi

Mungkin pelajaran akuntasi merupakan pelajaran yang paling bikin pusing, tetapi percayalah ilmu akuntansi sangat berguna bagi anda yang memulai bisnis. Dosen kami saat itu yakni Pak Udin, masalah jam terbang jangan ditanya.

sumber:tipsserbaserbi.blogspot.com

Beliau adalah dosen yang memiliki segudang pengalaman bekerja di perusahan-perusahaan besar dan ternama. Beliau juga menjadi seorang konsultan akuntansi beberpa perusahaan.

Belajar dengan beliau sangat mengasikkan, selain karena beliau humoris beliau juga sering berbagi insight tentang mindset seorang pengusaha sukses.

Materi Informatika

Ini merupakan materi utama Jurusan Informatika. Dosen pengajar adalah Bp. Yovie Okdarianto, selain menyampaikan materi beliau juga merupakan wali kelas kami.

Bp. Yovie adalah dosen yang paling sabar beliau sering memberikan nasihat-nasihat bagi kami. Materi-materi dibawah telah dikuasai dengan baik oleh beliau

Algoritma

sumber: sabusinessindex.co.za

Algoritma merupakan materi pertama yang kami terima ketika masuk materi Informatika. Algoritma adalah susunan yang logis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan tertentu.

Di Pelajaran Algoritma kami dituntut berfikir logis karena materi-materi yang akan kami terima yakni materi pemrogaman semuanya adalah logis.

Internet

Materi Internet bukanlah materi yang berat, kami hanya diwajibkan untuk mengenal Internet, tugas kami saat itu yakni membuat blog di Blogspot kemudian membuat akun email di Google.

Di materi Internet kebanyakan dari kami mendapat nilai yang bagus-bagus semua.

Ms. Office

Kita pasti sudah mengenal Software dari Microsoft untuk perkantoran yakni paket Ms.Office mulai dari  Ms.Word, Ms.Excel, Ms. Powepoint, Ms. Acces.

sumber: en.softonic.com
Ms.Word

Disini kami diajari bagaimana mengetik yang benar kemudian menggunakan tools yang ada di Ms.Word dengan benar, serti mengatur paragraf, mengatur tabulasi, membuat flowchart, dan masih banyak lagi.

Ms. Excel

Sedikit lebih rumit dari Ms. Word di Ms Excel kami diajarakan bagaimana menggunakan rumus perhitungan angka seperti membuat Chart/Diagram menggunakan data, mengambil nilai menggunakan rumus HLookUp dan VlLookUp, penjumlahan, pengurangan dan pembagian data.

Ms.Power Pint

Kami diajarkan untuk bisa membuat materi presentasi yang bagus dengan memanfaatkan animasi-animasi slide yang ada di dalam PowerPoint

Ms Access

Ms.Acces juga merupakan salah satu pelajaran penting, disini kami diajarkan bagiama  cara membuat tabel database dengan menghubungkan antara tabel satu dengan tabel untuk menampilkan data yang diinginkan. Kami juga diajarkan menampilkan report data

Ms.QBasic

sumber : steve-lovelace.com

Ms. QBasic merupakan materi pengenalan tentang dunia pemograman. Qbasic adalah salah satu bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa basic.

Qbasic sendiri singkatan dari Quick Basic yang merupakan salah satu produk Microsoft Qbasic yang cukup baik untuk belajar dasar pemrograman.Dengan Ms.Qbasic kami mulai dikenalkan dengan bahasa-bahasa yang digunakan untuk pemograman.

Visual Basic 6.0

Berlanjut  setelah usai dari materi QBasic kami memasuki pemrograman yang sesungguhnya yakni dengan menggunakan Ms. Visual Basic 6.0.

sumber : KshitijDivakar.com

Visual basic 6.0 adalah salah satu aplikasi untuk membuat system informasi database. Visual basic 6.0 ini adalah terusan dari visual basic 1 sampai 5. walau agak tertinggal, tapi aplikasi software ini masih digunakan untuk pengimplementaisannya di dalam pembuatan sistem database.

