5 Tips Memilih Kain yang Baik dan Benar

Pakaian merupakan kebutuhan primer atau kebutuhan pokok manusia. Yang namanya kebutuhan pokok tentunya harus dipenuhi dan direalisasikan. Berbeda dengan jaman dahulu dimana untuk mengahasilkan sebuah pakaian harus melalui proses yang panjang . Saat ini dengan sangat mudah kita bisa mendapatkan pakaian yang layak dengan sedikit rupiah saja. Bagi anda penggemar pakaian tentunya memiliki pakaian dengan kualitas terbaik merupakan sebuah keharusan. Banyak faktor sebuah baju atau pakaian bisa dikatakan berkualitas, bisa dari sisi bahan, jahitan maupun merk. Namun tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk menjahit pakaiannya sendiri daripada membeli jadi. Nah kali ini kami ingin sedikit berbagi kepada anda bagaimana cara atau tip memilih kain yang baik untuk anda jadikan pakaian anda sendiri.

5 Tips Memilih Kain yang Baik dan Berkualitas

Lakukan hal berikut ketika anda sedang memilih kain di toko bahan pakaian agar anda tidak menyesal karena salah memilih.

Tentukan Jenis Kain

Jenis Kain

Hal pertama yakni menentukan jenis kain yang akan anda beli. Hal ini penting anda lakukan agar anda tidak kebingungan ketika berada di toko kain mengingat jenis kain sangat banyak. Misal anda ingin membuat baju kaos maka anda akan fokus memilih bahan kaos.

Terawang

Bagian selanjutnya adalah anda perlu menerawang kain yang akan anda beli. Dengan menerawang anda dapat mengetahui benang yang diunakan kasar atau lembut. Anda juga dapat mengusap denga tangan anda bagaimana serat kain tersebut. Apabila kain tersebut nampak mengkilat bisa jadi ada campuran bahan polyester. Polyester ini memiliki kekurangan yankni akan terasa panas ketika dikenakan. Dengan menerawang juga anda dap mengetahu kerapatan tenunan, semakin rapat maka semakin berkualitas tenunannya.

Perhatikan Warna Kain

Hal terpenting selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah warna kain. Warna kain yang baik untuk anda jadikan baju yakni rapat dan tidak pudar. Jika anda temui warna kain yang memudar maka dapat disimpulkan  bahwa bahan pewarna yang digunakan kurang berkualitas. Sebenarnya kualitas warna yang bagus dapat anda ketahui setelah anda mencuci kain tersebut, namun untuk melakan tes di toko anda dapat menggesek-gesekan kain tersebut dengan bagian lain. Jika terjadi perubahan warna pada kain tersebut ada baiknya anda memilih kain yang lain.

Kelenturan Kain

Tahap selanjutnya adalah memperhatikan kelenturan kain. Kualitas kain yang baik memiliki ciri-ciri  bertekstur lemas dan jatuh serta memiliki bobot yang berat. Kain yang memiliki kualitas yang baik tidaka akan mudah kusut ketika diremas. Berbeda dengan kain yang burkualitas rendah, ketika anda remas permukaan kain maka akan mudah sekali kusut. Hal tersebut menandakan bahwasannya kain yang berkualitas rendah tidak memiliki serat yang baik dan tenunannya tidak rapat sehingga mudak ditekuk.

Harga

Hal terakhir yang perlu anda perhatikan adalah masalah harga. Tentunya anda harus mengetahui berapa harga pasaran untuk jenis kain yang anda pilih. Jika anda memilih kain yang kualitas baik maka harga juga akan semakin mahal. Jangan sampai anda tertipu membeli kain kualitas rendah dengan harga yang mahal.

Demikianlah 5 tips dalam memilih kain untuk anda jadikan pakaian. Setelah anda mengetahui tips di atas anda dapat memilih kain yang tepat. Apabila anda seorang yang memiliki usaha baju atau kaos tentunya anda dapat menjadikan usaha anda menjadi usaha konveksi kaos berkualitas. Dengan demikan anda dapat memberikan produk terbaik bagi customer anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
surat tidak resmi untuk guru, sahabat, dan keluarga
Read More

Contoh Surat Tidak Resmi

Table of Contents Seputar Surat Tidak ResmiPengertian Surat Tidak ResmiCiri- Ciri Surat Tidak ResmiContoh Surat Tidak ResmiSurat Tidak…