Visual basic 6.0 ini pun berkembang menjadi visual studio, visual basic 2008 sampai visual basic. net.

Jika anda pernah melihat aplikasi gaji pegawai, ataupun aplikasi kasir di sebuah supermarket kebanyakan menggunakan yang mereka gunakan adalah Ms. Visual Basic

Sebenarnya masih ada lagi materi Informatika seperti Visula Foxpro, Membuat website termasuk di dalamnya HTML, PHP dan CSS, Akan tetapi jika saya ceritakan pasti akan panjang hehehe.

OJT ( On The Job Traning )

OJT dilakukan selama satu bulan, kabanyakan para mahasiswa melakukan OJT di peusahaan-perusahaan untuk belajar menjadi karyawan dan menerapkan ilmu yang dipelajari selama di kampus.

Saat itu saya bersama kelompok saya melakukan OJT di sebuah sekolah yakni di SMA Muhammadiyah  Madiun. Di sekolah ini kami diminta kampus untuk belajar dan menerapkan ilmu yang bisa membantu pekerjaan di kantor sekolah.

sumber: kampusgw.com

Beberapa hal yang kami lakukan saat itu yakni memperbaiki kondisi Lab komputer di sekolah tersebut. Kami melakukan service di beberapa komputer sekolah yang rusak dan Alhamdulillah bisa kembali normal.

Kami membuat Jaringan supaya semua komputer bisa terhubung satu sama lain, dan juga membuat jaringan ke komputer di ruang Kepola Sekolah sehingga satu printer dapat digunakan oleh semua Komputer.

Selain itu kami juga membuat Aplikasi Absensi untuk guru dan siswa jadi aplikasi memudahkan guru dan siswa  dalam melakukan absensi.

Dengan adanya Aplikasi Absensi yang kami buat bagian Tata Usaha(TU) juga sangat terbantu dalam mengelola data absensi siswa dan guru.

Ujian Komperhensif

Ujian Komperhensif atau biasa disebut Kompre ini merupakan ujian yang dilakukan kepada semua mahasiswa. Ujian Kompre ini merupakan ujian penentuan kelulusan mahasiswa dan biasanya dilakukan pada akhir semester dua.

sumber: anekapresentasi.com

 

Pada Ujian Kompre kami para mahasiswa ditugaskan untuk membuat laporan OJT yang kami lakukan mulai dari Lapora kegiatan hingga Laporan Aplikasi  yang kami buat.

Kemudian setelah laporan kami disetujui, pihak kampus akan memberikan jadwal terkait kapan ujian akan dilakukan.

Ujian Kompre ini kami ditest oleh beberapa dosen yang sangat kompeten  dan sangat teliti. Kelompok saya saat itu sampai mengulang dua kali karena Aplikasi yang kami buat mengalami bug saat presentasi.

Wisuda

sumber: gagasanonline.com

Wisuda pada angkatan saya dilakukan pada bulan Desember 2013. Wisuda dilakukan setelah semua proses ujian kami lakukan selesai, semua administrasi terpenuhi.

Wisuda dilakukan di Hotel berbintang di kota Madiun. Wisuda pada tahun ajaran 2012/2013 dilakukan selama dua sesi(dua hari) karena banyaknya jumlah wisudawan dan wisudawati.

Kesan

Saya pribadi mendapatkan banyak ilmu dari Wearnes Education Center Madiun, banyak ilmu yang dapat saya terapkan dalam pekerjaan saya. Waktu dulu saat masih bekerja menjadi Staf Administrasi ilmu Ms. Word dan Excel sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas-tugas saya.

Ketika Komputer yang saya gunakan rusak dapat saya bongkar dan saya benahi sendiri.

2 comments
    1. Setelah lulus kuliah saya bekerja di beberapa perusahaan dan alhamdulillah pelajaran yang diajarkan di wearnes sangat berguna selama saya bekerja, terutama pelajaran mengenai Ms. Office dan Komputer Jaringan, sangatlah berguna.

      Mengenai pasca lulus apakah dibantu mencari kerja, setahu saya ada kok ikatan alumni mahasiswa wearnes yang memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like